Ancol Hadirkan Berbagai Program Unggulan Menyambut Tahun Baru 2012

Musikal Laskar Pelangi Highlights, salah satu program unggulan yang ditawarkan Ancol untuk memeriahkan Liburan Akhir Tahun 2011 serta menyambut Tahun Baru 2012

Ancol Taman Impian sebagai salah satu pusat wisata dan rekreasi permainan terbesar dan terlengkap di tanah air, kembali hadirkan berbagai program unggulan yang dirangkum dalam “Back to Beach 2011” untuk memeriahkan Liburan Akhir Tahun 2011 serta menyambut Tahun Baru 2012.

Dalam semarak di penghujung tahun 2011 ini, pengunjung Ancol akan dimanjakan dengan berbagai atraksi kreatif dan menawan diantaranya:  Ancol presents Musikal Laskar Pelangi Highlights, Dufan Defender, Russian Underwater Show, Manusia Beton Ala Limbad, dan lain sebagainya.

Selain permainan pantai yang atraktif, pengunjung juga akan disuguhkan berbagai acara hiburan yang spektakuler dan inovatif  lainnya, seperti Pesta Kembang Api di 4 Titik dan Publicity Stunt Limbad Manusia Beton yang digelar untuk memeriahkan malam pergantian tahun di Ancol Taman Impian, serta panggung  “Back to Beach 2011” yang juga turut ditayangkan secara live  oleh SCTV.

Keceriaan liburan akhir tahun di Ancol Taman Impian ini semakin lengkap dengan berbagai program hiburan menarik lainnya yang disuguhkan oleh unit-unit rekreasi Ancol Taman Impian,  seperti Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudera Atlantis Water Adventure, serta Putri Duyung.

“Kami benar-benar akan menghidupkan suasana kawasan pantai bagi keceriaan pengunjung beserta keluarga dan handai taulan mereka untuk menikmati liburan akhir tahun mereka di Ancol Taman Impian. Beragam kegiatan yang berhubungan dengan pantai dan hiburan-hiburan menarik lainnya akan kami gelar di sepanjang Pantai Ancol, termasuk pada malam pergantian tahun, ” ungkap Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJA), perusahaan pengembang kawasan wisata terpadu Ancol Taman Impian.

 

Kemeriahan di Berbagai Unit Rekreasi Ancol

Kemeriahan liburan akhir tahun di Ancol Taman Impian juga akan disuguhkan oleh berbagai unit rekreasi Ancol Taman Impian lainnya, seperti Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudera Atlantis Water Adventure, serta Putri Duyung. Di Dunia Fantasi, mulai 24 Desember 2011 hingga 7 Januari 2012, pengunjung bisa menyaksikan penampilan Musikal Laskar Pelangi Highlights di RamaShinta Hall,  serta film animasi terbaru Dufan yaitu “Dufan Defender Live Show” yang bercerita tentang super hero Dufan Defender menjelajah angkasa di Panggung Maksima Dunia Fantasi.

Pertunjukan “Musikal Laskar Pelangi Highlights” yang berdurasi sekitar 60 menit, bisa disaksikan pengunjung Dufan di Ramashinta Hall tanpa dikenakan biaya tambahan (gratis). Pada hari Sabtu  &  Minggu (weekend) akan diadakan 2 kali pertunjukkan yaitu  pukul 14.00 dan 16.30 WIB, sedangkan pada hari Senin s/d Kamis (weekdays), hanya 1 kali pertunjukkan pada pukul 14.00 WIB. Tiket masuk Dufan saat ini dibanderol Rp. 180 Ribu yang merupakan tiket terusan untuk menikmati berbagai wahana di Dufan,  sedangkan tiket masuk Ancol Rp. 15 Ribu.

“Penampilan Musikal Laskar Pelangi di Dunia Fantasi merupakan wujud komitmen Ancol Taman Impian dalam menyuguhkan program hiburan yang mendidik dan menarik bagi masyarakat. Ini  adalah perrtunjukan musik yang luar biasa untuk ditonton oleh anak-anak maupun orang dewasa karena akan memberi pembelajaran yang berharga, tidak hanya dari tema dan semangat yang ditampilkan dalam ceritanya, namun juga kreatifitas dari orang-orang yang terlibat dalam terwujudnya musikal ini,” tutur Budi Karya Sumadi.

