Indosat IM3 Java Rockinland

JRL 2013 - Kensington

Indosat IM3 Java Rockin’land 2013 – Kensington Band (Belanda)

Festival musik rock terbesar di Asia Tenggara, Indosat IM3 Java Rockin’land (JRL) 2013, kembali menghentak Pantai Karnaval Ancol Jakarta (22 – 23 Juni 2013), berbarengan dengan pesta perayaan HUT  ke-486 DKI Jakarta.

Dalam dua hari penyelenggaraannya, JRL kembali mengukuhkan posisinya sebagai festival musik paling ditunggu oleh para penggemar musik rock. Festival musik tahunan yang memasuki penyelenggaraan ke-4 sejak digelar pertama kali pada tahun 2009 ini, menghadirkan 47 grup band lokal dan 13 grup band internasioanal dengan sajian beragam genre musik rock dan aksi panggung spektakuler yang digelar lewat 7 panggung terpisah.

Tak pelak lagi Pantai Karnaval Ancol pun dibanjiri para pencinta musik rock yang ingin menyaksikan penampilan musisi rock idola mereka secara langsung. Java Festival Production (JFP) selaku pihak penyelenggara bekerjasama dengan  Indosat IM3, Tebs, General Motor Indonesia, First Media, Zippo, Garuda Indonesia, Kawasaki, Nescafe, Multi Bintang, Brown-Forman, Ouval, TRAC, Emax, Cigna, Wonderful Indonesia dan  Enjoy Jakarta, berhasil mengobati kerinduan para penggemar musik di tanah air akan perhelatan akbar musik rock bertaraf internasional, setelah tahun 2012 lalu JRL sempat absen.

Berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, perhelatan IM3 Java Rockin’land 2013 berbarengan dengan acara puncak perayaan HUT ke-486 Kota Jakarta. Hal ini tentu menambah semaraknya pesta perayaan HUT kota Jakarta yang dipusatkan di sejumlah lokasi di ibukota mulai dari kawasan Sudirman, Thamrin, Monumen Nasional, hingga kawasan Ancol termasuk Pantai Karnaval yang menjadi tempat penyelenggaraan JRL 2013.

Di hari kedua JRL 2013, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, turut menyambangi festival musik rock terbesar di Indonesia ini sebagai bentuk apresiasi terhadap penyelenggaraan JRL sekaligus rehat sejenak untuk menikmati berbagai pertunjukan musik rock yang memang disukai oleh orang nomor satu di Jakarta ini.

JRL 2013 - Joko Widodo

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, turut hadir berbaur dengan pengunjung lainnya

JRL 2013 - Joko Widodo

Pengunjung IM3 Java Rockin’land 2013 berfoto bareng Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo

Jokowi tidak segan-segan turut berbaur bersama penonton lainnya menyaksikan penampilan berbagai musisi yang tampil di sana, diantaranya grup musik rock papan atas Indonesia, /Rif, dan lain-lain. Walau sebenarnya pihak JFP menyediakan fasilitas khusus bagi kunjungan  tamu istimewa (VIP) seperti pejabat negara / pemerintah, namun Jokowi yang dikenal menyukai musik-musik beraliran metal ini lebih memilih hadir di sana layaknya penonton kebanyakan dengan pengawalan minimal.

Sungguh merupakan sesuatu yang menyejukkan bagi pengunjung JRL 2013 yang sebagian besar warga kota Jakarta, mengetahui Sang Gubernur mereka turut hadir dan berbaur bersama di area JRL 2013 Pantai Karnaval Ancol. Kesempatan ini pun tidak disia-siakan oleh sebagian pengunjung JRL 2013 untuk berfoto bareng Pemimpin Jakarta tersebut. Tampak Jokowi dengan ramah melayani permintaan untuk foto bersama pengunjung, sambil tak lepas menikmati sajian musik rock yang tengah berlangsung saat itu.

Festival rock terbesar di Indonesia ini mampu melepas dahaga pencinta musik yang haus akan penampilan para musisi rock dengan musik dan aksi panggung yang memukau. Sejak awal penyelenggaraannya di tahun 2009, festival yang menghadirkan musisi lokal dan mancanegara dengan beragam aliran musik cadas mulai dari hard rock, heavy metal, hingga trash metal ini langsung menarik perhatian dan masuk ke dalam daftar acara musik tahunan yang tidak boleh dilewatkan.

Di hari pertama Indosat IM3 Java Rockin’land 2013 tampil Sixpence None the Richer (USA), Kensington (Netherlands), Hellogoodbye (USA), Collective Soul (USA), Suicidal Tendencies (USA), Gugun Blues Shelter, 88Balaz (Taiwan), X-Shibuya, Edane, KOIL, Karnatra, Efek Rumah Kaca, Siksa Kubur, Gigantor, Xirus, Navicula, March, Hightime Rebellion, Besok Bubar, Down For Life, 7 Deadly Sins, Buronan Mertua, This Sanctuary (Australia), SORE, Paper Gangster, Morfem, Nick, dan lain-lain.

