Kaleng krupuk mini motif wayang, kreasi terbaru Agus Hariantono

Dalam perjalanan beberapa waktu lalu menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) Depok – Jakarta Kota (BEOS),  NihDia.com sempat  berbincang dengan seorang pria  bersahaja yang duduk di salah satu pojok gerbong. Pria  ini membawa barang yang berukuran cukup besar dan sudah dikemas dengan rapi. Dengan mengambil posisi di pojok gerbong, barang bawaan tersebut tampak cukup terlindungi.          

“Barang ini pesanan pelanggan yang akan dikirim ke Jawa menggunakan kereta api yang berangkat dari stasiun Jakarta Kota, ”  ungkap pria bernama lengkap Agus Hariantono saat memulai perbincangan dengan NihDia.com. Barang tersebut merupakan hiasan yang terbuat dari kombinasi kaca dan alumunium.        

“Pembuatannya cukup lama berhubung pemesannya agak rewel dan perlu waktu untuk pengerjaannya, ” lanjut pria lulusan SMAN 39 Cijantung Jakarta-Timur Angkatan 1983 yang kini berdomisili di Cibinong ini.          

Sekilas dari penampilan Agus yang ramah dan bersahaja ini, tentu kita tidak akan menyangka bahwa pria berusia 40 tahun lebih ini ternyata seorang pengusaha sekaligus pengrajin kaleng krupuk mini dengan omset puluhan juta rupiah per bulan. Pilihan untuk menggunakan KRL ekonomi yang biasanya penuh sesak dengan penumpang pun tidak menjadi kendala bagi sosok sederhana yang saat ini mempekerjakan banyak pengrajin di bengkel produksi Agus Art Collection miliknya di kawasan Cibinong.  
     
 “Saya biasa mengirim barang  pesanan pelanggan ke berbagai daerah di Jawa dengan menggunakan jasa pengiriman barang via kereta api yang berangkat dari Stasiun Jakarta Kota. Lebih aman…  ”  jelas Agus yang pernah mempunyai pengalaman kurang menyenangkan saat menggunakan jasa pengiriman lain yang tidak profesional, hampir sebagian besar barang pesanan pelanggan yang dikirim pecah kacanya saat tiba di tujuan.        

Kaleng krupuk mini berbentuk segi enam sedang dihias menggunakan cat impor

Perjalanan KRL pun sudah separuh jalan saat memasuki stasiun Cawang. Agus dengan semangat  menceritakan pengalamannya menggeluti produksi kaleng krupuk mini yang dirintisnya sejak tahun 2007. Sebelumnya Agus pernah membuka usaha pengadaan suku cadang kendaraan bermotor, namun usahanya tersebut bangkrut di awal tahun 2007. Usaha lain yang coba diupayakan Agus pun belum berhasil. Hingga akhirnya sebuah ide sederhana dan semangat Agus Hariantono untuk mencoba sesuatu yang baru untuk memproduksi kaleng krupuk  mini yang unik dan berbeda dari kaleng krupuk biasa, membuahkan hasil dan menghantarkannya meraih sukses.      

Pada awalnya kaleng krupuk mini kreasi Agus  diproduksi dan ditawarkan secara terbatas. Namun seiring dengan semakin banyaknya pelanggan yang puas menggunakan produknya yang unik, mungil, praktis dan dapat digunakan untuk keperluan menyimpan krupuk, kripik dan berbagai jenis makanan kecil lainnya, Agus pun mulai kebanjiran order. Selain itu produk Agus dari sisi kualitas dan desain sangat cocok digunakan sebagai pernik / asesoris di meja tamu atau meja makan. Tentu saja tanpa melupakan fungsi utamanya untuk menyimpan krupuk, kripik atau makanan kecil lainnya.    