Selama liburan akhir tahun di Ancol Taman Impian, pengunjung juga bisa menikmati  beragam permainan air yang dikemas dalam Water Carnaval di Atlantis Water Adventure (AWA) pada 25 Desember 2011 hingga 1 Januari 2012. Pada acara ini, pengunjung  AWA juga berkesempatan mendapat berbagai hadiah menarik dari Santa Klaus.

Acara menarik  lainnya juga siap disuguhkan Ocean Dream Samudera. Mulai 17 Desember 2011 hingga 15 Januari 2012, setiap harinya selama 20 menit pengunjung dapat menyaksikan Russian Underwater Show  yang menampilkan tarian balet air ala penari Rusia dengan pesan moral untuk mencintai lingkungan, khususnya laut dengan segala isinya.

 

Sebagai kawasan rekreasi terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara, Ancol Taman Impian ingin selalu dekat dengan para pengunjungnya yang berasal dari segala lapisan masyarakat. Karena itu, kami ingin selalu menampilkan hiburan-hiburan yang semarak kepada pengunjung agar Ancol menjadi lokasi pilihan utama dalam mengisi masa liburannya (Budi Karya Sumadi – Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol)

 

Ancol Presents – Musikal Laskar Pelangi Highlights

Selama masa liburan akhir tahun 2011,  Dunia Fantasi (Dufan) kembali mempersembahkan sebuah inovasi dengan menyuguhkan pertunjukkan musikal besar di Indonesia, yaitu Musikal Laskar Pelangi Highlights yang merupakan kolaborasi ciamik enam insan kreatif Indonesia berkaliber Internasional.

Nama-nama seperti Mira Lesmana, Riri Riza, Erwin Gutawa, Jay Subyakto, Toto Arto, Hartati merupakan enam nama besar dibalik kesuksesan Musikal Laskar Pelangi (MLP) yang kini tampil dengan format baru bertempat di Ramashinta Hall – Dufan,   mulai tanggal 24 Desember 2011 hingga 7 Januari 2012.

“Nama Laskar Pelangi merepresentasikan sebuah karya seni anak bangsa Indonesia yang mendapat sambutan publik yang luar biasa baik di kancah nasional maupun internasional. Kesuksesan Laskar Pelangi ini merupakan sebuah rantai  kesuksesan yang fenomenal dari kesuksesan sebuah karya novel Andrea Hirata, kesuksesan karya film, dan saat ini kesuksesan kembali sebuah karya musikal. ” ungkap Budi Karya Sumadi.

Budi Karya Sumadi menambahkan, bagi Dufan sendiri penampilan Musikal Laskar Pelangi Highlights ini juga untuk memberi kesempatan seluasnya kepada pengunjung yang belum sempat menyaksikan pertunjukan menarik dan edukatif ini sebelumnya.  Selain tema ceritanya sangat berbobot karena menampilkan semangat pantang menyerah dan persahabatan,  pertunjukan  ini juga didukung oleh orang-orang yang terbaik di bidangnya.

Dengan membeli tiket Dunia Fantasi, maka pengunjung dapat langsung menyaksikan pertunjukkan Musikal Laskar Pelangi Highlights bertempat di Ramashinta Hall dengan kapasitas sekitar 2 ribu pengunjung sekali pertunjukkan. Musikal Laskar Pelangi Highlights akan tampil dengan satu kali pertunjukkan pada saat  weekdays (Senin-Kamis), yaitu : 14.00-15.00 WIB dan dua kali pertunjukkan saat weekend (Sabtu-Minggu) yaitu  yaitu pukul 14.00 – 15.00 WIB dan 16.30 – 17.30 WIB.

