Menangkap Peluang Bisnis Sejak di Bangku Kuliah Ala Para Pendiri Kampung Pulsa

Para pendiri situs Kampung Pulsa, jeli menangkap peluang bisnis sejak di bangku kuliah

Kampung Pulsa, situs layanan isi ulang pulsa melalui Web, Yahoo  Messenger (YM) dan Twitter, yang pada bulan Juli 2011 lalu berhasil meraih penghargaan sebagai Pemenang Kategori Web e-Commerce pada ajang BuBu Awards V.07, patut dijadikan contoh keberhasilan sekelompok mahasiswa yang jeli menangkap peluang bisnis sejak mereka masih duduk di bangku kuliah.

Adalah Rendi (Rendi Meliala), Aan (Arnanto Akbar), Danang (Danang Aji Irawan), Rendra (Rendra Hermawan), Faiz (Syahirul Faiz) dan Fiqi (Rofiqi Setiawan), yang di sela-sela kesibukan mereka menyelesaikan tugas kuliah serta kerja praktek di Institut Teknologi (IT) TELKOM Bandung, berhasil menangkap peluang bisnis dengan merintis dan mengelola Kampung Pulsa, situs yang menawarkan kemudahan bagi anggotanya untuk dapat melakukan transaksi pembelian pulsa murah kapanpun dan dimanapun dengan memanfaatkan teknologi internet terkini.

“Konsep Kampung Pulsa sendiri sangat sederhana. Berangkat dari masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu kesulitan dalam memperoleh pulsa seperti pada malam hari ketika kios penjual pulsa sudah tutup, kondisi dimana tidak bisa keluar rumah, tidak punya internet banking atau phone banking sehingga tidak bisa membeli pulsa dengan fasilitas tersebut, sedang berada di area atau lokasi yang berjauhan dengan kios pulsa, dan berbagai kondisi lainnya yang membuat kita sulit untuk membeli pulsa,” ungkap Rendi  salah satu pendiri Kampung Pulsa.

Lebih lanjut Rendi menjelaskan,  situs Kampung Pulsa yang dirintis dan dilakoninya bersama kelima rekan satu almamater (IT TELKOM Bandung), dikembangkan sejak mereka masih duduk di bangku kuliah. Tentunya dengan tetap memprioritaskan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai mahasiswa, dengan membagi waktu secara bijak antara tugas perkuliahan dan pengembangan Kampung Pulsa yang merupakan produk awal mereka di dunia startup.

Hingga tulisan ini dimuat, sudah lima pendiri Kampung Pulsa yaitu Rendi, Aan, Danang, Rendra dan Faiz yang telah menyelesaikan studi mereka dan lulus dari  Institut Teknologi TELKOM Bandung. Sedangkan satu lagi yaitu Fiqi, sedang dalam tahap menyelesaikan skripsi dan dalam waktu dekat akan naik sidang.

Kampung Pulsa saat mengikuti event yang diadakan oleh Mekar Entrepreneur Network

Pendiri Kampung Pulsa lainnya yaitu Aan menuturkan kepada NihDia.com bahwa  pengembangan aplikasi web maupun pengelolaan situs Kampung Pulsa,  sepenuhnya mereka tangani secara bersama-sama. Untuk merespon dan melayani transaksi deposit maupun pembelian pulsa dari anggota yang semakin meningkat dari waktu ke waktu (online 24 jam) serta memberikan bantuan teknis kepada anggota, mereka pun secara bergantian berbagi tugas sebagai admin Kampung Pulsa.

