Kuliner & Makanan Khas Indonesia

Pemilik Bumbu Desa & Kampung Sampireun, Arief Wirawangsadita, Tutup Usia

Advertisements

Dunia pariwisata serta industri kreatif kuliner & masakan khas Indonesia berduka dengan berpulangnya salah satu sosok wirausahawan sukses di kedua sektor tersebut, Arief S. Wirawangsadita, yang berpulang ke Rahmatullah pada hari Minggu, 26 Juli 2020 dalam usia 55 tahun.

Kabar berpulangnya Arief S. Wirawangsadita sempat viral di berbagai media sosial, salah satunya berawal dari berita duka di halaman Facebook Group Alumni Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH UNPAR) yang diposting Minggu, 26 Juli 2020 pukul 09.49 oleh Kania Hatadji seperti dikutip NihDia.com (28/7) sebagai berikut :

“Innallillahi wa innallillahi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah sahabat tercinta ARIEF WIRAWANGSADITA (Alumni FH UNPAR 84). Beliau aktif di Ikatan Alumni FH UNPAR. Keluarga Besar dan Dewan Pengurus Pusat ILUMNI FH UNPAR mengucapkan Turut berduka cita atas berpulangnya Sahabat kita, Kang Arief Wirawangsadita (FH 84). Alamat Rumah Duka: Jl. Tubagus Ismail 15 no 7, Bandung. Semoga almarhum diterima di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, ketabahan, dan penghiburan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Ketua Umum Ilumni FH UNPAR IVAN SADIK. #FH UNPAR BERDUKA”

Arief S. Wirawangsadita (Foto: Facebook Group Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan Bandung)
Foto: Facebook Group Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan Bandung

Kampung Sampireun Resort & Spa juga mengabarkan berita duka atas kepergian salah satu founder / ownernya, Arief S. Wirawangsadita, melalui unggahan foto yang dimuat pada halaman Facebook Kampung Sampireun pada Minggu 26 Juli pukul 10.52 seperti yang dikutip NihDia.com (28/7) sebagai berikut :

Berita Duka di halaman Facebook Kampung Sampireun Resort & Spa

Almarhum Arief S. Wirawangsadita dikenal sebagai wirausahawan sukses yang berhasil mengembangkan sektor pariwisata di berbagai daerah khususnya di Kabupaten Garut lewat pembangunan berbagai lokasi wisata terpadu yang memberdayakan masyarakat sekitar seperti Kampung Sampireun Resort & Spa, Hotel Tirtagangga, Hotel Bandhawa, dan lain-lain. Almarhum juga dikenal sebagai salah satu putra bangsa yang sukses membangun bisnis waralaba masakan khas Sunda hingga dikenal luas baik di Indonesia maupun mancanegara melalui jaringan Restoran Sunda Bumbu Desa, Le Marly, Bancakan, Alas Daun, dan lain-lain.

Bumbu Desa merupakan sebuah jaringan restoran yang menyajikan masakan khas Sunda. Bisnis kuliner ini didirikan oleh Arief Wirawangsadita, pada 18 September 2004. Desain Bumbu Desa menampilkan nuansa dan budaya pedesaan, dengan tutur bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah Sunda. Sumber Daya Manusia yang dipekerjakan adalah ibu-ibu dan pembantu rumah tangga dari desa untuk meracik bumbu, yang berasal dari Parahyangan Timur, Garut, Tasik, dan Ciamis. Beberapa menu yang disajikan antara lain Nasi Liwet, Ayam Goreng Bumbu Desa, Ayam Bakakak, Bawal Tauco, Tumis Genjer Oncom, Sayur Asem, Lalaban, dan masakan cita rasa Sunda lainnya.

Aneka masakan khas Sunda Restoran Bumbu Desa (Foto: Facebook Bumbu Desa)
Kesibukan pagi hari di dapur Bumbu Desa Jalan Laswi Bandung (Foto: Facebook Bumbu Desa)

Pada tahun 2004, rumah makan Bumbu Desa merupakan sebuah warung makan sederhana di pinggiran Jalan Laswi, Bandung. Latar belakang Bumbu Desa memilih masakan khas Sunda, karena saat itu banyak masakan Sunda yang belum dikomersialkan secara masif, sehingga terdapat peluang bisnis untuk menyediakan makanan lokal yang dikomesialkan.

Berawal dari 2 outlet di Laswi dan Pasir Kaliki, tujuh tahun kemudian bisnis waralaba ini berkembang hingga memiliki 78 outlet pada tahun 2014. Bermula dari 67 karyawan hingga mencapai 5 ribu karyawan lebih. Bumbu desa melakukan invasi ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Amerika, Kanada, dan Australia. Lokasi tersebut dipilih karena terdapat komunitas Indonesia di negara-negara tersebut dan megapolitan.

Selamat jalan Kang Arief S. Wirawangsadita, semoga husnul khotimah, diterima segala amal ibadahnya, diampuni segala dosa & kesalahannya serta mendapat tempat terbaik di-Sisi Allah SWT.

Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin …

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

Alamat Redaksi : Jl. Taupik No.16 RT 05 RW 08 Lenteng Agung Jagakarsa Jakarta Selatan 12610

Kontak : Telp. (021) 78889785 | Email: liputan@nihdia.com | WA : 087777307219

Copyright © 2020 NihDia.com - Jendela Industri Kreatif Indonesia. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top