Peresmian Ecovention & Semarak HUT Jakarta Ke-485 Di Ancol Taman Impian

By on June 27, 2012
Peresmian Econvention & Ancol Zero Waste

Perayaan HUT DKI Jakarta Ke-485 dipusatkan di Ancol Taman Impian, dengan kado istimewa Peresmian Ecovention Ocean Ecopark Ancol (multi purpose hall seluas 5000 M2) dan Pencanangan Program Ancol Zero Waste (Ancol sebagai kawasan bebas sampah) oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo

Ancol Taman Impian kembali menjadi lokasi pusat kemeriahan perayaan hari jadi Kota Jakarta ke-485 pada 2012 ini. Selain program promosi dan serangkaian acara hiburan menarik yang disuguhkan kepada para pengunjung, perayaan HUT Jakarta di kawasan wisata dan rekreasi terpadu ini juga ditandai dengan peresmian Ecovention yang berada di dalam arena Ocean Ecopark Ancol Taman Impian (22/6).

Peresmian Ecovention yang merupakan unit usaha terbaru Ancol Taman Impian berupa multipurpose hall (ruang serbaguna) seluas hampir 5.000 m2 dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, sekaligus merayakan hari jadi Kota Jakarta ke-485 yang Pemprov DKI pusatkan di Ancol Taman Impian. Dalam kesempatan ini, Gubernur juga meresmikan pencanangan Ancol Zero Waste, serta menyerahkan serangkaian penghargaan kepada Abang None Cilik 2012, Seniman Betawi, dan atlet layar Jakarta International Sailing Championship Governor’s Cup 2012.

“Kehadiran Ecovention merupakan kado bagi Kota Jakarta yang pada 22 Juni 2012 memperingati hari jadinya yang ke-485. Keberadaan multipurpose hall yang berada di dalam kawasan Ocean Ecopark Ancol Taman Impian ini makin memperkokoh Jakarta sebagai kota MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) terbesar di Indonesia, bahkan Asia,” jelas Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, perusahaan pengembang kawasan wisata terpadu Ancol Taman Impian.

Keberadaan Ecovention Ocean Ecopark yang juga akan berfungsi sebagai exhibition hall, terkait dengan upaya pengembangan usaha Ancol ke bisnis MICE dan industri kreatif. Selain Ecovention, di Ancol juga telah hadir Candi Bentar di area Putri Duyung Cottage seluas 2.000 m2 dan memiliki daya tampung sampai 4.500 orang, serta auditorium berstandar internasional di lokasi Ancol Beach City berkapasitas 20.000 pengunjung.

Pemprov DKI & Direksi Ancol

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, didampingi Budi Karya Sumadi (Direktur Utama PT Pembangunan Jaya, Tbk), Jajaran FKPD Pemprov DKI, Triadi D. Suparta (Pengurus ORARI Pusat), jelang dimulainya Peresmian Ecovention Ocean Ecopark dalam rangkaian perayaan HUT DKI Jakarta Ke-485 di Ancol Taman Impian

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, Budi Karya

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, Budi Karya Sumadi, memberikan laporan kepada Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Pemda DKI adalah pemegang saham mayoritas (72%) dari perusahaan yang mengelola Ancol Taman Impian tersebut.

Direksi Ancol & Pemprov DKI

Direksi Ancol Taman Impian dan Jajaran FKPD Pemprov DKI Jakarta, serta Tamu Undangan lainnya yang hadir dalam Peresmian Ecovention Ocean Ecopark Ancol

“Sejalan dengan business plan, bisnis MICE akan menjadi andalan Ancol Taman Impian ke depan karena pasarnya terus berkembang. Selain fisik bangunan, untuk mendukung bisnis ini, Ancol juga telah menyiapkan konsep dan program untuk menjadikan kawasan ini sebagai lokasi MICE andalan di Indonesia. Dengan memadukan konsep kawasan wisata green lifestyle, industri kreatif dan properti, Ancol Taman Impian tengah mengembangkan sejumlah fasilitas bisnis MICE, termasuk Ecovention ini,” tutur Budi Karya.

Pada acara seremoni hari jadi Kota Jakarta di Ancol ini, Gubernur Fauzi Bowo juga meresmikan pencanangan program Ancol Zero Waste dalam rangka mewujudkan Ancol sebagai kawasan wisata dan rekreasi yang bebas sampah melalui pengelolaan sampah terpadu. Selain sebagai bentuk kontribusi dalam mengurangi dampak pemanasan global, Ancol Zero Waste juga ditujukan untuk mengurangi beban lingkungan dengan mengurangi pembuangan sampah ke TPA, dan meningkatkan kualitas lingkungan dengan memakai kompos organik.