Untuk produksi kaleng krupuk mininya, Agus menggunakan kaca dan tiga pilihan bahan yaitu kaleng, alumunium dan stainless steel. Keseluruhan bahan tersebut dapat diperoleh Agus dengan mudah di wilayah Cibinong / Bogor dengan harga yang lebih murah dibanding di Jakarta (glodok). Hal tersebut dapat dipahami karena wilayah Cibinong / Bogor dan sekitarnya merupakan salah satu sentra  industri kerajinan kaleng / logam.    

Saat ini produk kaleng krupuk mini Agus terbagi menjadi : kaleng krupuk mini segi empat kaca 1, kaleng krupuk mini segi empat kaca 4 dan kaleng krupuk mini segi enam kaca 6. Masing-masing dengan berbagai pilihan warna, motif dan ukuran dengan kisaran harga antara 30 ribu hingga 100 ribu rupiah per buah (FOB Depok/Bogor). Harga tersebut menurut Agus dijamin termurah untuk produk sejenis, karena Agus Art Collection merupakan produsen kaleng krupuk mini yang melayani order baik skala kecil (eceran) maupun skala besar (wholesale).    

Berbagai produk kaleng kerupuk mini kreasi Agus Art Collection Cibinong

Selain meningkatkan kualitas produk dan mengeluarkan desain / motif kreatif terbaru secara berkala, Agus pun sejak awal sudah meracik strategi pemasaran produknya secara cerdik melalui internet. Dengan bantuan adiknya, pada tahun 2008 Agus mulai belajar dan mengembangkan sendiri situs internet yang diberinya nama  www.kalengkrupuk.com . Melalui situs yang mudah diingat ini, Agus pun dapat menginformasikan produknya secara luas yang berdampak nyata pada peningkatan order baik dari berbagai pelosok daerah maupun negara tetangga. 

Menurut Agus, langkah mempromosikan produk di internet banyak membantu dalam pengembangan usahanya. Dengan modal 1 juta rupiah untuk membayar jasa desain dan sewa hosting per tahun serta 125 ribu rupiah untuk biaya nama domain per tahun, Agus pun sudah bisa mempunyai situs yang cukup memadai untuk menginformasikan produknya secara luas di internet.        

“Saya jadi terpacu untuk banyak belajar mengenai internet, khususnya dalam mengelola dan mengembangkan situs www.kalengkrupuk.com, dibantu adik saya yang kebetulan bekerja di bidang IT, ” ungkap Agus. Selain mengelola situs miliknya, Aguspun sudah memanfaatkan jejaring sosial Facebook untuk menyajikan berbagai informasi terbaru seputar produknya. Tercatat lebih dari 300 orang sudah menjadi teman Kaleng Krupuk Agus Art Collection di Facebook.  

Agus Hariantono, pemilik dan pengrajin kaleng krupuk mini Agus Art Collection Cibinong

Keberhasilan dan kreatifitas Agus yang mengangkat kaleng krupuk biasa menjadi  salah satu pernik / asesoris dan souvenir yang diminati masyarakat, patut diajungi jempol. Kepiawaian Agus dalam memproduksi dan memasarkan kaleng krupuk mini-nya tidak diragukan lagi. Kaleng krupuk mini karyanya saat ini sudah banyak menghiasi dan menempati meja-meja keluarga, restoran dan tempat-tempat lain di berbagai pelosok daerah dan mancanegara. Bagi sebagian dari kita : “Tiada hari tanpa krupuk, ” merupakan potensi pasar bagi industri kreatif kerajinan kaleng krupuk mini …

Untuk informasi mengenai kaleng krupuk mini kreasi Agus Hariantono dapat menghubungi :


Agus Art Collection
Jalan Bina Citra RT 07/02 No.1 Pakan Sari Curug-Cibinong Bogor Jawa Barat 16915
(Dekat RSUD Cibinong)
Telp. 021-87910625
Hp. 081511122931

Sumber : Agus Hariantono, www.kalengkrupuk.com, Facebook (Kaleng Krupuk Agus Art)

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn