Pelaku Pariwisata & Ekonomi Kreatif Penerima Anugerah Tahun Kunjungan Wisata 2012

Anugerah Tahun Kunjungan Wisata 2012

Wakil Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf), Dr Sapta Nirwandar, memberikan penghargaan Anugerah Tahun Kunjungan Wisata 2012 kepada sejumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bertempat di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta (28/12). Tampak Kasim Ghazali pencipta Angklung TRA-DIGI  (Tradisional dan Digital ) saat menerima penghargaan dari Wamen Parekraf Sapta Nirwandar

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Dr. Sapta Nirwandar memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku pariwisata & ekonomi kreatif Indonesia yang telah memberikan kontribusi secara signifikan terhadap pencapaian target kunjungan 8 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia serta 245 juta wisatawan nusantara (wisnus) yang melakukan perjalanan di dalam negeri pada tahun 2012.

Penghargaan tersebut disampaikan dalam acara  Penganugerahan Tahun Kunjungan Wisata 2012 yang berlangsung di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Jumat malam (28/12).

Wamen Parekraf  Sapta Nirwandar pada kesempatan itu memberikan penghargaan Anugerah Tahun Kunjungan Wisata 2012  kepada :

  • PT Panorama Tour and Travel (Pariwisata – Biro Perjalanan)
  • Shangri La  (Pariwisata – Perhotelan)
  • PT Garuda Indonesia Tbk (Pariwisata – Airlines)
  • Kasim Ghazali (Ekonomi Kreatif – Pencipta Angklung Tradisional dan Digital TRA-DIGI)
  • Dwiki Darmawan (Ekonomi Kreatif – Musisi yang memadukan musik Jazz dengan beragam musik etnik tradisional Indonesia )
  • Pemerintah Kota Sawahlunto (Pemda)
  • serta Penghargaan Lifetime Achievement  yang diberikan kepada Joop Ave mantan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi (Menparpostel).

“Berdasarkan angka sementara, Januari – Oktober 2012, jumlah kunjungan wisman sudah mencapai 6.583.629 orang, diperkirakan apabila tidak meleset untuk dua bulan ke depan target wisman sebanyak 8 juta pada 2012 tercapai. Begitu pula untuk target perjalanan wisnus sebanyak 245 juta atau naik 6 juta dibandingkan tahun 2011 sebesar 239 juta optimis tercapai. Pada saatnya nanti Kepala Badan Pusat Statistik akan mengumumkan hasil perhitungan akhir,” ungkap Sapta Nirwandar dalam sambutannya.

Penerima Anugerah Tahun Kunjungan Wisata 2012

Seluruh pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif penerima Anugerah Tahun Kunjungan Wisata 2012, berfoto bersama Wamen Parekraf Dr Sapta Nirwandar

Lebih lanjut Sapta Nirwandar menjelaskan bahwa prospek pariwisata nasional sangat menjanjikan, di mana pada 2024 mendatang Indonesia diharapkan dapat meraih kunjungan wisman sebanyak 20 juta dengan perolehan devisa sebesar US$ 20 miliar. Namun untuk menuju ke sana, perlu melalui tahapan-tahapan dengan  menetapkan target pertumbuhan yang signifikan,  sebagaimana untuk tahun 2013 sebesar 9 juta kemudian naik menjadi 10 juta wisman pada 2014.

“Untuk mencapai target tersebut adalah bukan tidak mungkin, tapi juga tidak mudah. Oleh sebab itu kita memerlukan dukungan berbagai pihak seperti Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan “air seat capacity”. Pada 2013, kita perlu meningkatkan pelayanan, diferensiasi produk, serta yang  tidak kalah pentingnya adalah pengembangan destinasi dan produk yang ada di setiap destinasi unggulan “beyond” Bali,”  jelas Sapta Nirwandar.

Pada kesempatan itu Wamen Parekraf mengajak semua pihak menyongsong tahun 2013 bersama-sama mengembangkan dan mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia. Optimisme pencapaian target menurut Sapta Nirwandar,  tidak terlepas dari komitmen kerja keras semua insan pariwisata, pemangku kepentingan pariwisata, termasuk mitra kita dari instansi terkait dan industri pariwisata dalam dan luar negeri.

“Sebentar lagi kita jelang 2013 dengan semangat dan optimisme yang baru. Kita mengharapkan kiranya 2013 akan lebih baik daripada 2012, untuk itu kita menetapkan target optimistis kunjungan wisman sebanyak 9 juta dan tahun 2014 sebesar 10 juta,” pungkasnya.


Foto : Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Sumber :  Siaran Pers Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*