Pemenang IYCE Award 2011

 

IYCE 2011

Malam puncak International Young Creative Entrepreneur (IYCE) Award 2011 telah digelar di Jakarta Convention Center Rabu malam (6/7-2011).

Acara malam penganugerahan IYCE Award tahun 2011 yang diselenggarakan oleh British Council bekerja sama dengan Nokia Indonesia ini mengambil lokasi di panggung utama Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2011, dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PPKI hari pertama. PPKI sendiri akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 10 Juli 2011 dengan tiga agenda utama yaitu konvensi/seminar, gelar budaya dan pameran produk / jasa kreatif.

Pada malam penganugerahan yang sudah ditunggu-tunggu seluruh finalis IYCE Award 2011 ini, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Country Director British Council Indonesia Keith Davis, dan Perwakilan Nokia Indonesia berkesempatan hadir mengikuti acara sekaligus menyerahkan penghargaan secara langsung kepada para pemenang disaksikan oleh seluruh peserta, undangan dan pengunjung PPKI.

British Council secara khusus juga menghadirkan Tom Box pendiri Blue Zoo Animation Studio Inggris yang banyak menggarap film animasi dengan berbagai penghargaan internasional. Kepada para peserta dan undangan, Tom Box berbagi pengalamannya mengembangkan film animasi komputer yang banyak digunakan di berbagai stasiun televisi. Sebelumnya Tom Box juga menjadi pembicara dalam berbagai forum workshop yang diadakan oleh British Council bekerja sama dengan berbagai lembaga / institusi, asosiasi dan insan kreatif animasi Indonesia.

Pemenang ICYE Award dan Nokia Entrepreneur Fellowship 2011

Setelah melalui berbagai tahapan kompetisi dan penjurian yang ketat, akhirnya Dewan Juri IYCE Award 2011 yang terdiri dari para pakar di bidangnya yaitu: Arif Suditomo (Pemimpin Redaksi RCTI), Edward Hutabarat (Fesyen Desainer), Nukman Lutfie (Pakar Interaktif dan Social Media), Imelda Akmal (Arsitek, Penulis), dan lain-lain, menetapkan 4 orang jawara IYCE Award 2011 yang akan mewakili Indonesia ke ajang kompetisi IYCE Award 2011 di London Inggris, serta 1 orang pemenang pada kategori Nokia Entrepreneur Fellowship.

Selamat kepada para pemenang IYCE Award 2011…

 

DESAIN

FINALIS IYCE AWARD 2011 – KATEGORI DESAIN

    • PEMENANG: Joshua Simandjuntak, founder, principal, managing director dan senior designer, itu adalah jabatan yang diemban Joshua di Zylia Design Studio. Meski sibuk menangani klien di Indonesia, Amerika dan Eropa, perusahaan ini tetap menjaga kualitas produk dari bisnis furniture design-nya, hingga mendapat Gold Award pada acara Indonesia Good Design Selection yang diselenggarakan Kementerian Industri Republik Indonesia.

 

    • Ary Wibowo adalah pemilik dan direktur kreatif dari perusahaan desain dan arsitektur bernama Ari & Teman – Architects and Designers. Mantapnya, perusahaan ini fokus pada usaha membuat fasilitas dan bangunan bagi para kaum ekonomi lemah dan anak jalanan! Kliennya? Terpampang dari Indonesia sampai ke Jerman sana!

 

    • Happy Astidiana Paramitasari adalah pemilik CV. Citramedia & Partners, perusahaan yang menyediakan jasa konsultansi di bidang desain produk dan furniture untuk perusahaan skala kecil dan medium. DESIGN-TRASH, adalah salah satu program perusahaan ini dalam usaha membiasakan tradisi recycle. Keren yah!

 

    • Mufti Alem adalah Pemilik dan R & D Director dari Greeneration Indonesia, perusahaan yang fokus pada pemasaran gaya hidup yang sifatnya eco-friendly. Berbagai desain produk dan program sudah diselenggarakan perusahaan ini, salah satu yang sedang berjalan adalah baGoes, tas daur ulang yang mendorong kita untuk berbelanja dengan cara yang lebih ramah lingkungan, alias nggak buang-buang plastik!

 

    • Stephanus Evert Indrawan adalah pemilik perusahaan desain dan arsitektur Evtline Atelier. Dengan kekuatan komunikasi secara online melalui internet, social media, blog dan chatting rooms, perusahaan ini mampu mengakomodasikan kebutuhan kliennya akan bangunan yang kuat, hemat energi dan ramah lingkungan!

 

FESYEN

FINALIS IYCE AWARD 2011 – KATEGORI FESYEN

    • PEMENANG: Aria Rajasa adalah pemilik dan direktur dari Gantibaju.com, perusahaan T-shirt pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan metode crowdsourcing (menggunakan banyak tenaga kerja outsource) dalam membuat designnya. Melalui website, para pengunjung bisa membuat desain T-shirtnya sendiri, untuk kemudian di-vote oleh pengunjung lainnya. Kemudian, T-shirt dengan vote terbanyak akan diproduksi. Gokilnya, sebanyak 20,000 desainer sudah bergabung di perusahaan ini!

 

    • Affiah Assegaf adalah pemilik FemaleDaily Network, penyedia ruang di dunia virtual yang menjaring dan membahas berbagai topik tentang perempuan dan segala kebutuhannya. Empat websites yang dipayungi perusahaan ini sudah punya ribuan visitor tetap setiap harinya, yaitu femaledaily.com, fashionesedaily.com (fashion, beauty & lifestyle), mommiesdaily.com (parenting & family) dan popsdaily.com (celebrities style).

 

    • Febby Arhemsyah M adalah pendiri dan pemilik TwoClothes Skateboard Industries ini memulai usahanya di tahun 1998 dengan modal sebesar Rp 500,000 saja. Tujuannya sederhana, untuk mengakomodasikan komunitas skateboard Bandung yang saat itu belum punya clothing line tetap. Clothing, tas, skateboard, adalah produk-produk yang dihasilkannya, dan dijual hingga Malaysia dan Singapore. Febby juga berperan sebagai Program Director di Bandung Creative Entrepreneur Network (CEN) sejak tahun 2008.

 

    • Samira Mochammad Bafagih, dengan pendidikan fashion yang dimilikinya, Samira membuat Tuneeca dan hingga kini bertindak sebagai pendiri, pemilik dan desainernya. Tuneeca adalah perusahaan fashion yang modern dan etnis. Customer-nya tersebar di seluruh Indonesia, Timur Tengah, Asia, Australia dan Eropa. Samira juga aktif berkegiatan di TDA (Tangan Di Atas), komunitas entrepreneur yang memiliki visi untuk membangun dan membantu para entrepeneur baru.

 

    • Theresia Alit Widyasari adalah pemilik dan Marketing Director dari Bloop and Endorse, distro yang mengusung label indie untuk street wear yang digemari anak muda nusantara. Lebih dari 1,000 orang pengunjung dan pembelinya di hari biasa, dan hampir 2,500 orang saat weekend! Widi Vierra, Bagus Netral, Naif, dan Kerispatih adalah beberapa nama yang di-endorse perusahaan ini. Saat ini, Alit yang pernah jadi finalis pada IYCE Fahsion 2008 sedang sibuk mengerjakan “Be U Radio” (Bloop Endorse Urbie Radio), konsep kolaborasi bersama Mustang FM, dimana penyiarnya dipilih dari para pengunjungnya sendiri. Seru!

 

INTERAKTIF

FINALIS IYCE AWARD 2011 – KATEGORI INTERAKTIF

    • PEMENANG: Affiah Assegaf, sama dengan Aria, Affiah pun terpilih juga di kategori Interaktif, karena ia menjalankan FemaleDaily Network murni lewat forum-forum online. Saat ini membernya melebihi angka 21,000 orang! Bahkan sebagian membernya mampu membuat usaha setelah berjumpa dengan member lain dari forum yang dibuat Affiah.

 

    • Aria Rajasa, kenapa Aria Rajasa masuk juga di kategori ini selain di kategori Fashion seperti yang sudah ditulis di atas? Karena nggak salah kan untuk masuk dua kategori, asal usaha yang diusungnya memenuhi kualifikasi? Aria terpilih pula di kategori Interaktif, karena ia mampu menjalankan usahanya hanya melalui koneksi di dunia maya. Mantap!

 

    • Ryan Koesuma adalah pemilik dan direktur dari Deathrockstar.info media online alternatif yang fokus di bidang musik. Pengunjung web yang memuat semua materi, informasi, review dan forum tentang musik ini sangat beragam dan datang dari 36 negara di seluruh dunia! Banyaknya? Sampai 80,000 orang per bulan! Dan kerennya lagi, Ryan belajar web developing nggak jauh-jauh, cuma ngulik sendiri aja!

 

    • Tuhu Nugraha Dewanto, sebagai Social Media Specialist di Virtual Media Nusantara, Tuhu sangat ahli dalam membuat strategi pemasaran secara online, desain kreatif, teknologi web serta e-commerce. Salah satu inovasi yang dilakukan Tuhu adalah membuat reality show online pertama di Indonesia untuk sebuah produk kesehatan yang menggunakan kampanye terintegrasi, mulai dari blog, media sosial, kegiatan-kegiatan offline dan press conference. Prestasinya? Tuhu mampu menjadi satu dari sekian banyak finalis dari Young Marketer Champions yang diselenggarakan Indonesian Marketing Association.

 

    • Vedie Bellamy Budiman, Art Director dan Partner dari Maginit Creative ini menjadi satu front-man dari perusahaannya, yang bergerak di bidang Video Multimedia, 3D Design and Animation, Web Design dan Event Organizing. Saat itu, menggabungkan animasi 3D dan multimedia adalah hal yang jarang, jadi Maginit Creative adalah salah satu pionirnya!

 

SCREEN/FILM

FINALIS IYCE AWARD 2011 – KATEGORI SCREEN/FILM

    • PEMENANG: Arvin Miracelova adalah CEO dari Student Music Television (SMTV), itu dia identitas seorang Arvin. Program TV yang membuka peluang untuk para pelajar dan musisi untuk berkolaborasi dalam konten musik yang melatarbelakangi isu pariwisata, budaya, lingkungan dan kemanusiaan. Ribuan pelajar telah berkolaborasi dengan lebih dari 52 musisi terkenal berkat SMTV. Hasilnya pun telah dipublikasikan di 25 stasiun TV lokal di Indonesia.

 

    • Endang Samadikun adalah pemilik dan Direktur POS(H)A ini memiliki mimpi yang sederhana, yaitu menerbitkan buku untuk anak-anak. Perpanjangan dari mimpinya ini membuatnya mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang desain animasi ini pada tahun 2007. Belum sampai setahun berdiri, POS(H)A mendapatkan gelar pemenang pertama pada Best Animation Concept of ICT (Information Communication and Technology) Award yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informasi RI. Di tahun yang sama, POS(H)A berpartisipasi pada London International Animation Festival dimana salah satu karyanya masuk dalam shortlist juri.

 

    • Gede Sugiarta adalah direktur dari Media Unit IDEP, LSM lokal di Indonesia yang didirikan tahun 1999 untuk menyelenggarakan program dan pelatihan manajemen bencana yang berbasis komunitas. LSM ini mendapat biaya dari para pendirinya sendiri, serta para donor dari pemerintah dan luar negeri. IDEP pernah bekerja sama dengan berbagai komunitas di Bali, Padang, Aceh, Mentawai, Yogya, Kupang, Ende, Palu. Bagi Gede, medium yang paling penting dalam mengirimkan pesan adalah media yang sifatnya edukasional, seperti buku, booklet, poster, komik, film dokumenter, dll. Filmnya, “Merdeka dari Kerusakan Lingkungan” memenangkan juara kedua pada Global Warming Documentary Film Competition yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan RI.

 

    • Titis Sapto Raharjo adalah pemilik, direktur dan kepala redaksi FLICK Magazine and Movieholic Production. Majalah yang pertama terbit di tahun 2009 ini memuat berbagai berita lokal dan internasional yang berkaitan dengan film. Titis juga mendirikan Movieholic Production, sebuah production house yang fokus di bidang distribusi serta produksi video secara online.

