Semarak Ramadhan Jazz Festival

RJF2014 - Raisa

Penampilan Raisa disambut meriah pengunjung Ramadhan Jazz Festival di Plaza Masjid Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat (11/7)

Ramadhan Jazz Festival 2014 yang diselenggarakan oleh Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerjasama dengan WartaJazz di Plaza Masjid Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat pada tanggal 11-12 Juli 2014, berlangsung meriah dalam dua hari penyelenggaraannya.

Memasuki tahun ke-4 penyelenggaraannya, kegiatan pentas musik jazz religi bada Shalat Tarawih di Bulan Suci Ramadhan ini banyak ditunggu dan mendapat sambutan positif dari para pencinta musik jazz Ibukota dan sekitarnya.

Sebagai festival musik jazz pertama di Indonesia yang digelar di lingkungan masjid, Ramadhan Jazz Festival mampu memanjakan pengunjungnya dengan penampilan apik sejumlah musisi jazz kenamaan sekaligus mengajak pengunjung beramal lewat mekanisme pengganti tiket masuk berupa donasi buku layak pakai bekerjasama dengan Yayasan Katalogue, aksi sosial donor darah  bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Indonesia dan Palang Merah Indonesia, serta donasi dalam bentuk dana bekerjasama dengan Yayasan Dompet Dhuafa.

Penyelenggaraan Ramadhan Jazz Festival banyak diminati kaum muda dengan jumlah pengunjung yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013 lalu sekitar 5000 pengunjung berhasil disedot oleh festival musik jazz ini dan 2000 buku berhasil dihimpun dari pengunjung untuk disumbangkan ke berbagai daerah yang membutuhkan.

RJF2014 - Pintu Masuk

RJF2014 - MC

Kegiatan Ramadhan Jazz Festival sendiri merupakan gagasan WartaJazz, sebuah eco-system Jazz Indonesia yang juga menyelenggarakan sejumlah Festival Jazz lain seperti Mahakam Jazz Fiesta, Balikpapan Jazz Fiesta, Bali Jazz Festival dan berbaqai kegiatan lainnya. RICMA merespon tawaran WartaJazz dari sebuah celotehan di Twitter akhir 2010 silam untuk bekerjasama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak- anak muda.

Ramadhan Jazz Festival merupakan laboratorium hidup bagi generasi muda untuk belajar dan saling menginspirasi anak-anak muda lainnya. Bahwa kehidupan selalu penuh dengan kejutan. Jika kita menyadari, Al Qur’an telah memberikan petunjuk bahwa semua hal tersebut adalah ujian, agar kita dapat terus memperbaiki diri.

Diharapkan dengan acara Ramadhan Jazz Festival generasi muda dapat mengantisipasi tantangan kehidupan dengan inovasi dan karya yang menggugah sanubari. Sebab kita semua percaya, anak-anak muda, adalah agen perubahan.

Hari pertama Ramadhan Jazz Festival 2014 menghadirkan Yance Manusama,Otti Jamalus, Jack Pattiselanno, Rama, Prass Audiense Band, All Voices Band. Saud The Voice and ENP Music. Selain itu juga hadir si cantik Raisa yang dikenal luas lewat lagunya “Serba Salah”. Penggiat jazz di komunitas, Beben Jazz and Friends juga hadir  bersama Prass Audiensi Band.

RJF2014 - Photo Booth

RJF2014 - Penonton Depan Masjid

RJF2014 - Penonton Depan Panggung

Ada yang istimewa dalam penyelenggaraan Ramadhan Jazz Festival 2014 ini. Setelah mencoba beberapa kali akhirnya tahun ini panitia berhasil meyakinkan Gugun Blues Shelter, band yang sudah memiliki jam terbang tinggi di berbagai panggung dalam dan luar negeri, untuk ikut berpartisipasi.

Kehadiran Gugun Blues Shelter membuat festival musik jazz ini semakin semarak. Grup band ber-aliran blues yang diawaki oleh Gugun (vokal & gitar), Jono (bass) dan Bowie (drums) ini langsung menghangatkan hari pertama Ramadhan Jazz Festival 2014 dengan penampilan mereka membawakan  “Old Friend”, “Trampled Rose”, “On The Road Again”, “Give Your Love” dan “Love Your Live”.

Hari pertama Ramadhan Jazz Festival ditutup dengan penampilan prima finalis X Factor Indonesia, Shenna Malsiana, yang mampu mengajak pengunjung bergoyang dengan lagu-lagu seperti “No One”, Radio Head”, “Pacar 5 Langkah”, “Bukan Bang Toyib” dan “Treasure”.

Kemeriahan Ramadhan Jazz Festival 2014 berlanjut di hari kedua dengan penampilan dari Japra Music sebagai pembuka, dilanjutkan dengan penampilan musisi jazz kenamaan Idang Rasjidi, Tohpati, Tulus, Tiwuk Rayie dan Chlorophyl. Sebagai penutup di hari kedua, tampil Lantun Orchestra sekaligus mengakhiri rangkaian Ramadhan Jazz Festival 2014.

Playlist Video (YouTube) Ramadhan Jazz Festival 2014 – NihDia.com


Foto & Video : Didi S. – NihDia.com

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*