Industri Kreatif Seni Pertunjukan, Video Mapping dan Augmented Reality

 

LA Lighrs Concert Virtual World 2012

LA Lights Concert Virtual World 2012

Teknologi Video Mapping dan Augmented Reality saat ini banyak dimanfaatkan kalangan insan kreatif Indonesia, khususnya mereka yang banyak berkecimpung di sektor industri kreatif seni pertunjukan.  Salah satunya adalah apa yang telah digulir LA Lights lewat konsep kreatif pertunjukkan musik bertajuk “LA Lights Concert Virtual World”.

Setelah sukses menggebrak tahun lalu, LA Lights Concert Virtual World 2012 kembali hadir di berbagai kota di Indonesia dengan  menyajikan panggung musik berkualitas didukung penggunaan teknologi rekayasa animasi virtual yaitu teknologi yang menggabungkan efek 2D dan 3D dengan suasana realis melalui media digital yang realtime seperti teknologi Video Mapping dan Augmented Reality.

Kota-kota yang tahun ini berkesempatan disambangi oleh LA Lights Virtual World 2012 antara lain adalah Banjar (10 Oktober), Purwokerto (13 Oktober), Samarinda (19 Oktober), Yogyakarta (24 Oktober), Malang (31 Oktober), Palangkaraya (4 November), dan Banjarmasin (9 November). Untuk venue di luar ruangan atau outdoor kali ini hanya dilaksanakan di Banjar Patroman, Purwokerto dan Palangkaraya saja, sisanya berlangsung secara indoor atau dalam ruangan.

Tercatat sederetan musisi papan atas Indonesia seperti Agnes Monica, Glenn Fredly, Tompi, Judika, Raisa, Vicky Zhu, Bondan Prakoso & Fade2black, hingga band pendatang baru  seperti Last Child dan OMG alias Oh My Girl, turut meramaikan konser musik yang sarat dengan teknologi ini. Tidak ketinggalan tampil juga jebolan LA Lights Meet the Labels 2011 yaitu Lyric Band dan Josua March.

LA Lights Concert Virtual World 2012

LA Lights Concert Virtual World 2012

Maya Shintawati, Brand Manager mengemukakan,LA Lights Concert Virtual World 2012 adalah sebuah konser futuristik yang menghadirkan teknologi video mapping dan augmented reality dan aksi panggung musisi papan atas Tanah Air.  Lagi-lagi dalam konser ini kami mengemas kreatifitas dan aplikasi teknologi menjadi sebuah hiburan yang berkelas, mampu  memanjakan indera penglihatan dan pendengaran para penonton sehingga mereka mendapatkan sensasi dan pengalaman menonton konser yang tidak biasa,” ungkap Maya.

LA Lights Concert Virtual World 2012 memberikan sebuah pengalaman langsung kepada para penonton melalui Augmented Reality, yang memungkinkan para penonton untuk saling berinteraksi serta bersentuhan langsung dengan para musisi di dunia maya namun merasakannya secara kasat mata. LA Lights Virtual World sebagai sebuah konser musik yang kreatif dan atraktif sebagai ceminan brand LA Lights yang Berani Enjoy!

Uniknya yang membuat acara ini semakin seru, LA Lights Concert Virtual World 2012 menyajikan berbagai “kejutan” dari video mapping yang menampilkan artis berbeda-beda. Artis yang tidak  tampil di kota penyelenggaraan, tampil secara virtual dalam versi augmented reality di kota yang lain.

“Selain permainan video mapping di atas panggung, tahun ini kami menitikberatkan pada sesi augmented reality yang lebih interaktif ke pengunjung. Kita buat augmented reality dengan penonton yang melibatkan para musisi. Media interaktif ini ditempatkan di booth LA Lights. Selain itu juga ada serangkaian games menarik,” tambah Maya.

LA Lights Concert Virtual World 2012

LA Lights Concert Virtual World 2012

Sedangkan untuk konsep panggung sendiri berbeda dengan konser LA Lights yang sudah pernah diselenggarakan. Di sini penonton merasakan sendiri sensasi multimedia yang memukau mata dan telinga. Kolaborasi antara multimedia, tata lampu dan tata suara di sini adalah sebuah konsep hiburan yang terintegrasi dan membuat acara ini ditunggu banyak orang.

LA Lights Concert Virtual World 2012 juga menantang para musisi memberikan performa terbaiknya dengan mengaransemen lagu sendiri. Dan semua musisi secara tidak langsung “wajib” membawakan lagu yang familiar di masyarakat dengan aransemen yang berbeda.

Selain menyaksikan pertunjukan Augmented Reality yang sangat memukau mata dan telinga, pengunjung LA Lights Concert Virtual World 2012 juga tidak melewatkan kunjungan ke Virtual Game X Box yang tidak kalah serunya. Pengalaman bermain games di sini tentu saja berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

Tercatat penyelenggaraan LA Lights Concert Virtual World pada 2011 silam mencatat angka penjualan tiket yang menakjubkan dengan sebanyak 36.500 tiket terjual ludes di 5 kota seperti Jember, Malang, Gorontalo, Palangkaraya, dan Yogyakarta.

Memimpikan sebuah pengalaman virtual yang memanjakan mata dan telinga yang berkesan? LA Lights Virtual World mampu merealisasikan mimpi tersebut. Di sini kita tidak hanya dimanjakan telinga dengan aksi performa yang dashyat tapi juga mata ikut termanjakan dengan aksi spektakuler Augmented Reality yang memukau.

Tunggu kehadiran LA Lights Virtual World selanjutnya di kota Anda …

Informasi terlengkap dan terkini seputar LA Lights Concert Virtual World dapat dilihat melalui website www.la-lights.com


Foto : LA Lights Concert Virtual World 2012, LA Lights
Video : YouTube (RichaManagement)
Sumber : LA Lights Concert Virtual World 2012, LA Lights

 

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori “Entertainment Application”. Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*