Jelang Pergelaran BETA CINTA INDONESIA, 4 Dekade Mahakarya Guruh Sukarno Putra

Guruh Sukarno Putra, Erwin Gutawa, Kinarya GSP, Djarum Foundation dan Para Pendukung Pergelaran BETA CINTA INDONESIA saat konferensi pers (12/10). Dari kiri ke kanan : 1.Widi Mulia (Be3) - Artis Pendukung 2. Cynthia Lamusu (Be3) - Artis Pendukung 3. Riafinola Ifanisari (Be3) - Artis Pendukung 4. Tike Priyatna Kusumah - Artis Pendukung 5. Renitasari - Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation 6. Guruh Sukarno Putra - Konseptor dan Pengarah Seni 7. Erwin Gutawa - Music Director 8. Yessi Haryanda - Produser 9. Netta - Artis Pendukung 10. Alex Hassim - Creative Director

Pergelaran kolosal bertajuk BETA CINTA INDONESIA persembahan Kinarya GSP  dan Djarum Apresiasi Budaya (Djarum Foundation) yang menyajikan petikan pergelaran karya cipta Guruh Sukarno Putra sekaligus menandai 4 dekade sang Maestro Seni & Budaya ini berkiprah dan berkarya di bidang seni,  akan digelar pada tanggal 21-23 Oktober 2011 di Teater JakartaTaman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Guruh Sukarno Putra, yang pada tahun lalu menerima Penghargaan Lifetime Achievement pada ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2010,  merupakan seniman besar milik negeri ini yang secara konsisten dan penuh dedikasi berhasil memadukan adiluhung kekayaan seni budaya khas Indonesia dengan berbagai sentuhan kreatif dan modern dalam setiap kreasi mahakarya yang diciptakannya, baik dalam bentuk syair / lagu, musik, tarian / koregrafi, paduan suara, maupun seni pertunjukan.

Jika menjajaki napak tilas berbagai prestasi international yang telah diukirnya seperti, melalui lagu KembalikanBaliku dengan meraih Kawakami Award dan Audience Selections Award di World Popular Song Festival 1987 di Tokyo, Jepang, Guruh berhasil mengangkat nama Indonesia di dunia seni internasional. Dan di bawah naungan Swara Mahardika, Guruh juga berhasil melahirkan ratusan artis yang sekarang sukses.  Maka tidaklah berlebihan jika Guruh Sukarno Putra menyandang predikat sebagai sang Maestro Seni dan Budaya Indonesia.

Berbagai pergelaran karya cipta Guruh Sukarno Putra berhasil menarik banyak perhatian masyarakat antara lain Pergelaran Karya Cipta Guruh Soekarno Putera 1 (1979), Untukmu Indonesiaku (1980), Cinta Indonesia (1984), Gilang Indonesia Gemilang (1986), Pergelaran Kolosal: Gempita Swara Mahardhika dalam rangka 10 tahun Swara Mahardika (1987), pertunjukkan kolosal ‘JakJakJakJak’ Jakarta dalam rangka ulang tahun Jakarta ke 462 tahun, Legong Surapati (1998), Konser 100 Tahun Bung Karno (2001), Sri Panggung (2002), Lelaki Super (2003) dan  Mahadaya Cinta (2005).

 

Buat saya, seni adalah salah satu alat perjuangan. Perjuangan untuk bangsa, dan lebih luas lagi perjuangan untuk kemanusiaan secara mendunia. Tampilnya pergelaran ini adalah desakan dari ratusan seniman untuk menampilkan kembali karya saya serta memberikan motivasi bagi anak-anak Negeri… (Guruh Sukarno Putra)

 

Untuk Pergelaran BETA CINTA INDONESIA ini,  Kinarya GSP menggandeng Djarum Apresiasi Budaya yang secara berkesinambungan telah mendukung beragam kegiatan di bidang  seni dan budaya Indonesia,  untuk bersama mewujudkan kelestarian budaya khas Indonesia agar dapat dinikmati serta dilanjutkan kepada generasi penerus.

“Semoga pergelaran ini selain menghibur juga dapat mengingatkan kembali akan kekayaan keragaman seni budaya di Indonesia dan membuat kebanggaan bagi para pekerja seni yang terlibat dan juga penonton, bahwa seni pertunjukkan di Indonesia tidak kalah dibandingkan dengan diluar negeri, ” tutur Renitasari, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Seniman senior, Butet Kartarejasa mengemukakan, “Guruh Sukarno Putra telah mengelola seni dengan baik, pergelaran ini merupakan hasil dari konsistensinya sebagai seniman besar yang memperjuangkan seni dan budaya di Indonesia. ”

BETA CINTA INDONESIA akan dimeriahkan oleh: Vina Panduwinata, Once, Tompi, Vidi Aldiano, B3, Butet Kartarejasa, Asri Welas, Tike Priyatna Kusumah, Netta, Yati Pesek dan Erwin Gutawa Orkestra, serta Para Penari dari Kinarya GSP. Pergelaran yang kental dengan seni budaya ini juga akan menampilkan Lagu Janger, Smaradahana dan Melati Suci, lengkap dengan tariannya yang dulu begitu berkesan di hati para penonton yang tentunya dengan gubahan yang lebih “kini”.

Sang Maestro Seni Budaya Indonesia Guruh Sukarno Putra dengan poster Pergelaran BETA CINTA INDONESIA

Jelang pergelaran yang tinggal beberapa hari saja, Yessi Haryanda selaku Produser Pergelaran ini, saat dihubungi NihDia.com menjelaskan, seluruh pendukung pergelaran BETA CINTA INDONESIA sepenuhnya telah siap dan akan memberikan yang terbaik untuk pergelaran nanti, yang diharapkan dapat menghibur sekaligus memenuhi keinginan dan permintaan kalangan pecinta seni dan budaya Indonesia yang selama ini mengagumi dan merindukan karya cipta Guruh Sukarno Putra.

“Yang akan ditampilkan nanti adalah petikan / cuplikan  dari pergelaran-pergelaran Mas Guruh sebelumnya, dengan aransemen yang telah diperbarui serta tata panggung yang baru dan modern.  Secara keseluruhan pergelaran ini akan berdurasi 120 menit dengan jeda istirahat selama 20 menit.” ungkap Yessi Haryanda.

Ketika NihDia.com menanyakan kondisi kesehatan Mas Guruh menjelang pergelaran ini, Yessi menuturkan, “Kondisi Mas Guruh sendiri saat ini sangat prima, walaupun terlihat sedikit kurus.”

“Persiapan pergelaran BETA CINTA INDONESIA yang cukup matang dan lama, memang cukup melelahkan, namun hal tersebut bukan menjadi halangan bagi Mas Guruh dan seluruh pendukung pergelaran ini, untuk memberikan yang terbaik dalam mempersiapkan pergelaran BETA CINTA INDONESIA ini,”  pungkas Yessi Haryanda.

Melalui pergelaran ini, lagi-lagi putra bungsu mantan Presiden Republik Indonesia pertama ini akan kembali menorehkan sejarah dalam seni dan budaya, menunjukan kekuatan mahasaktinya terhadap seni yang sudah bersemayam di peraduan nalurinya yang turut mewarnai wajah budaya Indonesia, karena baginya dunia hampa tanpa seni.

Bagaimana bila ingin menyaksikan pergelaran BETA CINTA INDONESIA yang tinggal beberapa hari lagi? Rian dari TiketNonton.com yang ditunjuk sebagai pengelola ticketing dan seat arrangement pada pergelaran ini menginformasikan, “Bagi mereka yang ingin membeli tiket untuk pergelaran tanggal 21-23 Oktober 2011, dapat langsung membeli tiket dan memilih kursi yang masih tersedia di Kantor TiketNonton.com, Jl. Dempo I No.74 Mayestik Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Telp (021) 7220158. Adapun harga tiket pergelaran BETA CINTA INDONESIA bervariasi antara 350 Ribu Rupiah hingga 1,5 Juta Rupiah.”

