Budayawan dan Seniman Penerima Anugerah Satya Lencana Kebudayaan 2010

Elfa Secioria (Alm), salah seorang penerima Anugerah Kebudayaan 2011 dari Pemerintah (23 Maret 2011).

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE  menyematkan Satya Lencana Kebudayaan 2010 dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada delapan orang budayawan dan seniman yang berjasa dalam mengembangkan dan melestarikan kebudayaan dan seni Indonesia. 

“Ini merupakan anugerah tertinggi di bidang kebudayaan yang diberikan oleh Presiden,” kata Menbudpar Jero Wacik pada acara pemberian anugerah Satya Lencana Kebudayaan 2010 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ),  Rabu (23/3). 

Acara tersebut diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Musik Nasional 2011, pemberian penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) oleh PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia), serta mengenang Elfa Secioria (Alm). 

Sejak tahun 2003, Pemerintah atas usulan PAPPRI telah menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional yang merupakan bentuk apresiasi tinggi pemerintah dan masyarakat terhadap profesi, karya dan kreasi insan musik Indonesia. Bulan Maret juga dicanangkan pemerintah sebagai bulan musik. Sedangkan tanggal 9 Maret sendiri dipilih sebagai penghargaan terhadap pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman, yang lahir di Jatinegara (Jakarta) pada tanggal 9 Maret 1903. 

Menbudpar Jero Wacik juga memberikan penghargaan kepada tiga orang penerima Anugerah kebudayaan 2011 untuk kategori hadiah seni. Pada Acara ‘Untukmu Sahabat Elfa Secioria’ yang bertemakan ‘Musik Sebagai Sarana Pembentukan Karakter dan Jatidiri Bangsa’,  Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) juga memberikan penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) kepada tujuh orang yang berjasa dalam bidang musik, di antaranya Elfa Secioria (alm). 

Menbudpar Jero Wacik mengatakan, hidup tanpa musik akan terasa hampa. Musik menjadi sarana yang ampuh dalam membangun karakter bangsa. “Musik mendorong kita mencintai tanah air,” katanya. 

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.38 Tahun 1959 tentang pemberian Anugerah Satya Lencana Kebudayaan, Presiden RI memberikan penghargaan kebudayaan kepada masyarakat yang memiliki jasa besar di bidang kebudayaan yang telah mampu melestarikan kebudayaan daerah atau nasional serta hasil karyanya berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. 

Sementara dalam Keputusan Presiden RI No. 23 Tahun 1976, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata memberikan penghargaan Hadiah Seni kepada masyarakat yang telah berjasa dan menunjukkan prestasi luar biasa dalam meningkatkan dan mengembangkan seni budaya bangsa Indonesia. Anugerah Kebudayaan merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada individu dan kelompok masyarakat agar terdorong dan lebih peduli terhadap upaya pelestarian kebudayaan Indonesia. 

Delapan orang penerima tanda kehormatan Satya Lencana Kebudayaan tahun 2010 adalah Prof.Drs.Darmanto Jatman, SU, Koestono (Tony) Koeswoyo (alm), Dewi (alm), Hj.Siti Maryam Salahuddin, SH, Prof.Drs. Jacob Sumardjo, Iwan Fals, Emha Ainun Najib, dan Prof.Dr.Abdul Hadi W.M. Sementara tiga orang penerima Anugerah Kebudayaan 2011 adalah Elfa Secioria (alm), DR.Sundari Soekotjo, MM, dan I Gusti Putu Gede Wedhasmara, sedangkan tujuh orang penerima penghargaan NBMI PAPPRI adalah Elfa Secioria (alm), Dr.H.Anton Issoedibyo, Dwiki Dharmawan, Guruh Soekarno Putra, Harvey Malaiholo, The Rolies Band, dan Agnes Monica

Hadir dalam acara penyematan Anugerah Kebudayaan  antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Wakil Ketua Komisi X DPR-RI Rully Chairul Azwar, dan sejumlah budayawan. 

Sumber : www.budpar.go.id , Foto : Facebook Elfa Secioria (Alm).

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori “Entertainment Application”. Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*