 

 

Mira Lesmana, selaku produser sekaligus penulis lirik dan naskah, sangat antusias untuk menghadirkan kembali pertunjukkan ini di Ancol, yang kali ini dikemas dengan durasi lebih pendek dari biasanya, “Kami menyadari karakter pengunjung Dufan yang ingin merasakan sebanyak mungkin wahana dalam sekali kunjungan, oleh karena itu Musikal Laskar Pelangi yang biasanya berdurasi lebih dari 2 jam kini kami buat dalam versi sekitar 1 jam. Lebih singkat, tapi justru bertambah seru dan menghibur!”

Antusiasme yang sama juga ditunjukkan Toto Arto, produser pertunjukkan ini, “Dufan dan Ancol memiliki reputasi tersendiri sebagai pusat rekreasi, yang tentunya akan menjadi lokasi strategis untuk memberikan kesempatan bagi lebih banyak penonton menyaksikan sendiri keistimewaan Musikal Laskar Pelangi Highlights di penghujung tahun nanti.”

Bukanlah tugas mudah untuk mengemas pertunjukkan 18 babak menjadi 10 babak, namun hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk sang sutradara, Riri Riza.  “Musikal Laskar Pelangi Highlights memberi kami kesempatan untuk kembali berkreasi membuat versi yang walaupun lebih singkat dari aslinya, namun justru akan memberikankan nafas baru dalam pertunjukan ini hingga semakin exciting baik bagi kami pencipta dan pemainnya dan terutama juga untuk penontonnya, ” ungkapnya.

Koreografer pertunjukkan ini, Hartati, menambahkan, “Musikal Laskar Pelangi Highlights akan tampil lebih memikat! Akan ada banyak penyesuaian gerak dan blocking panggung yang baru, sehingga akan tetap segar bagi penonton yang bahkan sudah menyaksikan pertunjukan ini sebelumnya.”

Production designer Jay Subyakto pun kembali turun tangan merancang ulang tata letak dan efek visual yang sesuai dan tak kalah hebatnya dengan pertunjukkan-pertunjukkan sebelumnya. Sementara, komposer dan penata musik pertunjukkan ini, Erwin Gutawa, akan kembali menunjukan kepiawaiannya serta melakukan penyesuaian untuk  Musikal Laskar Pelangi Highlight yang berdurasi 60 menit ini, untuk memastikan lantunan suara merdu dari keseluruhan 55 pemain  yang terdiri dari 20 pemain anak dan 35 pemain dewasa, akan selalu tampil prima.

Sang penulis novel, Andrea Hirata, berharap semua anak Indonesia dapat menyaksikan sendiri pertunjukkan istimewa ini.  “Musikal ini sarat dengan budaya Indonesia, sangat memukau dan menghibur, sekaligus memberi motivasi positif bagi siapapun yang menontonnya,” ungkapnya.

Penampilan Musikal Laskar Pelangi di Ramashinta Hall Dufan adalah penampilan kali keempat di hadapan publik. Sebelumnya, pada bulan Desember 2010, musikal ini tampil pertama kali di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, dan kembali mendulang kesuksesan dalam pertunjukkan keduanya di tempat yang sama pada pertengahan tahun 2011. Awal bulan Oktober lalu, Musikal Laskar Pelangi ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia saat tampil di Esplanade, Singapura, dan akhir tahun ini mereka hadir kembali di Jakarta, hanya di Ancol Taman Impian.

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini mengisahkan kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang berupaya menuntut ilmu di sebuah sekolah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya adalah Sang Pemimpi, Endesor, dan Maryamah Karpov. Buku ini tercatat sebagai buku sastra yang sangat populer, dibaca oleh lebih dari 5 juta orang dan telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dengan judul “The Rainbow Troops“.

Pada tahun 2008, Miles Productions mengangkat cerita Laskar Pelangi ke layar perak dan film ini berhasil menjadi salah satu film terlaris sepanjang sejarah perfilman Indonesia, mencatat rekor hampir 4,6 juta penonton, menjadikannya film terbanyak ditonton di antara film-film Indonesia populer dalam 10 tahun terakhir. Tahun 2010, Miles Productions & Link Entertainment mengadaptasi buku dan film laris ini ke dalam pertunjukan Musikal Laskar Pelangi yang digelar pertama kali pada Desember 2010 di Teater JakartaTaman Ismail Marzuki Jakarta. Sejak akhir Desember 2011, Laskar Pelangi juga hadir dalam format drama berseri di televisi yang ditayangkan oleh SCTV (Laskar Pelangi The Series).

 

Kemeriahan di Pantai Ancol

Serangkaian program acara menarik dan spektakuler yang digelar selama 25 Desember 2011 hingga 1 Januari 2011, akan bisa dinikmati pengunjung  di sepanjang  kawasan Pantai Ancol, mulai dari Pantai Festival, Pantai Indah, Beach Pool, hingga Pantai Karnaval.  Berbagai macam permainan pantai atraktif dan interaktif,  pagelaran musik modern dan etnik, pemutaran film, serta  pesta kembang  api di 4 (empat) titik  pada malam pergantian tahun juga akan memeriahkan liburan akhir tahun para pengunjung Ancol Taman Impian.

“Ancol Taman Impian terus berupaya memanjakan pengunjungnya dengan menghadirkan program hiburan yang menarik, spektakuler, dan inovatif untuk dinikmati. Persembahan acara ini kami harapkan dapat melebihi ekspektasi pengunjung dalam merayakan liburan akhir tahun di Ancol Taman Impian,”  tutur  Budi Karya Sumadi.

Selama pekan liburan akhir tahun mulai 25 Desember 2011 hingga 1 Januari 2012, pengunjung Beach Pool dapat menikmati program Fun On Beach dengan acara Morning Fun Beach digelar setiap Minggu pagi, serta Beach Live Music. Pada Morning Fun Beach, pengunjung bisa mengikuti permainan pantai yang atraktif dan interaktif  (balap karung, lomba bangun istana pasir, tarik tambang dan lainnya), Water Fun Dance, dan Fun Beach Playground yang diiringi Beach Live Music (Top 40, Reggae), serta Fun Family Karaoke.

 

Atraksi Spektakuler Detik-Detik Pergantian Tahun

Penampilan spektakuler Limbad dalam Seaside Midnight Carnival di Pantai Festival akan menghibur pengunjung pada Sabtu, 31 Desember 2011, dari pagi hari hingga menjelang detik-detik pergantian tahun. Dalam live program bertajuk  Publicity Stunt Limbad Manusia Beton,  pengunjung dapat menyaksikan atraksi  pengecoran hampir sekujur tubuh Limbad  dengan semen yang prosesinya dimulai pukul 11.00 dan berakhir pada pukul 23.30 WIB.

Kecerian pengunjung menikmati malam pergantian tahun di Ancol Taman Impian juga akan bertambah dengan suguhan atraksi Sea Side Fire Works, berupa Pesta Kembang Api di 4 Titik pada detik-detik pergantian tahun. Pesta kembang api tahun di 4 titik pada kawasan Ancol Taman Impian dan merupakan pesta kembang api akhir tahun terbesar pertama ini akan berlangsung di Pantai Indah, Dermaga Putri Duyung, Dermaga Beach Pool, dan Pantai Carnival pada pukul 24.00 WIB.

Semarak malam pergantian tahun di Ancol Taman Impian juga dimeriahkan dengan kehadiran panggung konser musik “Back to Beach 2011” di Pantai Carnaval yang juga ditayangkan langsung SCTV. Beberapa penyanyi dan grup musik terkenal seperti Vidi Aldiano, Maudi, Ungu, Wali, Cherrybella, Dragonboyz dan lainnya akan tampil menghibur pengunjung mulai pukul 22.00 hingga 01.00 WIB.

Di sela-sela konser musik ini,  Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo bersama pejabat Muspida DKI, dan jajaran Direksi PJA direncanakan tampil di atas panggung  untuk menyampaikan sambutan akhir tahunnya kepada warga Jakarta. Sebelumya, Gubernur juga dijadwalkan akan menyerahkan penghargaan kepada pemerhati lingkungan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat diakses melalui situs resmi Ancol Taman Impian.

 


Sumber : Website Resmi / Siaran Pers Ancol, YouTube, Liputan6.com

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori “Entertainment Application”. Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*