“Jumlah tiket yang tersedia saat ini semakin terbatas dan cukup sulit memilih kursi yang diinginkan via telp. Jadi silahkan datang ke kantor kami untuk langsung membeli tiket dan memilih kursi yang masih tersedia,” jelas Rian.

Untuk informasi terkini seputar pergelaran BETA CINTA INDONESIA, dapat diikuti melalui akun Twitter :  @KinaryaGSP dan @GSPBETACINTA

 

Sekilas tentang PT GENCAR SEMARAK PERKASA 

PT GENCAR SEMARAK PERKASA berdiri pada 22 Februari 1988, dimotori oleh Guruh Sukarno Putra – orang muda Indonesia yang menghadirkan nafas baru pertunjukan seni dengan menggerakkan kaum muda yang cinta budaya. Hingga kini PT GENCAR SEMARAK PERKASA identik dengan berbagai pertunjukan seni dan misi budaya, baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan terdaftarnya PT GENCAR SEMARAK PERKASA sebagai salah satu asosiasi impresariat dan memperoleh lisensi mendatangkan artis luar negeri maupun mengirim artis Indonesia ke mancanegara, maka makin kokohlah  PT GENCAR SEMARAK PERKASA hadir ditengah-tengah kita.

Dalam dunia pertunjukan yang dilihat tidak hanya gemulainya penari, tapi juga keindahan cahaya lampu serta keapikan tata panggung. Dunia pertunjukan merupakan gabungan ide yang matang, personil berpengalaman, serta teknisi yang piawai dibidangnya. Unsur terpenting itu bisa ditemukan pada PT GENCAR SEMARAK PERKASA, KINARYA GSP dan TALENTA GSP. Dengan rendah hati PT GENCAR SEMARAK PERKASA berhasil menggenggam semua unsur penting dunia pertunjukkan dan seni promosi, dalam warna modern maupun klasik Indonesia.

 

Sekilas tentang Djarum Apresiasi Budaya

Djarum Apresiasi Budaya menginterpretasikan seni budaya dalam keragaman bentuk dengan melakukan berbagai usaha untuk memperkenalkan, mengembangkan dan memelihara warisan luhur budaya bangsa, antara lain dengan mendukung beberapa pergelaran seni, musikal drama, pentas drama sinema, sastra dan seni rupa.

Djarum Apresiasi Budaya berdiri sejak 1992, mempunyai misi meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap kekayaan budaya Indonesia. Dukungan Djarum Apresiasi Budaya baru-baru ini pada beberapa pementasan seni budaya diantaranya: Teater Koma “Sie Jin Kwie”, ‘Jakarta Love Riots’, Ali Topan The Musical, Indonesia Kita, Sangkala 9/10 dan Jabang Tetuko.

Djarum Apresiasi Budaya juga mendukung program lain seperti “Indonesia Exploride”, yaitu perjalanan menjelajahi negeri Indonesia dengan konsep yang unik dan penuh tantangan, yang dilakukan oleh seorang biker, beserta tim yang mendokumentasikan petualangannya melalui video, foto dan jurnal. Penjelajahan bukan hanya semata mengunjungi suatu tempat, namun juga melibatkan proses mengenal lebih dalam tentang sejarah, hasil budaya, serta kekayaan panorama alam daerah tersebut. Bahkan program penjelajahan ini juga didukung oleh puluhan artis yang berasal dari daerah-daerah yang disinggahi. Artis-artis inilah yang menjadi sahabat dari Tim “Indonesia Exploride” untuk berkunjung dan memperkenalkan hasil budaya dari daerah asalnya masing-masing.

Selain itu Djarum Apresiasi Budaya melakukan usaha untuk memperkenalkan dan mengembangkan Batik Kudus sebagai salah satu warisan budaya, dengan bekerjasama melalui Perkumpulan Rumah Pesona Kain, melakukan kegiatan untuk membina para pembatik Kudus, meningkatkan dan melestarikan industri Batik Kudus yang hampir punah.

 


Sumber:  Yessi Haryanda, Siaran Pers / Twitter Pergelaran BETA CINTA INDONESIA, TiketNonton.com

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*