Indonesia Ukir Rekor Dunia Guinness World Records Tari Poco-Poco

By on August 6, 2018

Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) didukung penuh oleh Dharma Wanita Persatuan Kemenpora, TNI, POLRI pada hari Minggu, 5 Agustus 2018 tepat Pukul 07.00 WIB telah mencatatkan rekor dunia Guinness World Records tari Poco-Poco. Kegiatan ini digelar dari Monas hingga Semanggi bertepatan dengan kegiatan “Car Free Day”, Minggu 5 Agustus 2018.

Pemecahan rekor dunia yang diinisiasi oleh Ibu Negara R.I, Iriana Jokowi sebagai Pembina OASE Kabinet Kerja dimaksudkan sebagai upaya menunjukkan kepada dunia bahwa Poco- Poco merupakan warisan budaya Bangsa Indonesia yang telah mendunia. Untuk diketahui bersama, Poco-Poco juga sedang didaftarkan oleh negeri tetangga untuk dipecahkan rekornya bulan September mendatang di Guinness World Records.

Diharapkan pemecahan rekor yang dicatatkan pada hari tersebut selain mampu mengangkat harga diri bangsa Indonesia, mampu pula melestarikan budaya asli Indonesia serta meningkatkan Industri Pariwisata Nasional melalui olahraga rekreasi budaya yang berkembang di tengah masyarakat. Upaya pemecahan rekor minggu pagi tersebut dihadiri langsung oleh staf senior Guinness World Records, Ms Paulina Sapinska.

Hadir dalam acara pemecahan rekor dunia ini, Presiden RI Joko Widodo beserta istri, Iriana Jokowi, Bapak Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Panitia Letjen (Purn) Johny Lumintang, Wakil Ketua Umum Hermawan Kartajaya, Roy N Mandey selaku Ketua Harian, serta undangan lainnya. Bahkan Ibu Negara, Iriana Jokowi, ikut tergabung di dalam regu penari Poco Poco dari kelompok OASE didampingi oleh Ibu Nanny Hadi Tjahjanto serta Ibu Tri Suswati Tito Karnavian

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Ketua Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) Sapta Nirwandar yang didampingi oleh Ketua Panitia Johny Lumintang, khususnya kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah bersama-sama mensukseskan kegiatan ini sebagai wujud rasa kebanggaan atas budaya bangsa serta cinta akan tanah air Indonesia. Sekaligus menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh khalayak, mengingat aktivitas yang dilakukan ini telah menyebabkan lingkungan sekitar Monas hingga Semanggi sejak pukul 04.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB tertutup bagi pengunjung. Kondisi ini disyaratkan oleh Guinness World Records dimana selama kegiatan pemecahan rekor, kondisi barisan penari harus benar-benar terbebas dari pihak-pihak lain, di luar penari yang secara langsung akan diawasi oleh para Steward dibantu dengan pengerahan sekitar 30 Drone yang dikendalikan oleh FASI bersama Dispordirga.

Selain kegiatan menari Poco-Poco di sekitar area Car Free Day di Jakarta, kegiatan menari Poco Poco ini juga dilakukan di Lembaga Permasyarakatan seluruh Indonesia dan di seluruh Kapal Perang RI. Bagi mereka yang ingin menari Poco Poco secara mandiri, dapat mengikuti kegiatan yang dipancarluaskan oleh RRI mulai pukul 06.00 WIB melalui Programa Nasional Pro-3 di Gelombang 88,8 FM.

 

 

 

 


Foto / Video: Didi S. – NihDia.com

About admin

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply