Abdurrahman Adam Pemenang Kompetisi Languages For The Games British Council

Abdurrahman Adam didampingi Ibunda, Henny Maimunah Asnam

Pemenang Kompetisi Languages For The Games British Council, Abdurrahman Adam, didampingi Ibunda, Henny Maimunah Asnam, saat berkunjung ke kantor British Council di Jakarta

Sebuah prestasi membanggakan kembali ditorehkan anak bangsa lewat Abdurrahman Adam (14 tahun) dengan keberhasilannya  meraih juara pertama pada Languages For The Games, sebuah kompetisi global  yang diselenggarakan British Council dalam rangka menyongsong perhelatan akbar pesta olahraga Paralimpiade ke-14 di London Inggris (29 Agustus – 9 September 2012).

Kompetisi Languages For The Games sendiri diselenggarakan sejak bulan Februari hingga Mei 2012 yang bertujuan mengasah kreativitas siswa sekolah usia 8 – 16 tahun untuk membuat presentasi mengenai Paralimpiade dalam Bahasa Inggris / Bahasa Asing sebagai bahasa kedua mereka,  dengan menggunakan progam PowerPoint berdurasi maksimal 3 menit yang berisi teks, gambar, animasi, video dan audio / suara siswa yang menjelaskan isi dari presentasi tersebut. Kompetisi ini bertujuan meningkatkan kesadaran para siswa akan penyelenggaraan Paralimpiade, olimpiade khusus bagi para atlet dengan keterbatasan fisik dan mental.

Dalam kompetisi Languages For The Games, para siswa kelompok usia 8 – 11 tahun diminta untuk membuat presentasi dengan tema My Heroine (Dia Pahlawanku). Sementara untuk para siswa kelompok usia 12 – 16 tahun, tema presentasi adalah My Perfect Paralympics Poster (Poster Paralimpiade Ku yang Sempurna). Masing-masing kelompok usia tersebut terbagi lagi menjadi dua kategori yaitu Perorangan dan Kelas.

Abdurrahman Adam,  siswa berprestasi yang baru saja lulus dari SMP Negeri 45 Jakarta dan kini duduk di bangku Kelas X SMA Negeri 78 Jakarta ini, meraih juara pertama pada kategori perorangan untuk kelompok usia 12-16 tahun. Adam, begitu biasanya ia dipanggil, berhasil menyisihkan 350 karya lainnya yang diterima British Council dari seluruh dunia.

Presentasi multimedia kreasi Adam mengambil tema  The Perfect ParalympianDisability Would Not Make Them Disabled  (Atlet Paralimpiade-Ku Yang SempurnaKeterbatasan Tidak Membatasi Mereka), yang terinspirasi oleh dua atlet paralimpiade Inggris : Simon Munn, pebasket paralimpiade Inggris yang duduk di kursi roda, dan Eleanor Simmonds, atlet renang paralimpiade Inggris. Dua cabang olahraga ini memang merupakan cabang olahraga favorit Adam.

Adam terpilih sebagai juara pertama karena pesan presentasinya yang kuat disertai tampilan gambar animasi yang baik. Karya Adam dianggap mampu mendemonstrasikan kreativitas dan originalitas dengan penyampaian presentasi dalam bahasa Inggris yang sangat baik.

Sedangkan pemenang kategori perorangan untuk kelompok usia 8-11 tahun, diraih oleh Selina Xing (11 tahun) siswi Kelas 5 ME School dari Kota Changchun Propinsi Jilin Cina dengan presentasi My Heroine – Xian Hon Yan (Dia Pahlawanku – Xian Ho Yan) yang terinspirasi oleh Xian Hon Yan, atlet renang putri Paralimpiade dari Cina. Selina Xing bahkan dalam presentasinya menyanyikan sendiri lagu ciptaannya yang bertutur tentang sang pahlawan, Xian Ho Yan.

Pemenang kategori kelas untuk  kelompok usia 8 – 11 tahun diraih oleh siswa-siswi kelas 6A Leon Jose Marigne Isigny le Buat dari Perancis dengan presentasi yang menceritakan Philippe Croizon, perenang legendaris (tanpa lengan dan kaki) asal Perancis. Sementara pemenang kategori kelas untuk kelompok usia 12 – 16 tahun diraih oleh siswa-siswi kelas 3D Soriano Nel Cimino Secondary School dari Italia dengan presentasi mereka mengenai olahraga bola basket kursi roda yang menampilkan Brad Ness, kapten tim bola basket kursi roda Australia.

Prestasi siswa Indonesia di kompetisi Languages For The Games British Council boleh dibilang sangat membanggakan. Selain karya Abdurrahman Adam yang berhasil keluar sebagai pemenang, terdapat dua karya presentasi dari siswa Indonesia yang berhasil menyabet juara kedua (runner up).

El-nissi Leonard dan Elory Leonard meraih juara kedua kategori perorangan kelompok usia 12-16 tahun dengan presentasi mengenai David Michael Jacobs, atlet tenis meja paralimpiade dari Indonesia. Sedangkan Rifky Prakoso dan Nawwaf Husein dari SMPN 19 Jakarta, meraih juara kedua kategori kelas untuk kelompok usia 12-16 tahun dengan presentasi yang terinspirasi oleh Simon Munn, pebasket paralimpiade Inggris yang duduk di kursi roda

Untuk melihat karya presentasi dari seluruh pemenang (juara pertama) maupun runner-up (juara kedua), dapat diakses melalui situs resmi kompetisi British Council  Languages For The Games pada http://learnenglish.britishcouncil.org/en/english-for-the-games/competition

Khusus untuk pemenang kategori perorangan kelompok usia 8-11 tahun dan 12-16 tahun, British Council menyediakan hadiah istimewa berupa paket perjalanan ke Inggris. Adam, didampingi ibunya, Henny Maimunah Asnam, telah terbang menuju London pada tanggal 29 Agustus 2012 lalu. Sedangkan Selina Xing asal Cina, berangkat ke London didampingi guru Bahasa Inggrisnya, Martin.

Mereka berpartisipasi dalam berbagai program kunjungan selama lima hari ke Kantor Pusat British Council di London, Inggris, sekaligus bertamasya ke Taman Olimpiade selama pekan Paralimpiade di London, 29 Agustus – 9 September 2012.

Melalui surat elektronik, Adam yang saat tulisan ini di muat (2 September 2012) masih berada di London Inggris, mengabarkan kepada NihDia.com padatnya rangkaian kegiatan yang diberikan British Council selama mereka berada di sana. “Ini hari ke-4 saya di London dan penghargaan sudah diberikan oleh British Council, dihadiri oleh Atase Pendidikan KBRI London. Selain itu saya juga dipertemukan dengan Duta Besar Indonesia di London, ” ungkap Adam.

Penasaran dan ingin mengetahui perjalanan Adam dan Ibundanya, Henny Maimunah Asnam, selama berada di London? nantikan laporan selengkapnya dari Sang Jawara sendiri, Abdurrahman Adam, yang akan berbagi pengalamannya. Kita tunggu saja ya …

 


Foto : British Council Indonesia
Sumber : Siaran Pers British Council, Situs Resmi Kompetisi Languages For The Games

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori “Entertainment Application”. Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*