Pendaftaran Kompetisi Community Entrepreneurs Challenge Wave III, Segera Ditutup

Community Entrepreneur Challenge Wave III

Kompetisi Kewirausahaan Sosial British Council - Arthur Guinness Fund "Community Entrepreneurs Challenge Wave III", Mencari Para Pemenang Perubahan (Champions of Change).

Seminar mengenai Kewirausahaan Sosial Indonesia di ruang Kuring Gai Program Magister Manajemen Community Entrepreneurship (MM-CE) Pascasarjana Universitas Trisakti, dan Media Luncheon yang berlangsung di The New Polo Club Bar & Restaurant Menara Batavia Jakarta (9/9-2012),  menandai  dimulainya rangkaian kegiatan kompetisi Community Enterpreneurs Challenge (CEC) Wave III yang diselenggarakan oleh British Council (BC) bekerjasama dengan Arthur Guinness Fund (AGF).

AGF-BC CEC merupakan kompetisi yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendukung masyarakat yang memiliki komitmen dan gagasan inspiratif untuk memulai dan mengelola wirausaha mereka agar nantinya dapat memecahkan masalah-masalah sosial dan lingkungan yang mereka hadapi dalam masyarakat. Program ini menciptakan lebih banyak peluang kepada masyarakat dan menginspirasi generasi yang berpotensi membuat perubahan.

Silverius Oscar Unggul (Onte)

Silverius Oscar Unggul (Onte), salah satu pembicara pada seminar Kewirausahaan Sosial Indonesia yang diselenggarakan di kampus Magister Manajemen - Community Entrepreneurship (MM-CE) Universitas Trisakti dalam rangkaian kegiatan AGF-BC CEC Wave III (9/9-2012)

AGF-BC CEC Wave III - Ari Sutanti

Ari Sutanti (Program Manager British Council), memberikan penjelasan mengenai AGF - BC Community Entrepreneurs Challenge Wave III

AGF-BC Wave III Seminar

Peserta Seminar Kewirausahaan Sosial di Indonesia sedang menyimak penjelasan mengenai AGF-BC CEC Wave III yang dibawakan oleh British Council. Sebagian besar peserta seminar adalah para praktisi CSR dari berbagai perusahaan yang sedang mengambil studi di MM-CE Universitas Trisakti. Foto : British Council Indonesia

Ruang Kuring Gai

Ruang Kuring Gai Program Magister Manajemen Community Entrepreneurship (MM-CE) Pascasarjana Universitas Trisakti yang berlokasi di Menara Batavia Jakarta, cukup dipadati peserta seminar Kewirausahaan Sosial

Sejak dimulai tahun 2010,  ada lebih dari 700 komunitas wirausaha di seluruh Indonesia mendaftar untuk kompetisi ini. Selama dua tahun, British Council dan Arthur Guinnes Fund telah memberikan pelatihan kepada 50 komunitas masyarakat, dan enam komunitas wirausaha telah menerima masing-masing 100 juta rupiah pendanaan untuk membantu pengembangan usaha mereka.

Kompetisi Arthur Guinness Fund – British Council Community Entrepreneurs Challenge menciptakan peluang kolaborasi antar komunitas dan secara kreatif mengembangkan solusi kewirausahaan berkesinambungan atas masalah-masalah sosial dan lingkungan – Media Rilis AGF-BC CEC Wave III

Tahun ini, selain memperkuat kesuksesan kompetisi sebelumnya, kompetisi AGF-BC CEC Wave III memadukan tantangan yang dialami komunitas dengan melibatkan kaum muda secara aktif. Kompetisi ini akan dibagi menjadi dua bagian yaitu Community Journalism Competition (Pendaftaran Aplikasi: 12 Mei 2012 – 31 Juli 2012) dan Community Enterprise Competition (Pendaftaran Aplikasi: 23 Juli 2012 – 24 September 2012).

AGF-BC CEC Media Luncheon

AGF-BC CEC Wave III Media Luncheon bertempat di The New Polo Club Bar & Restaurant Menara Batavia, Jakarta (9/9-2012)

AGF-BC CEC Wave III Media Luncheon

Mark Crossey (Direktur Program British Council) memberikan penjelasan dan sosialisasi mengenai AGF-BC CEC Wave III kepada media, didampingi oleh Mark Hogan (Arthur Guinness Fund). Foto : British Council Indonesia

Maria R Nindita Radyati

Maria R. Nindita Radyati, Direktur Program Magister Manajemen - Community Entrepreneurship (MM-CE) Pascasarjana Universitas Trisakti, didampingi Ari Sutanti dan Silverius Oscar Unggul (Onte), memberikan penjelasan kepada Media. MM-CE yang merupakan bagian dari Center for Entrepreneurship, Change & Third Sector (CECT) Pascasarjana Universitas Trisakti, sejak awal kompetisi AGF-BC CEC diluncurkan menjadi pendamping British Council dan Arthur Guinness Fund sebagai Mitra sekaligus Dewan Juri kompetisi Community Entrepreneur Challenge ini

Sejak program ini diluncurkan tahun 2009 untuk menandai ulang tahun ke 250 Guinness, lebih dari 380 ribu poundsterling komitmen telah diberikan untuk mendukung upaya ini. Program ini terinspirasi oleh pendirinya, Arthur Guinnes, yang juga dikenal sebagai dermawan sosial ternama. Legasi untuk memberi dan melakukan lebih bagi masyarakat disalurkan melalui Arthur Guinness Fund, dana internal yang diciptakan untuk mendukung para wirausahawan sosial (orang-orang yang berkecimpung dalam usaha mengubah masyarakat untuk menjadi lebih baik) di seluruh dunia.