“Melalui Ancol Zero Waste, sampah yang berasal dari kawasan Ancol kami pilah menjadi sampah organik dan non organik, serta diolah menjadi produk bernilai ekonomi. Ancol Zero Waste adalah salah satu komitmen kami menuju Ancol Toward Green Company,” jelas Budi Karya Sumadi.

Dalam kesempatan acara seremonial HUT Jakarta ini, Gubernur DKI juga menyerahkan serangkaian penghargaan kepada warga ibukota yang dinilai berprestasi dan berjasa dalam pengembangan kesenian dan budaya Betawi. Selain kepada Kartini yang dikenal sebagai maestro Topeng Betawi dan seniman Tari Betawi, penghargaan juga diberikan kepada Yahya Adi Saputra, seorang peneliti Kebudayaan Betawi, serta Yasin, seorang seniman Ondel Ondel. Penghargaan lain juga diberikan kepada para atlet layar Jakarta International Sailing Championship Governor’s Cup 2012.

Penghargaan Seniman Betawi

Para Penerima Penghargaan Seniman Budaya Betawi pada Perayaan HUT Jakarta Ke-485 di Ancol Taman Impian, berfoto bersama Fauzi Bowo dan Budi Karya Sumadi. Dari kiri ke kanan: Kartini (Maestro Topeng Betawi dan Tari Tradisi), Yahya Andi Saputra (Peneliti Kebudayaan Betawi), Yasin (Seniman Ondel Ondel).

Penghargaan Kepada Atlet Layar Jakarta

Para Penerima Penghargaan Atlet Layar Jakarta International Sailing Championship Governor's Cup 2012 pada Perayaan HUT Jakarta Ke-485 di Ancol Taman Impian, berfoto bersama Fauzi Bowo dan Budi Karya Sumadi

ORARI Special Call HUT Jakarta Ke-485

Fauzi Bowo (YB0FSB) didampingi para pengurus ORARI Pusat, diantaranya Triadi D. Suparta (YB0KVN), menyapa komunitas ORARI dari berbagai daerah dalam rangka program "Special Call HUT DKI Jakarta Ke-485" yang diselenggarakan dari salah satu ruangan di Ecovention Ocean Ecopark Ancol

Pesta kembang api menandai puncak perayaan HUT Kota Jakarta ke-485 di Ancol Taman Impian. Gubernur Fauzi Bowo didampingi jajaran FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Pemprov DKI dan Direksi PT Pembangunan Jaya Ancol menembakkan sign pistol sebagai penanda peluncuran kembang api tepat pada pukul 23.00 WIB.

Sebelumnya, panggung RCTI yang berada di Pulau Tengah Ocean Ecopark hadir menghibur pengunjung dengan menggelar Konser Cinta Jakarta menampilkan The Cagur, Tipe X, 5 Bidadari, Bexxa, Super 7, 3C, JKT 48, Penta Boys, Norman, Vicky Shu, Nikita Willy, Lina Geboy, Chika, Suffling Dancer, mulai pukul 16.30 hingga 18.30 WIB bersamaan dengan panggung SCTV yang berada di Pantai Carnaval menampilkan Wali, Ungu, Armada, Geisha, Cherrybelle dan lainnya. Sementara, mulai pukul 21.30 – 24.00, RCTI menggelar Konser Akbar HUT DKI Jakarta ke-485 menampilkan Mahadewa, Last Child, Max 5, Ayu Ting-ting, Jupe, Supergirlies, Afgan, CitraScholastika, Rafi, Olga, Tara, Chika Waode.

Untuk memeriahkan suasana perayaan HUT Jakarta di Ancol Taman Impian, pihak pengelola membebaskan tiket masuk kepada masyarakat yang ingin menikmati hiburan di Ancol Taman Impian, khusus selama satu hari, atau hanya pada Jumat, 22 Juni 2012 pukul 06.00 – 18.00 WIB yang sudah menjadi kegiatan rutin Ancol Taman Impian setiap tahunnya.

Galeri Foto Perayaan HUT Jakarta Ke-485 Di Ancol Taman Impian


Foto : Didi S. – NihDia.com
Sumber : Peresmian Ecovention & Perayaan HUT DKI Ke-485 Ancol, Press Release Ancol Taman Impian

About admin

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply