Hati-Hati! Virus Facebook Sebarkan Tautan Video Tidak Pantas

Jangan pernah mengklik tautan video seperti ini pada dinding (wall) Facebook Anda. Bila terlanjur mengklik, Browser Anda akan terjangkit virus yang secara otomatis akan menyebarluaskan tautan video tidak pantas seperti ini ke seluruh teman-teman Facebook Anda.

Banyak pengguna Facebook,  akhir-akhir ini dikejutkan oleh menyebarnya posting berisi tautan video tidak pantas  di dinding (wall) mereka maupun teman-teman mereka. Tentu hal ini sangat meresahkan dan mengganggu privasi dan kenyamanan  mereka yang selama ini memanfaatkan Facebook sebagai jejaring sosial, baik sebagai pribadi maupun perusahaan / lembaga / institusi.

Semua itu merupakan ulah situs-situs tidak bertanggung jawab yang mengirim tautan video tidak pantas (virus) ke berbagai pengguna jejaring sosial Facebook. Bagi pengguna Facebook yang penasaran dan kurang berhati-hati dalam mengakses informasi, tentu akan mengklik tautan tersebut.  Tanpa disadari, mereka akan diarahkan ke situs berbahaya yang akan menginstall  program ekstensi (add-on) pada browser mereka. Program ekstensi ini kemudian akan memperbanyak dirinya dengan mengirim kembali tautan berisi video tersebut ke seluruh pengguna facebook lainnya yang tercantum dalam daftar teman dari akun facebook korbannya.

Sebutlah pengguna Facebook bernama Joko (bukan nama sebenarnya), yang sehari-hari berprofesi sebagai tenaga pengajar. Joko dalam beberapa hari ini sibuk melayani berbagai komplain dari teman-temannya di  Facebook. Pasalnya, Joko telah memposting tautan video tidak pantas di dinding (wall) mereka. Joko pun dengan sangat malu dan risih berusaha menjelaskan bahwa akun miliknya terjangkit virus berbahaya, yang secara tidak terkendali mengirim tautan berisi video tak pantas ke seluruh teman-temannya di  Facebook.

Ini berawal ketika Joko beberapa hari yang lalu mendapatkan kiriman tautan video dari salah seorang murid.  Ia pun kemudian mengklik tautan tersebut karena rasa penasaran akan video yang dikirimkan oleh sang murid. Tanpa disadari hal tersebut justru membuatnya mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan. Apalagi dari waktu ke waktu, mereka yang komplain semakin banyak. Sementara Joko belum menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Bagi Anda yang terlanjur mengklik tautan video tersebut dan menjadi korban virus Facebook seperti halnya yang dialami Joko di atas, berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut :

  • Uninstall program ekstensi (add-on)  “youtube premium” pada browser Anda. Untuk Google Chrome, pilih menu Tools kemudian sub menu Extension. Untuk FireFox / Mozilla, pilih menu Tools kemudian sub menu Add-ons
  • Restart browser Anda
  • Hapus posting tautan video tidak pantas ini dari dinding (wall) Anda, terlebih dari dinding (wall) teman-teman Anda (apabila posting tersebut terkirim dari akun Facebook Anda akibat ulah virus).  Hal ini untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut
  • Share informasi  ini kepada pengguna Facebook lainnya (teman-teman Anda), agar mereka waspada dan lebih berhati-hati dalam mengakses informasi di Facebook

 


(Dari Berbagai Sumber)

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori “Entertainment Application”. Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

2 thoughts on “Hati-Hati! Virus Facebook Sebarkan Tautan Video Tidak Pantas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*