Lean Startup Circle Jakarta Meetup: User & Customer Acquisition Strategy

Lean Startup Circle

Lean Startup Circle Jakarta Meetup – Edith Yeung ( VP, International Business Development Dolphin Browser, USA)

Saat ini cukup banyak  komunitas startup di Indonesia yang secara rutin mengadakan pertemuan (meetup) membahas berbagai topik hangat seputar dunia startup, teknologi dan bisnis yang bertujuan untuk lebih memberdayakan anggotanya sekaligus sarana untuk sharing dan networking.

Salah satunya adalah komunitas Lean Startup Circle Jakarta yang digagas oleh Farina Situmorang  (Strategic Advisor) dibantu oleh Claudia Colonas (Celebes Capital) dan Novita Ciputra (Sovereign’s Capital).

Farina Situmorang  mempunyai segudang pengalaman di berbagai perusahaan global maupun di dunia startup San Fransisco Bay Area Amerika Serikat, dengan lebih dari 10 tahun memimpin berbagai proyek di Asia Pacific, Amerika Latin, Eropa, maupun Amerika Utara. Lulusan Universitas Indonesia (2003) dan Northwestern University Kellogg School of Management (2010) ini, pernah menduduki posisi sebagai Manager Commercial / Marketing di  berbagai perusahaan besar seperti IBM, Microsoft dan BlackBerry.

Sekembalinya ke Indonesia di pertengahan tahun 2013, Farina yang merupakan anggota aktif Lean Startup Circle San Fransisco Amerika, membentuk komunitas Lean Startup Circle Jakarta sebagai komunitas startup pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memfokuskan diri pada pemberdayaan dan pengembangkan startup dengan menggunakan metode Lean (Lean Startup).

Seperti dikutip dari Wikipedia, Lean Startup adalah suatu metode untuk mengembangkan bisnis dan produk yang pertama kali diusulkan oleh Eric Ries pada tahun 2011. Berdasarkan pengalamanya  bekerja di beberapa startup Amerika Serikat, Eric Ries mengklaim bahwa startup dapat memperpendek siklus pengembangan produk mereka dengan mengadopsi kombinasi bisnis-hipotesis-eksperimen, rilis produk berulang, dan apa yang dia sebut “Validated Learning” (pembelajaran yang tervalidasi). Klaim keseluruhan Ries adalah bahwa jika startup menginvestasikan waktu mereka  sejak awal dalam pengembangan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan awal, mereka dapat mengurangi resiko pasar dan menghindari kebutuhan untuk sejumlah besar pendanaan proyek awal dan peluncuran produk mahal serta kegagalan

Lean Startup Circle Jakarta - Farina Situmorang

Lean Startup Circle Jakarta Meetup – Farina Situmorang (Strategic Advisor, Lean Startup Circle Jakarta Initiator)

Lean Startup Circle Jakarta - Comma Co-Working Space

Komunitas Lean Startup Circle Jakarta tampak memadati ruang utama Comma (Collaborative Matters) Co-Working Space, Jakarta Selatan

Menurut Farina, metode Lean Startup berusaha mengidentifikasi bagian-bagian paling beresiko dari rencana bisnis (businness plan), untuk kemudian mencari cara untuk mengurangi resiko tersebut dengan cepat, melalui suatu siklus pembelajaran tervalidasi yang berulang.

“Don’t Sell What You Can Make, but Make What Yo Can Sell,” tulis Farina dalam salah satu presentasinya.

Keseluruhan konsep dari Lean Startup adalah bagaimana memperpendek waktu pengembangan produk sedemikian rupa dengan memanfaatkan metode lean yang telah teruji sehingga mampu memangkas biaya dan memperkecil resiko kegagalan dengan memfokuskan diri pada kebutuhan pelanggan.

Saat tulisan ini dimuat, anggota komunitas Lean Startup Circle Jakarta sudah mencapai 350 orang. Mereka datang dari berbagai kalangan dan profesi seperti pemilik startup, wirausahawan, desainer, digital / tech enthusiasts, investor, marketing, media, ekspatriat, pelajar / mahasiwa, atau siapa pun yang tertarik untuk mempelajari bisnis /startup dengan metode lean. Keanggotaannya bersifat terbuka dan bagi yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini dapat mendaftar di situs Meetup.com:  http://www.meetup.com/Lean-Startup-Circle-Jakarta/

NihDia.com sendiri telah bergabung dengan Lean Startup Circle Jakarta, setelah sebelumnya juga telah bergabung dengan #StartupLokal yang merupakan komunitas startup terbesar di tanah air.

Beberapa waktu lalu NihDia.com berkesempatan menghadiri meetup ke-3 Lean Startup Circle Jakarta dengan topik  “User & Customer Acquisition Strategy (How To Get More Users)” yang berlangsung di Comma (Collaboration Matters) Co-Working Space, Jl. Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan,

Lean Startup Circle Meetup - Desy K. Rahman

Lean Startup Circle Jakarta Meetup – Desy K. Rahman (Country Media Manager, PT Unilever Indonesia Tbk)

Lean Startup Circle Jakarta - Gita

Lean Startup Circle Jakarta Meetup – Gita (Independent Startup Consultant)

Lean Startup Circle Meetup - Ahmed (LokalSocial.com)

Lean Startup Circle Meetup – Ahmed (LokalSocial.com)

Meetup ini dihadiri oleh sekitar 60 orang anggota Lean Startup Circle Jakarta, dengan pembicara Edith Yeung  ( VP, International Business Development Dolphin Browser, USA), Desy Khoirunnisa Rahman (Country Media Manager, PT Unilever Indonesia, Tbk), Gita (Independent Startup Consultant) dan Ahmed (LokalSocial.com – User Based Lifestyle Review Service).

Sebagai pembicara pertama, Edith Yeung berbagi pengalaman bagaimana Dolphin Browser, sebuah aplikasi mobile web browser untuk smartphone Android & IOS yang dikembangkan Mobotap Inc. San Fransisco Amerika Serikat, mampu meraih 80 juta pemakai dalam jangka waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2010.

Pembicara selanjutnya adalah Desy K. Rahman, Country Media Manager PT Unilever Indonesia, Tbk, yang juga berprofesi sebagai penyiar radio Cosmopolitan FM (saat weekend), serta photographer dan penulis di saat luangnya. Menurut Desy, cara termudah untuk mendapatkan banyak pelanggan adalah dengan membuat sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka.  Namun itu hanyalah permulaan, karena bagian tersulit adalah bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dari target pelanggan.

Dalam presentasi singkatnya Desy menjelaskan bagaimana pengalaman Unilever mengindentifikasi kebutuhan dari target pelanggannya sehingga mampu membuat produk-produk sukses di pasaran seperti Rinso, Molto, SariWangi, Royco, Ponds, Vaseline, dan lain-lain.

Pembicara ketiga adalah Gita yang berbagai pengalamannya  sebagai independent startup consultan yang menangani banyak proyek startup di Amerika Serikat dan juga negara-negara lainnya. Sedangkan pembicara terakhir adalah Ahmed yang berbagi pengalaman dalam mengembangkan LokalSocial.com.


Foto & Video (YouTube) : Didi S. – NihDia.com
Sumber : Lean Startup Circle Jakarta Meetup, Wikipedia

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*