DELL Workstation untuk Berbagai Proyek Kreatif

Kartu grafis profesional nVidia Quadro digunakan pada workstation DELL Precision

Perangkat workstation untuk aplikasi profesional saat ini banyak dimanfaatkan di berbagai sektor industri kreatif. Beragam teknologi dan solusi workstation digunakan oleh desainer, insinyur, arsitek, seniman, animator, game developer, analis, peneliti, serta profesi kreatif lainnya, untuk menyelesaikan tugas-tugas kompleks seperti computer-aided design (CAD), CAE / CAM / MCAD, 3D modeling, animasi, video editing / broadcasting, profesional audio, image editing, digital content creation, dan lain-lain. 

Pengertian workstation sendiri mempunyai arti yang luas. Namun umumnya workstation diartikan sebagai perangkat komputer kelas atas yang dapat memenuhi harapan penggunanya akan kualitas, kecepatan, kehandalan, serta kinerja tinggi dalam menjalankan aplikasi profesional sesuai kebutuhan, didukung oleh layanan purna jual prima, sertifikasi untuk komponen dan aplikasi, serta penggunaan teknologi komputasi terdepan.

Harapan tersebut ada, karena setiap pengguna workstation mempunyai tugas khusus yang sangat menentukan dalam keberhasilan suatu proyek yang biasanya melibatkan banyak profesional dengan puluhan bahkan ratusan workstation. Tugas khusus tersebut mungkin saja membuat desain, animasi, visualisasi, simulasi atau analisa pada suatu proyek berskala besar seperti pembangunan gedung pencakar langit atau bandara modern, pengembangan pesawat atau kendaraan prototipe hemat energi, perancangan produk baru, pembuatan film 3D dengan efek khusus, dan lain-lain. 

Dengan memanfaatkan workstation berkinerja tinggi, para profesional di sektor industri kreatif dapat mengeksplorasi ide-ide terbaru, memeriksa kompleksitas desain yang mereka buat, membuat analisa, visualisasi dan simulasi, melakukan perbaikan / modifikasi yang diperlukan, untuk kemudian diteruskan ke tahap selanjutnya. Hal ini tentu akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya, karena tahap desain, editing, visualisasi dan simulasi, seluruhnya dapat dilakukan pada workstation.

Perbandingan PC, Workstation dan Server

  • Personal Computer (PC) adalah perangkat komputer multiguna untuk berbagai kebutuhan komputasi perorangan, baik pribadi maupun bisnis. PC biasanya digunakan untuk aplikasi produktivitas kerja seperti pengolah kata, data, gambar, presentasi, database, browsing, email, messaging, maupun aplikasi standar lainnya. PC terbagi menjadi PC Desktop, Notebook / Netbook, Tablet maupun Hand-Held PC.
    Dengan perkembangan teknologi terbaru yang digunakan pada PC seperti prosesor, main board, kartu grafis, memori, dan lainnya, saat ini PC dapat digolongkan berdasarkan kinerjanya menjadi PC berkinerja tinggi (high-end) dan PC biasa (standar), dengan spesifikasi umum sebagai berikut :

    PC Standar :

    • Prosesor Intel (Atom, Pentium, Dual Core, Core 2 Duo, Core-i) atau AMD (Athlon, Phenom)
    • Memori Non-ECC (Error Checking & Correcting) kapasitas 1GB atau lebih
    • Kartu grafis Intel GMA, Intel HD Graphics
    • Sistem operasi : Windows, Linux, Unix
    • Aplikasi Standar : Pengolah kata, data, gambar, presentasi, browsing, email, dll

    PC Berkinerja Tinggi (High-End) :

    • Prosesor Intel (Core 2 Duo, Core 2 Quad, Core-i) atau AMD (Athlon, Phenom)
    • Memori Non-ECC (Error Checking & Correcting) kapasitas 2GB atau lebih
    • Kartu grafis Nvidia GeForce atau ATI Radeon dengan memori 512MB atau lebih
    • Sistem operasi : Windows, Linux, Unix
    • Aplikasi : Gaming, multimedia, image / video editing, desktop publishing, edukasi, dll
  • Workstation adalah perangkat komputer kelas atas yang dirancang khusus untuk menjalankan aplikasi teknik dan komputasi ilmiah, serta dioptimalkan untuk desain, editing, visualisasi, simulasi dan manipulasi berbagai jenis data yang kompleks seperti pembuatan model 2D dan 3D, simulasi dan rancang bangun teknik, animasi dan rendering, video editing / broadcasting, profesional audio, computer-aided design (CAD), CAE / CAM, dan lain-lain. Workstation terbagi menjadi desktop workstation, mobile workstation, blade workstation.
    Spesifikasi umum workstation profesional sebagai berikut : 

