LA Lights Java Soulnation Festival

Java Soulnation Festival 2013

LA Lights Java Soulnation Festival 2013, Istora Senayan Jakarta

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 yang diselenggarakan tanggal 4 – 6 Oktober 2013 lalu berlangsung lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Kemeriahan pesta musik yang ditujukan untuk kaum muda ini sudah terlihat sejak konferensi pers berlangsung di Hotel Sultan Jakarta sehari sebelumnya.

Konferensi pers dibuka oleh penampilan memukau grup asal Belanda, Chef Special. Langsung terasa bahwa festival musik yang tak membatasi genre musik ini akan berlangsung seru. Special Chef yang tampil dengan pakaian amat santai, mampu mengangkat suasana dengan membawakan tiga lagu hits mereka.

Saat para pembicara bersiap di atas panggung, di sudut lain duo asal Amerika Serikat, Karmin, nampak sudah dikerubungi fotografer. Amy Heidemann dan Nick Noonan lalu diajak tampil ke muka dan semakin banyak fotografer mengambil gambar. Keduanya menyatakan amat antusias tampil di LA Lights Java Soulnation Festival 2013 untuk membawakan lagu-lagu mereka. Kedua pasangan yang telah bertunangan ini sebelumnya sempat berlibur selama tiga hari di Bali.

Di dalam konferensi pers, Ari Budiman (Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta) mengutarakan pentingnya acara berskala internasional, seperti LA Lights Java Soulnation Festival 2013, bagi pengembangan kreativitas dunia seni sekaligus ajang promosi kota Jakarta. Karena sukses dan keberhasilan penyelenggaraan acara di Jakarta menjadi cerminan citra Indonesia di mata internasional.

JSF 2013 Entrance Gate

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Entrance Gate

JSF 2013 Entrance Gate

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Entrance Gate

JSF 2013 - Istora Senayan Jakarta

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Istora Senayan Jakarta

JSF2013 - Indosat Mentari

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Stan Promosi Indosat Mentari

Selama empat tahun terakhir, terjadi peningkatan signifikan jumlah pertunjukan musik di Jakarta. Bahkan jumlah musisi internasional yang melakukan pertunjukan di Jakarta meningkat lebih dari 50%. lni berarti pihak internasional mempercayai kota Jakarta, dan negara Indonesia pada umumnya, sebagai tempat penyelenggaraan konser. Hal ini menjadi bukti bahwa orang Indonesia telah mampu mengorganisir pertunjukan kelas dunia.

Pihak sponsor juga mempercayai bahwa acara LA Lights Java Soulnation Festival telah menjadi ruang pertunjukan bagi berbagai kreativitas bermusik. Ivan Prawira (Brand Manager LA Lights) menyampaikan bahwa pada tahun ini pihak LA Lights telah mempersiapkan empat special projects. Penampilan khusus seperti ini telah menginspirasi banyak musisi lain.

Facrurrozi, Brand Manager Indosat Mentari, dengan penuh semangat memaparkan program yang terkait dengan promosi mereka, termasuk pencatatan rekor MURI. Pada konferensi pers sore itu, Dewi Gontha, Presiden Direktur PT Java Festival Production (JFP), mengutarakan pula betapa mahalnya biaya penyelenggaraan festival musik internasional, baik dari sisi produksi, maupun biaya mendatangkan musisi internasional dan Indonesia. Karena itu, peranan sponsor yang berani membiayai festival musik besar amatlah penting dan masih sedikit sekali perusahaan yang mau berpromosi lewat ajang festival musik.

JSF2013 - Control Room

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Control Room

JSF2013 - Control Room

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Control Room

Sumber pembiayaan lainnya adalah hasil penjualan tiket. Dari kedua sumber ini kreativitas musik Indonesia dapat ditampilkan bersanding dengan musisi ternama dari seluruh dunia, lalu dipancarluaskan melalui internet agar dapat disaksikan pencinta musik di seluruh dunia.