“Transaksi pembelian pulsa melalui Kampung Pulsa sebenarnya sama halnya dengan transaksi pembelian pulsa elektrik biasa, namun dengan metode yang lebih modern dengan memanfaatkan teknologi internet. Prosesnya pun sangat sederhana, cukup dengan tiga langkah mudah yaitu : Registrasi / Login, Deposit, dan Beli Pulsa Online,” jelas Aan yang pada bulan November 2011 lalu turut bergabung dalam Tim SPARKINS Institut Teknologi TELKOM Bandung (proyek aplikasi berbasis  sentuh untuk pembelajaran mesin tik perkins bagi anak-anak penyandang tuna netra) yang berhasil meraih penghargaan Merit Award (Runner-Up) Kategori Tertiary Student Project pada ajang Asia Pacific ICT Alliance Awards (APICTA) 2011 di Pattaya Thailand.

NihDia.com yang beberapa waktu lalu sempat mencoba berbagai fitur yang ditawarkan Kampung Pulsa, cukup terkesan dengan desain dan tampilan situs Kampung Pulsa yang sederhana namun dibaliknya menawarkan berbagai fitur yang telah mengusung teknologi terkini dan merupakan inovasi baru dalam transaksi pembelian pulsa dengan memanfaatkan internet.

Secara keseluruhan,  proses registrasi, transaksi deposit maupun pembelian pulsa, dapat dilakukan dengan aman dan mudah, baik melalui Web maupun Yahoo Messenger (YM). Rencana ke depan, Kampung Pulsa juga akan menawarkan pembelian pulsa lewat Twitter (dalam tahap pengembangan).

Kampung Pulsa menyediakan beragam  jenis isi ulang pulsa dari berbagai operator seluler,  baik GSM maupun CDMA. Tersedia pulsa reguler,  SMS, dan paket internetan, yang dapat dipilih melalui daftar harga pulsa yang informatif. Pembelian pulsa untuk nominal kecil seperti 5 Ribu, 10 Ribu, 20 ribu maupun 25 ribu,  juga dilayani di  Kampung Pulsa. Harga pulsa yang ditawarkan juga relatif lebih murah dibandingkan dengan harga di kios pulsa, ATM, maupun Internet Banking.

Kampung Pulsa - Tampilan Form Transaksi Pembelian Pulsa

Proses registrasi untuk menjadi anggota Kampung Pulsa sepenuhnya tidak dikenakan biaya (free). Untuk deposit tidak ada batasan minimal, dan deposit yang telah dimiliki anggota tidak akan hangus atau expired. Beberapa fitur  yang menarik adalah histori deposit dan histori pembelian pulsa, yang sangat membantu anggota untuk melihat kembali berbagai transaksi yang pernah dilakukan lewat Kampung Pulsa, baik melalui web maupun Yahoo Messenger (YM), sekaligus sebagai alat bantu pengendalian dan monitoring pembelian pulsa dalam periode waktu tertentu.

Untuk nomor tujuan dalam pengisian pulsa, ditentukan secara bebas oleh anggota, sehingga dapat digunakan untuk isi ulang pulsa ke nomor tujuan manapun, baik milik anggota, keluarga, kerabat maupun teman / relasi. Fitur ini juga memberikan kesempatan bagi mereka yang berminat menjadi reseller pulsa untuk dapat menggunakan Kampung Pulsa sebagai situs untuk melakukan TOPUP pulsa ke pelanggan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

NihDia.com yang telah beberapa kali melakukan transaksi deposit dan pembelian pulsa lewat fitur Web maupun Yahoo Messenger (YM) yang ditawarkan Kampung Pulsa, cukup puas dengan layanan yang diberikan.  Walau pada malam hari sekalipun (sekitar pukul 10 malam), NihDia.com masih dapat melakukan transaksi deposit dan pembelian pulsa secara cepat dan aman. Untuk pengecekan transfer ke rekening Bank yang digunakan Kampung Pulsa, memang masih dilakukan validasi manual oleh staf Kampung Pulsa yang membutuhkan waktu beberapa saat.  Namun untuk pengisian pulsa ke nomor tujuan, dilakukan secara langsung dan otomatis (24 jam non-stop).