    • Multi prosesor 64 bit Intel Xeon (Dual Core / Quad Core) atau AMD (Opteron)
    • memori ECC (Error Checking & Correcting) kapasitas 4GB atau lebih
    • Kartu grafis profesional nVIDIA Quadro atau ATI FireGL / FirePro
    • Sistem operasi 64 bit : Windows, Mac, Linux, Unix
    • Aplikasi Profesional : CAD / CAM / CAE, 3D modelling, 3D creation/animation, video editing/broadcast, professional audio, image editing, digital content creation, dll
    • Sertifikasi untuk komponen dan aplikasi profesional
    • Menggunakan dua atau lebih monitor (multi monitor)
  • Server Server adalah perangkat atau sistem komputer di dalam suatu jaringan yang memberikan layanan khusus untuk seluruh jaringan, baik untuk pengguna di dalam sebuah organisasi besar atau untuk pengguna publik melalui internet. Banyak server didedikasikan untuk memberikan satu jenis layanan khusus seperti server aplikasi, server web, server cetak, server database, dan lain-lain. Enterprise server adalah server yang digunakan dalam bisnis skala besar. Server terbagi menjadi tower, rack-mount dan blade server.
    Spesifikasi umum server sebagai berikut :

    • Multi prosesor 64 bit Intel Xeon (Dual Core / Quad Core) atau AMD (Opteron)
    • Memori ECC (Error Checking & Correcting) kapasitas 4GB atau lebih
    • Menggunakan kartu grafis Intel GMA, Nvidia atau ATI
    • Harddisk berkapasitas besar dengan sistem RAID
    • Online / realtime dengan banyak pemakai (multi-user)
    • Sistem operasi khusus server : Windows, Mac, Linux, Unix

Harga Workstation Profesional

Dengan berbagai kemampuan, kehandalan, kualitas dan kinerja tinggi seperti disebutkan di atas, tentu saja dalam benak kita akan terbayang harga workstation yang cukup tinggi sehingga kita harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh sebuah workstation profesional. Namun hal ini ditepis oleh Ruth Susanty Senior Account Manager PT Dwi Wahana Ekualindo selaku distributor resmi workstation DELL Precision di Indonesia, dalam suatu kesempatan perbincangan dengan penulis belum lama ini.

“Sebuah workstation DELL Precision T3500 dengan spesifikasi prosesor Intel Xeon Dual Core W3503 2.4Ghz, memori 4GB DDR3, HDD 250GB, VGA PCIe x16 Nvidia Quadro FX 580 512MB, Windows 7 Pro 64 downgrade to XP Pro 64, dapat diperoleh dengan harga cukup terjangkau USD $1.495,” ungkap Ruth. “DELL Precision T3500 ini paling banyak diminati, karena spesifikasinya cukup tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi workstation profesional disamping harganya yang sangat terjangkau, ” tambahnya.

DELL Workstation T3500 dengan monitor LCD DELL Ultrasharp 23-Inch (optional)

Selain DELL Precision T3500, untuk pasar Indonesia DELL juga menyediakan produk workstation dengan spesifikasi lebih tinggi yaitu DELL Precision T5500 (Intel Xeon Quad-Core E5506 2.13Ghz), T7500 (Intel Xeon Quad-Core E5520 2.26Ghz) dan R5400 (Intel Xeon Quad-Core E5410 2.33Ghz), yang dibanderol dengan harga USD $1.900 (T5500), USD $2.285 (T7500), dan USD $4.125 (R5400).

Untuk value performance workstation, disediakan pula DELL Precision T1500 yang diperkuat oleh prosesor Intel Core i5-650 3.2Ghz, memori 2GB DDR3, HDD 320GB, VGA PCIe x16 Nvidia Quadro FX 580 512MB, Windows 7 Pro 32 downgrade to XP Pro 32 dengan harga USD $1.150. DELL Precision T1500 merupakan entry-level workstation bagi profesional yang membutuhkan perangkat workstation untuk menjalankan aplikasi Computer Aided Design (CAD) tanpa harus merogoh kocek lebih dalam, karena harga DELL Precision T1500 ini sangat terjangkau dan mendekati harga sebuah PC high-end biasa.

Untuk para profesional yang memerlukan mobilitas tinggi, tersedia pula mobile workstation (notebook) DELL Precision M4500 15.6-Inch (Intel Core-i5-520 2.4Ghz) dan mobile workstation (notebook) DELL Precision M6500 17-Inch (Intel Core-i7-750 1.6Ghz), masing-masing dengan harga USD $2.050 (M4500) dan USD $ 3.675 (M6500).

Lebih lanjut Ruth menjelaskan bahwa harga tersebut sudah termasuk program sertifikasi yang dilakukan oleh DELL bekerjasama dengan berbagai Independent Software Vendor (ISV). Memang program sertifikasi tersebut turut mendongkrak harga workstation, namun hal tersebut mutlak diperlukan untuk memberikan jaminan kepada pengguna bahwa aplikasi profesional yang dikembangkan oleh ISV dapat berjalan dengan baik dan handal pada setiap workstation DELL Precision.

Selain itu workstation DELL juga disertai dengan garansi selama 3 tahun, serta Dukungan Teknis DELL yang meliputi 222 titik yang tersebar di seluruh Indonesia hanya dengan menekan (021) 500-858. Jika pengguna workstation DELL mengalami masalah dengan unit workstation tersebut, cukup call (021) 500-858, sebutkan service tag number yang terletak diatas (untuk desktop model) atau dibawah (untuk mobile), maka certified engineer DELL akan melakukan guide by phone sampai masalah terselesaikan.

“Biasanya melalui guide by phone ini 80% akan solving problem (masalah terselesaikan). Namun apabila masalah tidak terselesaikan by phone, maka certified engineer DELL akan mendatangi user dilokasinya (sepanjang itu tercover di 222 titik di Indonesia),” tambah Ruth Susanty.

Untuk daftar wilayah yang sudah tercover Dukungan Teknis Dell dapat dilihat melalui berkas PDF berikut ini : NATIONWIDE COVERAGE OF DELL SUPPORT – INDONESIA (PDF,100KB)

Dari sisi profesional, harga workstation relatif kecil dibanding peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya yang diperoleh dari penggunaan workstation profesional yang sudah teruji untuk menyelesaikan berbagai proyek kreatif dengan cepat dan handal. Penggunaan workstation secara keseluruhan akan meningkatkan kelancaran dan keberhasilan suatu proyek kreatif yang nilai proyeknya sangat besar dibandingkan investasi awal workstation.
(Ruth Susanty – Senior Account Manager PT Dwi Wahana Ekualindo)

Dell Precision T7500 dengan multi monitor (optional) untuk menjalankan berbagai aplikasi profesional

Ruth Susanty juga mengungkapkan bahwa pasar workstation di Indonesia masih terus berkembang. Disamping untuk memenuhi kebutuhan di sektor industri manufacturing, oil & gas, dan industri lainnya, saat ini permintaan workstation juga banyak berdatangan dari berbagai sektor industri kreatif seperti media dan entertainment, riset dan pengembangan, arsitektur, dan lain-lain.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai workstation Dell Precision dapat menghubungi :

Ruth Susanty
PT Dwi Wahana Ekualindo
Authorized Dell Workstation Distributor
Jl. Cideng Barat No. 36 B
Jakarta 10150
Telp. 62-21-632-3111
Fax. 62-21-632-3377

atau

Didi Sutadi / Nila Kusumawardhani
CV Tunas Kreasi Bersama
Dell Workstation Dealer / Reseller
Telp / Fax : 62-21-7888-9785

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

One thought on “DELL Workstation untuk Berbagai Proyek Kreatif

  1. Agar harga anda dpt bersaing dan lbh murah, sebaiknya OS-nya tdk di ikutsertakan, jadi konsumen bisa menentukan pilihannya sendiri OS apa yg akan mereka gunakan, Mmg benar OS akan mendongkrat harga komputer itu sendiri, maka akan lbh bijaksana kalau vendor hanya menjual computernya saja, tampa OS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>