Berkaitan dengan pengembangan kreativitas musisi Indonesia, Eki Puradiredja (Program Coordinator) secara khusus menyampaikan bahwa pihak JFP selalu menantang musisi Indonesia yang ingin tampil di festival produksi JFP, termasuk LA lights Java Soulnation Festival 2013, untuk menyajikan musik yang berbeda, yang tak pernah mereka tampilkan dimana-mana. Eki menjelaskan, berbeda dengan dua festival produksi JFP lainnya, LA lights Java Soulnation Festival adalah sebuah festival musik tanpa batasan genre, sehingga musisi dari berbagai aliran musik bisa berkreasi dan berkolaborasi untuk membuat karya yang berbeda.

Jadi, LA Lights Java Soulnation Festival 2013 bukan sekedar festival musik untuk dinikmati pencinta musik, namun juga ajang berkreasi bagi musisi, yang bersama-sama dengan penonton berpesta menikmati hasil kreativitas mereka sendiri. Itulah yang membuat JFP yakin untuk terus menggelar festival ini untuk kepentingan perkembangan musik di tanah air.

JSF2013 - Official Merchandise

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Official Merchandise

JSF2013 - Official Merchandise

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Official Merchandise

JSF2013 - Official Merchandise

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Official Merchandise

Berikut ini daftar lengkap musisi internasional dan Indonesia yang tampil di LA Lights Java Soulnation Festival 2013, lengkap dengan tautan informasi yang bersumber dari situs resmi LA Lights Java Soulnation Festival 2013  :

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 hari pertama dibuka dengan penampilan Tulus di Soulnation stage pada pukul 17.30. Olah vokal yang prima serta musik  dengan lagu dan lirik yang keren dan ok, menjadikan penampilan Tulus banyak ditunggu dan disambut meriah pengunjung yang kerap bernyanyi bareng idola mereka.

Mengalunlah berbagai lagu hits dari Tulus seperti “Diorama”, “Tuan Nona Kesepian”, “Teman Hidup”, “Sewindu”, “Sepatu” dan lain-lain, yang sungguh memuaskan seluruh pengunjung yang hadir di sana. Di tengah pertunjukan, Tulus mengajak sepasang muda-mudi yang saat itu membawa CD Tulus untuk bersama menyanyikan lagu “Teman Hidup”  di atas panggung yang mendapat sambutan meriah dari para pengunjung.

Kemudian di Indosat stage tampil Aditya pada pukul 18.45, dilanjutkan dengan penampilan LA Lights Music Project (lndonesian Voice) with Special Guest Shane Filan of Westlife yang tampil memukau para pengunjung yang memadati LA Lights Main Stage hampir bersamaan dengan penampilan Grace Sahertian di Urbanation stage  pada pukul 19.00 dan Agrikulture setengah jam kemudian di Soulnation stage.

JSF2013 - Pengunjung

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Pengunjung

JSF2013 - Pengunjung

LA Lights Java Soulnation Festival 2013 – Pengunjung

Go Chic band yang tampil untuk kedua kalinya di Indonesia, bermain di Indosat stage pada pukul 20.00. Dilanjutkan dengan Alphamama (Urbanation stage) satu jam kemudian. Penampilan Karmin yang banyak ditunggu pengunjung di LA Lights Main stage berlangsung mulai pukul 20.15, dilanjutkan dengan Rock n Roll Mafia pada pukul 22.15 di Indosat stage, Backalley (Urbanation stage) pada pukul 23.15, diikuti oleh Matthew Sayersz pada pukul 23.30 di Soulnation stage.

Sebagai penutup di hari pertama Java Soulnation Festival 2013 di Jum’at malam, Far East Movement menghentak Istora Senayan Jakarta mulai pukul 23.45 hingga 01 .00 dini hari.

 


Foto & Video (YouTube) : Didi S. – NihDia.com
Sumber : LA Lights Java Soulnation Festival 2013

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*