Untuk Community Journalism Competition, saat ini telah memasuki tahap akhir penjurian. Dua belas tim peserta yang berhasil lolos ke penjurian tahap berikutnya dapat dilihat melalui http://www.britishcouncil.org/indonesia-cec3-journalism.htm . Ke-12 tim tersebut akan mengikuti  workshop dari para praktisi film profesional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 16-24 September 2012.

Arthur Guinness Fund – British Council Community Enterprise Competiton

Arthur Guinness Fund – British Council Community Enterprise Competiton  adalah kompetisi yang diadakan oleh British Council bekerjasama dengan Arthur Guinness Fund yang mengajak usaha-usaha sosial berbasis komunitas di Indonesia (baik yang baru ingin memulai usahanya maupun yang telah berjalan) untuk mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam serangkaian lokakarya, kesempatan berjejaring dan mendapatkan dana investasi hibah yang bernilai total hingga 600 juta rupiah.

British Council & Arthur Guinness Fund - Community Enterprise Competition

British Council & Arthur Guinness Fund - Community Enterprise Competition

Sebanyak 50 usaha sosial berbasis komunitas, akan mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam lokakarya 1 (satu) minggu bertema kewirausahaan sosial dan pengembangan usaha, serta berpartisipasi dalam Inspiration Night yang diselenggarakan oleh British Council dan Arthur Guinness Fund.

Community Enterprise Competition bertujuan mengembangkan suatu sistem pendukung berkelanjutan bagi para wirausahawan sosial berbasis komunitas aspiratif untuk memberikan manfaat nyata kepada komunitas secara berkelanjutan.

Kompetisi ini akan mengevaluasi komunitas terpilih berdasarkan kriteria utama sebagai berikut :

  • Gagasan bisnis jelas yang berfokus dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial
  • Keterlibatan aktif dan proses pengambilan keputusan demokratis dari anggota masyarakat dalam bisnis mereka
  • Kelayakan berdasarkan rencana bisnis standard

Usaha komunitas yang teridentifikasi melalui proses seleksi kompetisi, akan menerima kesempatan untuk pengembangan kapasitas dan berjejaring. Pemenang juga berkesempatan untuk :

  • Berpartisipasi dalam kunjungan studi ke Inggris dimana semua biaya ditanggung. Pemenang dapat bertemu dan belajar dari pemain utama wirausaha sosial di Inggris (hingga 2 pemenang pertama)
  • Memenangkan pendanaaan (seed funding) dengan nilai total hingga 600 juta rupiah untuk mendukung pembentukan dan pertumbuhan usaha hingga enam usaha komunitas
  • Kesempatan untuk difilmkan dalam video dokumenter mengenai komunitas mereka
  • Pelatihan dan mentoring dari pakar kewirausahaan

Periode pendaftaran dibuka dari 23 Juli 2012 sampai 24 September 2012. Tahun ini, sebagai bagian dari komitmen Arthur Guinnes Fund dan British Council untuk mendukung perempuan Indonesia, Arthur Guinnes Fund dan British Council mendorong wirausahawan sosial berbasis komunitas perempuan untuk mendaftar di kompetisi ini.

Bagi yang berminat untuk mengikuti kompetisi ini, dapat mengirimkan aplikasi melalui email ke aplikasi.cec@britishcouncil.or.id atau melalui pos ke:

British Council Indonesia
Stock Exchange Building Tower II Fl.16
Jln. Sudirman Kav. 52-53,
Jakarta 12190

Ayo bergegaslah karena pendaftaran aplikasi AGF-BC CEC akan segera ditutup. Jangan sampai terlewat, pendaftaran aplikasi terakhir pada hari Senin, 24 September 2012.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai AGF-BC CEC Wave III, silahkan kunjungi situs resmi British Council Indonesia yang dapat diakses melalui http://www.britishcouncil.or.id. Atau bila ingin mengetahui berbagai informasi terbaru dari British Council Indonesia, silahkan ikuti British Council Indonesia Facebook Page atau  Account Twitter @IDBritish


Foto : British Council Indonesia, Didi S – NihDia.com
Poster : British Council Indonesia
Sumber : Seminar, Media Luncheon, Rilis AGF-BC CEC 2012

Baca Tulisan Lainnya :

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori “Entertainment Application”. Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*