Apabila deposit telah divalidasi, anggota dapat melakukan transaksi pembelian pulsa sesuai dengan jumlah dana (voucher) yang ada di deposit.  Begitu NihDia.com selesai melakukan transaksi pembelian pulsa, baik melalui web maupun Yahoo Messenger (YM), hanya dalam hitungan detik, NihDia.com mendapat kiriman sms notifikasi di nomor tujuan bahwa TOPUP pulsa telah berhasil dilakukan, dan total pulsa saat itu telah bertambah sesuai dengan jumlah pulsa yang dibeli melalui Kampung Pulsa.

Untuk kemudahan transaksi deposit dengan transfer sejumlah dana ke rekening bank yang digunakan Kampung Pulsa (Bank Mandiri, BCA atau BNI), sangat dianjurkan untuk memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh bank melalui fasilitas internet-banking maupun phone-banking (sms-banking).

Trophy Bubu Awards V.07 Best Web Award E-Commerce untuk Kampung Pulsa

Kampung Pulsa yang diluncurkan pada tanggal 15 Mei 2011 ini, pada awalnya dikenalkan secara terbatas di lingkungan komunitas kampus. Selanjutnya dipromosikan lewat jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lainnya. Aplikasi situs Kampung Pulsa sendiri dikembangkan dengan menggunakan Java Server Pages (JSP) dengan database menggunakan PostgreSQL. Untuk waktu pengembangannya sekitar dua bulan.

“Kami juga bergabung di startuplokal.org, memasukan startup ini di showcasenya dan memperkenalkan di milis Startuplokal. Selain itu kami juga mengikuti berbagai event entrepreneur dan pameran. Kampung Pulsa sebelumnya juga telah mengikuti beberapa event diantaranya :  Online Entrepreneur Awards 2011 yang diadakan CIMB Niaga, Honda Youth Startup Icon. Juga mendaftar di Project Eden, namun belum mendapatkan kesempatan untuk menang,” ungkap Rendi.

Saat ini Situs Kampung Pulsa sudah mempunyai anggota aktif  sekitar 300 – 400 user, yang sebagian besar berdomisili di Jakarta dan Bandung. Menurut Aan pertumbuhan jumlah anggota masih relatif sedikit mengingat masih kurangnya promosi yang mereka lakukan.

Ketika NihDia.com menanyakan kapan fasilitas pembelian pulsa melalui Twitter akan diluncurkan, Aan mengungkapkan bahwa saat ini pengembangan fitur baru Kampung Pulsa, termasuk peluncuran fitur pembelian pulsa melalui Twitter, seluruhnya akan ditunda sampai rampungnya proses pembicaraan dengan calon investor yang siap masuk dan berinvestasi guna mengembangkan Kampung Pulsa.

” Alhamdulillah, saat ini kami sudah mendapatkan calon investor dari kalangan perusahaan. Untuk tahap awal, kami sedang menggodok Nota Kesepahaman (MoU) dengan calon investor dan akan memprioritaskan pada legalitas usaha terlebih dahulu. Untuk selanjutnya kami akan bekerjasama dengan investor untuk pengembangan Kampung Pulsa lebih lanjut, ” pungkas Aan.

Proyek Kampung Pulsa yang mereka rintis semasa kuliah, ternyata kelak membuahkan hasil manis serta menjadi pembuka jalan bagi mereka di dunia startup, jauh hari sebelum kelulusan mereka.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengakses situs Kampung Pulsa di http://www.kampungpulsa.com

 


Sumber :

Situs Resmi dan Profile Kampung Pulsa, Rendi Meliala, Arnanto Akbar.

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

One thought on “Menangkap Peluang Bisnis Sejak di Bangku Kuliah Ala Para Pendiri Kampung Pulsa

  1. Wah mantep ya kampungpulsa bisa jadi besar gitu mungkin kekompakan teamnya dan sudah masuk nihdia.com review online bergengsi ini, semoga kampungpulsa.com bisa menginspirasi yang lainnya, terims nihdia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*