Grup rock lawas asal Amerika Serikat, Steelheart tampil di hari kedua bersama dengan Sugar Ray (USA), Gossip (USA), Last Dinosaurs (Australia), Andra and the Backbone, Gigi, Utopia (Taiwan), Go Chic (Taiwan), Jasad, Monkey To Millionaire, Superglad, Kikan, Gribs, Polkawars, Musikimia, Deadsquad, Neonomora, Endah N Rhesa, rumahsakit, /rif, Roxx, f-Rocks. The Triangle, Cherry Bombshell, Matahari Bisu, Pas Band, Marche la Void, Story Starry Nite, Sentimental Moods, Jukebox, Konspirasi, dan lain-lain.



Adapun daftar lengkap musisi Indonesia yang tampil di IM3 Java Rockin’land 2013 adalah sebagai berikut :

Konferensi Pers Jelang IM3 Java Rockin’land 2013

Sehari sebelum penyelenggaraan JRL 2013, pihak JFP menggelar konferensi pers bertempat di ruang Timor, Hotel Borobudur Jakarta. Pada kesempatan tersebut hadir Mari Elka Pengestu (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Dewi Gontha (President Director JFP), Paul Dankmeyer (Artistic Director JFP), Eki Puradiredja (Program Coordinator JFP), serta perwakilan dari Indosat IM3.

Konferensi pers semakin seru dengan kehadiran Mike Muir dari Suicidal Tendencies, Mark McGrath dari Sugar Ray, Steelheart, Hellogoodbye, Utopia, 88Balaz, dan Go Chic. Penampilan anak-anak muda dari grup Australia, This Sanctuary, dan grup Kensington dari Belanda menjadi pembuka konferensi pers.

JRL 2013 - Conference

Konferensi Pers Jelang IM3 Java Rockin’land 2013

Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, dalam sambutannya mengatakan, “Acara seperti Indosat IM3 Java Rockin’land menunjukkan kepada dunia tentang kehebatan musisi Indonesia, sekaligus memperlihatkan kemampuan orang Indonesia dalam menyelenggarakan acara kelas dunia. Ini merupakan sebuah promosi pariwisata dan ekonomi kreatif orang Indonesia kepada publik internasional. Apalagi JRL 2013 juga disiarkan secara live streaming ke seluruh dunia.”

Dewi Gontha, President Director Java Festival Production (JFP), menyampaikan berbagai peningkatan dalam penyelenggaraan JRL 2013, seperti letak beberapa panggung yang berubah, dan  bagi penggunjung / penggemar musik rock bisa  memposting (tweet) lewat Twitter dengan hashtag #IM3JRL2013 yang akan secara otomatis ditampilkan pada layar berukuran besar (big screen) di panggung. Bahkan lebih dari itu, para pecinta rock bisa langsung menyapa grup yang tampil di IM3 Java Rockin’land 2013.

Program Coordinator, Eki Puradiredja, mengatakan, “berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di IM3 Java Rockin’land 2013 pertunjukan di berbagai panggung dilakukan bersamaan secara simultan. Sehingga penonton bisa menyaksikan setiap pertunjukan dari panggung ke panggung dengan berkesinambungan. Ini akan membuat festival tahun ini lebih seru, lebih nqe-rock, betul-betul bersuasana pesta rock di pantai.”

Konferensi pers IM3 Java Rockin’land 2013 menjadi semakin seru saat teman-teman media berkesempatan mengambil foto bintang rock internasional yang hadir di acara konferensi pers tersebut. Grup Gigantor melengkapi kemeriahan acara di penghujung konferensi pers.

Hari Pertama IM3 Java Rockin’land 2013

Gate IM3 Java Rockin’land 2013 hari pertama dibuka  pukul 15.00. disusul dengan penampilan Xirus Band di Chevrolet Segarra stage pada pukul 16.15. Kemudian Propaganda stage menampilkan Gigantor disusul 15 menit kemudian oleh Siksa Kubur di Rockinland stage. Gugun Blues Shelter (Tebs stage) dan X-Shibuya  (Dome stage) tampil bersamaan pada pukul 17.15.  Menjelang petang Indosat stage memulai pertunjukan dengan penampilan Edane pada pukul 18:00 WIB.

Kemeriahan malam dilanjutkan oleh penampilan Band asal Belanda yang juga turut berpartisipasi pada konferensi pers kemarin yaitu Kensington di Rockinland stage pada pukul 19.15, bersamaan dengan penampilan Sore Band di Dome stage. Kemudian hadir sebuah band dari Bali Navicula yang tampil di Tebs stage pada pukul 19.45, disusul oleh This Sanctuary band rock asal Australia yang tampil di Chevrolet stage pada pukul 20.15 WIB.

Kemudian sebuah band yang ditunggu oleh para komunitas Metal tanah air yaitu Suicidal Tendencies, tampil di Indosat main stage pada pukul 20.30 disusul oleh penampilan Efek Rumah Kaca di Dome stage pada pukul 21.15.

Sixpence None The Richer yang baru pertama kali hadir di Indonesia memulai pertunjukannya pada pukul 21.45 di Rockin’land stage. Setelah pertunjukan band duo yang terkenal lewat hits “Kiss Me” itu, menjelang tengah malam festival rock tahunan ini dihangatkan kembali dengan penampilan salah satu band yang ditunggu-tunggu, yaitu Collective Soul di Indosat stage pada pukul 23.00 WIB.

Tepat setelah itu Hellogoodbye dengan lagu terkenal mereka “Here in Your Arms” tampil pada pukul 00.30 di Rockinland stage, dilanjutkan oleh penampilan KOIL pada pukul 01.00 dini hari sebagai penutup di hari pertama JRL 2013.

IM3 Java Rockin’land lovers tak hanya disuguhi musik yang menggetarkan, ada banyak booth makanan dan minuman untuk memenuhi selera pecinta musik rock. Disamping itu, masih ada booth Indosat, Sosro, Chevrolet, Kawasaki dan beberapa lainnya  yang cukup menarik perhatian pengunjung JRL 2013. Khusus bagi mereka yang ingin berburu cenderamata JRL 2013 seperti topi, t-shirt, jaket, dan lain-lain, pihak JFP pun menyediakan Merchandise Booth JRL 2013 yang selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Pada IM3 Java Rockin’land 2013 ini juga tersedia transportasi yang memudahkan para penonton. Chevrolet dan Kawasaki menyediakan shuttle hingga ke gate festival bagi semua pengunjung festival tanpa dipungut biaya. Sedangkan perusahaan transportasi, Trac, menyediakan shuttle yang melayani jalur dari FX Mall Sudirman – Pantai Karnaval Ancol.

Informasi lebih lanjut mengenai Java Rockin’land dapat diakses melalui :

Indosat IM3

Sejak kelahiran musik rock, begitu banyak ‘pesan’ sosial yang dimuat dalam liriknya. Genre musik ini memang populer digunakan sebagai penghantar ‘pesan’ sesuai dengan era-nya. Musik rock juga memiliki penggemar yang loyal. Pencintanya rela mengikuti band yang digemari kemana pun mereka melakukan pertunjukan. Bahkan musik rock dengan segala atributnya sudah menjadi lifestyle bagi sebagian orang.

Java Festival Production selalu membawa semangat dan menginspirasi banyak orang, demikian pula Indosat IM3 Java Rockin’land 2013 mengajak orang terus bersemangat dan mengajak setiap orang untuk menggetarkan bumi dengan kreativitas.

Indosat sebagai sponsor utama event musik rock terbesar di Indonesia ini memberikan GRATIS 100 Tiket bagi Pelanggan Indosat yang ingin menonton konser Java Rockin’land. Sebagai user experience pelanggan terhadap layanan Indosat, tersedia juga akses internet Super WiFi di lokasi acara untuk memudahkan pelanggan berkomunikasi serta update status dan upload foto-foto ke social media. Selain itu Indosat juga bagi-bagi hadiah menarik selama event berlangsung dan menyediakan booth Indosat untuk pelayanan informasi serta hiburan / games.

Dukungan Indosat terhadap penyelenggaran acara ini juga hadir melalui layanan Indosat IM3 SMS Suka-Suka yang memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggan IM3 yang berjiwa muda, energik dan kreatif untuk ber-SMSan sebagai salah satu jenis komunikasi yang dipilihnya.

Program IM3 SMS SUKA SUKA memberikan keuntungan GRATIS SMS SesukaMu ke semua operator setelah pemakaian Rp 250 per hari (nelpon, sms dan Internet) dengan sisa pulsa minimal Rp 3000. Program ini berlaku bagi pelanggan prabayar lama maupun prabayar baru, bagi pelanggan lama yang ingin menikmati program ini cukup dengan mengetik : SMS SUKA SUKA dan kirim SMS ke 123. Selain Program IM3 SMS SUKA SUKA pelanggan juga dapat menikmati tambahan paket berupa GRATIS NGOBROL 24 Jam mulai dari Rp 1000 selama 60 menit, GRATIS Facebook SMS, Twitter SMS dan download lagu dari Backstage selama 1 bulan. Untuk mendapatkan semua keuntungan tersebut pelanggan cukup menekan *123*300#.

Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan telepon selular, telepon tetap, komunikasi data dan internet (MIDI). Di triwulan pertama tahun 2013, Indosat memiliki 55,9 juta pelanggan selular melalui berbagai merek antara lain, IM3, Mentari dan Matrix. Indosat mengoperasikan layanan sambungan langsung internasional (SU) melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall 01016.

Indosat juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia serta jasa layanan satelit melalui satelit PALAPA-C2 dan PALAPA-D. Indosat adalah anak perusahaan dari Grup Ooredoo (sebelumnya lebih dikenal dengan Qtel Group). Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT).


Foto : IM3 Java Rockin’land 2013, Didi S. – Nihdia.com
Video (YouTube) : IM3 Java Rockin’land 2013, Didi S. – NihDia.com
Sumber : Festival, Media Rilis, Situs Resmi, Facebook & Twitter IM3 Java Rockin’land 2013

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*