Pemenang Lomba Foto Sadar Wisata 2012

By on November 16, 2012

 

Juara I Henry Lopulalan, Jakarta "Makan Bajamba"

Juara I Lomba Foto Sadar Wisata 2012. Fotografer : Henry Lopulalan, Jakarta. Judul Foto : “Makan Bajamba”. Lokasi : Istana Basa Pagaruyung, Sumatera Barat

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengumumkan 5 Pemenang Lomba Foto Sadar Wisata 2012 bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta (4/9).

Ke-5  pemenang tersebut merupakan bagian dari 100 karya foto terbaik yang berhasil masuk nominasi juara Lomba Foto Sadar Wisata 2012 yang berlangsung sejak tanggal 16 Maret hingga 24 Agustus 2012, diikuti oleh 580 fotografer dengan total karya yang masuk ke meja panitia sebanyak 2.920 lembar foto.

Terpilih sebagai Juara I Henry Lopulalan dari Jakarta dengan judul foto “Makan Bajamba”, Juara II Ronaldy Irfak dari Jayapura dengan judul foto  “Papua Penuh Damai”, dan Juara III Adhi Prayoga dari NTB dengan judul foto “Air Terjun Tiu Kelep”.

Juara II Ronaldy Irfak "Papua Penuh Damai"

Juara II Lomba Foto Sadar Wisata 2012. Fotografer : Ronaldy Irfak, Papua. Judul Foto : “Papua Penuh Damai”. Lokasi : Wamena, Papua

Juara III Adhi Prayoba NTB "Air Terjun Tiu Kelep"

Juara III Lomba Foto Sadar Wisata 2012. Fotografer : Adhi Prayoga, Nusa Tenggara Barat. Judul Foto :”Air Terjun Tiu Kelep”. Lokasi : Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Sedangkan Juara Harapan I diraih Arya Marta dari Bandung dengan judul foto “Seren Taun”, dan Juara Harapan II diraih Anom Manik Agung dari Bali dengan judul foto  “Tradisi Petik Laut Muncar”.

ke-100 karya foto terbaik  Lomba Foto Sadar Wisata 2012 ini  selanjutnya dipamerkan di West Mall Grand Indonesia Shopping Town Lantai 3A Jakarta Pusat selama 3 hari (tanggal 28 hingga 30 September 2012) yang mendapat apresiasi dan antusias masyarakat pencinta fotografi.

Menurut Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim seperti dilansir ANTARA, Lomba Foto Sadar Wisata pada tahun 2010 berhasil menggaet peserta lomba sebanyak 368 orang dan foto yang masuk mencapai 1.468 lembar. Sedangkan pada tahun 2011 sebanyak 630 peserta dengan 2.424 lembar foto, kemudian pada tahun 2012 sebanyak 580 peserta dengan jumlah foto mencapai 2.290 lembar foto.

Juara Harapan I Arya Marta "Seren Taun"

Juara Harapan I Lomba Foto Sadar Wisata 2012. Fotografer : Arya Marta, Bandung. Judul Foto : “Seren Taun”. Lokasi : Jawa Barat

Juara Harapan II Anom Manik Agung Bali "Tradisi Petik Laut"

Juara Harapan II Lomba Foto Sadar Wisata 2012. Fotografer : Anom Manik Agung, Bali. Judul Foto : “Tradisi Petik Laut”. Lokasi : Muncar Banyuwangi, Jawa Timur

Lomba bertema “Peran Masyarakat dalam Menggalakkan Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata Melalui Penerapan Sapta Pesona” ini terbuka untuk umum dengan total hadiah sebesar 57,5 juta rupiah.

Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan) melalui sektor kreatif fotografi. Selain itu, diharapkan obyek dan daya tarik wisata yang layak dikunjungi semakin dikenal oleh masyarakat berkat karya fotografi yang dilombakan.

Adapun Dewan Juri Lomba Foto Sadar Wisata 2012 terdiri dari para fotografer profesional kenamaan Indonesia seperti Sigit Pramono, Darwis Triadi, Bambang Wijanarko, Arbain Rambey, dan Ray Bachtiar.


Foto : Lomba Foto Sadar Wisata 2012 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Sumber : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ANTARA

About admin

One Comment

  1. paket wisata lombok + tiket pesawat

    September 27, 2014 at 01:14

    I’m really loving the theme/design of your website.
    Do you ever run into any browser compatibility problems?
    A number of my blog readers have complained about my website
    not operating correctly in Explorer but looks great in Opera.
    Do you have any recommendations to help fix
    this problem?

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply