Hasil Penjurian Final, Indigo Incubator Batch 1

indigo incubator 2013

PT. Telkom bersama PT. Telkomsel pada tanggal 22 Maret 2013 meluncurkan sebuah program pengembangan bisnis untuk perusahaan rintisan atau startup di bidang industri kreatif digital yang dinamakan Indigo Incubator. Program ini merupakan perpaduan dari program yang telah ada sebelumnya yaitu Indigo Fellowship dan Indigo Venture (kompetisi dan penghargaan bagi karya teknologi digital terbaik) serta Program Inkubator Bisnis Bandung Digital Valley.

Output yang diharapkan dari program ini adalah terbentuknya sejumlah startup dengan karya kreatif digital yang telah teruji baik dari sisi pasar, produk maupun bisnisnya, sehingga siap untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi entitas bisnis dengan skala nasional atau bahkan global.

“Industri kreatif digital memiliki prospek yang sangat baik. Namun sayangnya di Indonesia jumlah dan kualitas perusahaan rintisan, diferensiasi produk, performansi, SDM, dukungan kepada perusahaan rintisan serta pendanaan masih di bawah standar. Telkom mengambil peran aktif dalam memperbaiki aspek-aspek tersebut” ujar Indra Utoyo, Direktur IT Solution & Strategic Portfolio PT. Telkom, pada acara sosialisasi program Indigo Incubator di hadapan komunitas pengembang software di Jakarta, 10 April 2013.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi program serupa yang juga diselenggarakan di Jogjakarta (4/4), Medan (16/4), Surabaya (23/4) dan Bali (26/4).

Setiap perusahaan startup yang terpilih untuk mengikuti program Indigo Incubator akan mendapatkan berbagai macam dukungan pengembangan bisnis dalam bentuk fasilitas, layanan, dan pendanaan yang disediakan oleh Telkom seperti :

  • Seed capital hingga Rp. 250 juta dan venture capital hingga Rp. 2 Miliar per perusahaan startup
  • Tempat kerja yang bersifat co-working space dan telah dilengkapi oleh infrastruktur digital, server dan perangkat lain yang digunakan untuk pengembangan dan pengujian aplikasi
  • Akses kepada platform teknis yang telah dimiliki oleh Telkom Group
  • Mentorship atau pendampingan bisnis oleh profesional yang telah teruji di bidangnya bekerjasama dengan MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia)
  • Kerjasama strategis untuk memasarkan produk yang dikembangkan kepada 150 juta pelanggan Telkom dan Telkomsel di Indonesia dan di 10 negara lain dimana Telkom dan Telkomsel telah mengembangkan bisnisnya.

Peserta program Indigo Incubator tidak dibatasi hanya untuk startup yang telah memiliki produk saja, namun juga terbuka bagi startup yang baru memiliki ide produk. Calon peserta dapat mengikuti seleksi berdasarkan kategori yang sesuai yaitu :

  • Kategori Innovative Idea untuk ide produk atau produk yang belum diuji ke pasar namun dinilai memiliki peluang bisnis yang sangat baik
  • Kategori Innovative Product untuk produk yang telah terbukti disukai oleh pengguna namun belum teruji dari segi pendapatan
  • Kategori Innovative Business untuk produk yang telah terbukti disukai pasar dan teruji dapat mendatangkan pendapatan dan keuntungan yang layak
Sub Category Idea / Product / Business
  • Tourism Application
  • Finance & Banking
  • Koperasi
  • Public Services
  • Education
  • Transportation & Logistic
  • Health Application
  • Smart Home & Mobility
  • Digital Media Entertainment
  • Digital Advertising

Total waktu pelaksaan program Indigo Incubator adalah 9 bulan yang dimulai sejak Maret 2013 hingga  Desember 2013. Untuk kategori Innovative Idea, tahap seleksi akan dilaksanakan pada bulan Juni 2013. Sedangkan untuk kategori Innovative Product dan Innovative Business tahap seleksi akan dilaksanakan dua kali, yaitu pada bulan Juni 2013 dan September 2013, dengan catatan bahwa seleksi pada bulan September 2013 akan ditiadakan apabila kapasitas inkubasi telah seluruhnya terisi sebagai hasil dari seleksi di bulan Juni 2013.

Program inkubasi akan diselenggarakan hingga bulan November 2013, di mana pada akhir program tersebut akan dilakukan proses kualifikasi untuk menentukan status kelulusan perusahaan startup pada program inkubasi ini. Startup yang dinyatakan lulus kemudian berhak untuk mengikuti event Demo Day dan Business Connect untuk menjajaki peluang kerjasama strategis termasuk pendanaan investasi lanjutan hingga Rp. 2 Miliar.

Joddy Hernady, Senior GM Innovation & Design Center PT. Telkom menambahkan bahwa visi Telkom selaras dengan semangat pertumbuhan pembentukan komponen ekosistem industri kreatif digital di Indonesia.

“Dalam aspek industri kreatif digital Telkom memiliki semangat kolaborasi yang tinggi dengan seluruh startup Indonesia. Visi kami dalam kerjasama ini adalah From Here to Everywhere through Globalization, yang menghadirkan kesempatan bagi startup Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya menjadi skala dunia dengan pendekatan local atau globalization,” ungkap Joddy Hernady.

Marina Kacaribu, Head of Digital Lifestyle Group Telkomsel menambahkan, “Telkomsel juga membuka kesempatan kepada mobile app developer lokal yang telah memiliki produk siap jual untuk bisa bekerjasama dalam hal pemasaran produk yang mereka miliki untuk dipasarkan kepada pelanggan Telkomsel, hal ini sejalan dengan misi Telkomsel dalam membangun Device, Network, and Applications (DNA) ecosystem di Indonesia kedepannya.”

Berikut ini Startup yang lolos tahap interview / penjurian final di bulan Juni 2013 (Batch 1) :

1. Shopping Magz (Digital Advertising)
2. Wallo Pinterest Live Wallpaper (Digital Advertising)
3. RNWY – Walk the Look (Digital Advertising)
4. Gotcha Gesture Based Captcha (Digital Advertising)
5. Takita (Education)
6. Digiworks (Digital Entertainment)
7. Vienetta Project (Digital Entertainment)
8. i mind sound moodoo (Health)
9. Instavic (Public Services)
10. Merityuk.com (Public Services)
11. AkuntingMudah.com (Finance)
12. Sister (Transportation)
13. Kiri Smart Travel (Transportation)

Seluruh Startup ini masih akan melalui tahap evaluasi lanjutan berupa validasi ide maupun produk Indigo Incubator 2013 . Startup yang lolos pada tahap evaluasi lanjutan akan mendapatkan pendanaan sebesar 120 Juta Rupiah, serta mengikuti program inkubasi dengan kesempatan untuk meraih pendanaan tingkat lanjut hingga 2 Miliar Rupiah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Indigo Incubator 2013 dapat diakses melalui :


Video : YouTube (BDV Indigo)
Sumber : Roadshow, Media Rilis, Situs Resmi, Facebook, Twitter Indigo Incubator 2013 dan berbagai sumber lainnya

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*