 

    • Yosep Anggi adalah pemilik, direktur dan produser dari Limaenam Films, itulah pekerjaan Yosep. Didirikan pada tahun 2002, Limaenam Films sudah membuat banyak sekali film pendek, iklan layanan masyarakat dan film dokumenter. Film-film dokumenter keluaran PH ini sudah diputar di festival-festival film di Rotterdam, Singapore, Berlin, Manila and Mumbai. Selain itu, salah satu film dokumenternya juga pernah mendapatkan Piala Citra pada FFI tahun 2008.

 

NOKIA ENTREPRENEUR FELLOWSHIP

FINALIS IYCE AWARD 2011 – NOKIA ENTREPRENEUR FELLOWSHIP

    • PEMENANG: Soegianto umur 30th, asal Jakarta, profesi IT Consultant. Ide Bisnis: Ide bisnis kami adalah membangun jasa konsultasi yang professional yang membantu industri kecil dibidang kuliner (makanan dan minuman) agar dapat menembus pasar e-commerce. Melalui portal sedapur.com, kini industri kecil dalam bidang makanan dan minuman dapat dengan mudah memiliki Toko Online anda sendiri tanpa perlu direpotkan oleh berbagai urusan pengelolaan website, administrasi keuangan dan kerumitan pengiriman. Investasi Ide Bisnis: Rp. 232.200.000,- Tempat Ide Bisnis: Jakarta.

 

    • Hasanuddin asal Riau, profesi Dosen Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).
      Ide Bisnis: Web dan Data Akademik Sekolah Indonesia (Wasindo), sebuah web portal dan sistem informasi data akademik sekolah-sekolah di Indonesia mulai dari tingkat sekolah dasar, menengah, kejuruan maupun pondok pesantren. Investasi Ide Bisnis: Rp. 1.110.000.000,- Tempat Ide Bisnis: Riau.

 

    • Dede Syahrudin asal Garut, profesi Architect Freelancer. Ide Bisnis: Mobile Food Vendor by Bus Reuse the old bus and then pimped it to become a food vendor with good design, more attractive but also sell a good food product as well. First time I was thinking to get associated with a major label or brand like J-CO Donuts & Coffee, KFC etc. Investasi Ide Bisnis : Rp. 300.000.000,- Tempat Ide Bisnis: Garut.

 

    • Laurensia Lina Sukawati, umur 27th, asal Jakarta, profesi TV Program Director. Ide Bisnis: Rainbow Trees is a creative production house, dedicated for Indonesian children who are curious, talented, courageous, and imaginative. It is focused on childrens needs for inspiration and playful entertainment through its productions; TV features, variety shows, games shows reality programs, animations, and fun events. Investasi Ide Bisnis: Rp. 280.000.000,- Tempat Ide Bisnis: Jakarta.

 

    • Mardalina Handayani Makunimau umur 25th, asal Kalimantan Barat, profesi: English Instructor. Ide Bisnis: Provide daily salinity service to houses especially in town.work especially in the morning to do some cleaning service like mop, swep, and start from cleaning the room until do the dishes or laundry. Investasi Ide Bisnis : Rp. 96.470.000,- Tempat Ide Bisnis: Pontianak

 

    • Attini Zulfayah umur 32th, asal Gresik, profesi Marketing and promotion. Ide Bisnis: C & C (care and close) Realtime Day Care. The purpose is To Gave Day care to children which Gave real time to see how Their children grow though Information technology, like real time webcame, message through BBM for any moment which is very important for parent and children. Investasi Ide Bisnis : Rp. 426.250.000,- Tempat Ide Bisnis: Gresik

 

    • Supandi umur 35th, asal Indramayu, profesi Guru. Ide Bisnis: Network-Based School Of Agriculture and Animal Husbandry. The purpose of this business idea is to help improve poor people’s income through the medium of education and entrepreneurship of an independent and professional. Investasi Ide Bisnis: Rp.173.700.000,- Tempat Ide Bisnis: Indramayu.

 


Sumber: Situs Resmi & Facebook Group British Council, Nokia Entrepreneur Fellowship

Baca tulisan lainnya :

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori “Entertainment Application”. Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

One thought on “Pemenang IYCE Award 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*