Pemenang Next Face Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2017

Dengan penduduk mayoritas beragama Islam, Indonesia menjadi pangsa pasar busana muslim yang besar seiring dengan perkembangan industri  modest wear

Pemerintah optimis mencanangkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim di tingkat Asia pada tahun 2018 dan tingkat dunia di tahun 2020. Sejak target tersebut dicetuskan pada tahun 2010, perkembangan industri fashion muslim di tanah air terbilang cukup pesat. Menurut data Kementerian Perdagangan, pada periode 2011-2015 nilai ekspor produk busana muslim menunjukkan kenaikan sebesar 8,15 persen. Pada tahun 2015 volume ekspor busana muslim mencapai 4,57 miliar USD. Per Mei 2016, tercatat telah mencapai 1,7 miliar USD dengan tujuan negara ekspor, antara lain Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Inggris, Australia, Kanada, Uni Emirat Arab, Belgia, dan China.

Fenomena ini tak hanya terjadi di tanah air. Modest wear pun tengah menjadi sorotan global. Pelaku fashion dunia melihat peluang bisnis yang menjanjikan dari sektor busana muslim. Terbukti dengan sejumlah brand global, mulai dari kategori high-end hingga high-street fashion semakin marak merambah modest wear.

Dengan penduduk mayoritas beragama Islam, Indonesia menjadi pangsa pasar busana muslim yang besar. Menurut data Thomson Reuters dalam State of The Global Islamic Economy 2015/2016, Indonesia menjadi pasar konsumsi pakaian muslim terbesar ke-5 di dunia (senilai 12,69 miliar USD), setelah Turki, Uni Emirat Arab, Nigeria, dan Saudi Arabia. Sedangkan eksportir terbesar pakaian muslim adalah Cina, India, dan Turki. Fakta tersebut tentu menggiurkan bagi produsen busana muslim di manca negara untuk menjadikan Indonesia sebagai pasar sasaran produknya.

Memiliki tiga kekuatan utama, yaitu kaya akan sumber daya alam, budaya, dan kreatif, Indonesia memiliki potensi untuk memberdayakan produk busana muslim sebagai komoditas yang potensial untuk menguasai pasar lokal dan merambah pasar internasional.

Next Face Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2017

Seiring dengan perkembangan industri modest wear yang begitu pesat di tanah air dan tingkat dunia, peragaan modest wear pun semakin marak digelar. Bahkan koleksi modest wear tak luput ditampilkan dalam pekan mode di kota-kota pusat mode dunia. Dengan begitu, kebutuhan akan model yang mengenakan hijab pun semakin meningkat, dan terbuka kesempatan bagi model yang berhijab untuk tampil di pekan mode dunia.

Seperti halnya ajang tahunan skala internasional Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia yang diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo serta menggandeng community partner, yaitu HijabersMom Community dan Hijabers Community. Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia kembali digelar untuk kedua kalinya pada tanggal 6-9 April 2017 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017 mencakup exhibition (pameran dagang) yang menampilkan lebih dari 250 label modest wear dan rangkaian fashion show yang menampilkan keragaman karya desainer dan label modest wear Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan akan model yang memperagakan koleksi busana di fashion show Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017, Wardah Inspiring Beauty, brand kosmetika halal sebagai Official Make Up, mempersembahkan audisi model NEXT FACE MUFFEST 2017.

Audisi model NEXT FACE MUFFEST 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 12 Maret 2017, di Food Society, Kota Kasablanka ini, terbuka bagi model profesional yang tergabung dalam agensi model. Untuk mengikuti audisi ini, peserta harus memenuhi persyaratan, yaitu berusia di atas 17 tahun serta memiliki tinggi dan bentuk tubuh yang proposional sesuai standar internasional.

Dari sekitar 300 model profesional asal Jakarta maupun kota lainnya di Indonesia yang telah mendaftar, terpilih sekitar 100 model untuk melakukan audisi dihadapan tim juri yang terdiri dari Lika Sulika (Public Relation Wardah Cosmetics), Deden Siswanto (Fashion Designer dan Project Director Muslim Fashion Festival Indonesia 2017), Irna Mutiara (Fashion Designer dan Ketua Umum HijabersMom Community), dan Lisa Fitria (Fashion Designer dan Sekjen Indonesian Fashion Chamber).


 

Dalam proses audisi ini, peserta dinilai berdasarkan kriteria cara berjalan di hadapan para juri. “Tubuh yang proporsional harus ditunjang dengan cara berjalan yang bagus. Kami juga mempertimbangkan look yang menarik, tidak monoton, dan dapat menyesuaikan dengan karakter rancangan dan konsep make up yang berbeda-beda,” papar Deden Siswanto.

Tak hanya menjaring model yang akan tampil di catwalk Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017, melalui audisi ini dipilih pula model profesional yang akan menjadi ikon Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017. Khusus untuk pemilihan ikon tersebut dilakukan lebih selektif dengan kriteria tambahan, yaitu memakai hijab, serta penilaian berdasarkan skill dan kepribadian sebagai seorang Muslimah yang inspiratif.

NEXT FACE MUFFEST 2017 diharapkan dapat mendorong para model Muslimah di Indonesia untuk meningkatkan kompetensi sehingga terbuka kesempatan untuk merambah panggung pekan mode dunia. Akhirnya Juri sepakat memilih Salsabella Kanzu sebagai pemenang Next Face Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2017, sekaligus menobatkan Nada Indah Puspita sebagai ikon MUFFEST 2017.

 


Video & Foto: Instagram @muslimfashionfestival
Sumber: Press Release Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2017

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

One thought on “Pemenang Next Face Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*