Pemenang & Finalis INAICTA 2010

Salah satu Pemenang INAICTA 2010, Chandra Tresnadi dengan karyanya "NITIKI - Game-Participatory Batik" yang memanfaatkan teknologi multi-touch screen dipadukan dengan keanekaragaman motif Batik Tradisional Indonesia.

Puncak Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2010, ajang kompetisi karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi, telah diselenggarakan pada tanggal 23 – 24 Juli 2010 di Jakarta Convention Center.

Penyelenggaraan INAICTA tahun ini adalah yang ke-4. Kompetisi ini diselenggarakan atas kerjasama berbagai instansi / lembaga / organisasi terkait, kalangan usaha, pemerintah, komunitas ICT Indonesia, dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Kegiatan utama INAICTA 2010 adalah kompetisi karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK, seminar / konferensi, workshop dan eksibisi, aneka lomba yang berkait dengan ICT (Kontes ROBOT, dll), serta Business Matchmaking Program (BMP). Puncak acaranya adalah malam penganugerahan penghargaan dan pengumuman pemenang INAICTA 2010 yang diselenggarakan pada tanggal 24 Juli 2010.

Pada malam penganugerahan penghargaan INAICTA 2010 tersebut, Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring, mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Pemenang INAICTA 2010, seraya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mengembangkan ekonomi kreatif dengan memberdayakan segala potensi yang dimiliki.

Tema dari INAICTA 2010 adalah ‘Membangun Kreatifitas Digital untuk Kemakmuran Bangsa’ dimana tema ini sesuai dengan arahan Presiden yang menyatakan bahwa ekonomi kreatif dapat mendatangkan dua keuntungan secara bersamaan yaitu pertumbuhan ekonomi yang pro rakyat dan juga penguatan indentitas kultural yang memperkaya identitas nasional secara nyata. Pertumbuhan ekonomi yang lahir dari ekonomi kreatif akan menjadi wahana tepat dan menarik untuk dimasukkan nilai-nilai budaya bangsa dengan mengedepankan prinsip inklusif dan berkeadilan.
(Tifatul Sembiring – Menteri Komunikasi dan Informatika)

Berikut ini hasil lengkap INAICTA AWARD 2010 :

Sumber :
Daftar Pemenang INAICTA 2010
– Nominator Lomba (Program Book INAICTA 2010)

Petunjuk : Klik tab pilihan untuk melihat pemenang di masing-masing kelompok.


PEMENANG & FINALIS INAICTA 2010


Open Source

Kategori : Open Source Software

 

  1. WINNER : MetaCare – Healthcare Services Management System
    Setiabudi, Hendrik Saragih, Syafikli Musyafako, Ihsan Nurdiansyah, Muhammad Reza Kamarullah

    MetaCare adalah aplikasi software berbasis web yang ditujukan sebagai pendukung ERP dan SCM bagi lembaga penyedia perawatan kesehatan berbasis OSS. Aplikasi software tersebut dibangun dengan konsep Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang mengelola seluruh sumber daya yang terdapat dalam lembaga tersebut baik dari sisi antara lain CRM (customer relationship management), SCM (supply chain management), AIS (accounting information system), FM (facility management System) dan HRM (human resources management). Spesifikasi: Server Operating System Debian linux, Client Operating System Linux/Windows/MacOs, Development tools AJAX & PHP, Database Server PostgreSQL, Web Server Apache.

  2. MERIT : RcmdrPlugin.Econometric, Free Open Source Software untuk Analisa Ekonometri dan Pemodelan Runtun Waktu
    Dedi Rosadi, Adi Marhadi

    R (R Development Core Team, 2010) merupakan salah satu software open source yang terpopuler dan telah menjadi “lingua franca” atau bahasa “standar” untuk keperluan komputasi statistik saat ini. Dalam karya ini, akan dikenalkan dan dibahas paket RcmdrPlugin.Econometrics (Rosadi, Marhadi dan Rahmatullah, 2009), yang merupakan versi GUI (Graphical User Interface) dari R untuk keperluan analisa ekonometri/runtun waktu. Paket RcmdrPlugin.Econometrics merupakan suatu menu tambahan (plug-in) yang disediakan untuk R Commander, yang merupakan GUI terpopuler dari R.

  3. SPECIAL MENTION : Keuangan Guyub – Aplikasi Keuangan Open Source untuk UKM Jasa
    Muhammad Subair, Adhe Kania
    CV. Guyub Teknologi Nusantara

    Keuangan Guyub (http://code.google.com/p/keuangan-guyub/) adalah aplikasi keuangan Open Source yang diperuntukkan dan dirancang khusus untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang bergerak di bidang Jasa. Standar keuangan yang digunakan baik untuk akuntansi dan pajak mengacu pada standar-standar yang berlaku di Indonesia. Selain menawarkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan, Keuangan Guyub juga merupakan solusi terbaik dengan sistem terbuka dan fleksibel sehingga memberikan kebebasan kepada pengguna.

  4. FINALIST : Kalkun – Open source Web Based SMS management
    Azhari Harahap

    Kalkun adalah sistem manajemen pesan singkat sms berbasis web dan berlisensi open source. Tujuan utama dari sistem ini adalah menciptakan sebuah sistem untuk pengelolaan SMS yang simple dan user friendly sehingga memudahkan pengguna baik dari segi tampilan maupun dari segi fungsionalitas. Keunikan yang dimiliki Kalkun yaitu dari segi tampilan dan user interaction, serta dibangun di atas framework sehingga memudahkan developer untuk meng-extend aplikasi ini.

  5. FINALIST : SIMZAKI – Sistem Informasi Manajemen Zakat ter-Integrasi
    Eka Djatnika Sundajana, Achmad Iqbal, Rahman Pramono, Siti Zulaiha Rochmah, Achmad Widodo
    Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) – Waditra Reka Cipta

    Sistem Informasi Manajemen Zakat Terintegrasi (SIMZAKI) adalah suatu software aplikasi berbasis open source yang dapat digunakan oleh seluruh organisasi pengelola Zakat yang meliputi : Badan Amil Zakat Nasional dan daerah, Lembaga Amil Zakat dan unit pengumpul zakat dalam mengelola penghimpunan dan penyaluran zakat. Fasilitas yang dimiliki SIMZAKI diantaranya adalah pengelolaan database Muzakki dan Mustahiq, pembuatan NPWZ resmi, pencatatan transaksi penghimpunan, penyaluran dan akuntansi, pelaporan yang lengkap dan fleksibel (dengan berbagai kriteria). Dukungan terhadap pengguna software aplikasi ini tersedia melalui situs http://www.amil-zakat.net.


e-Application

Kategori : e-Learning

 

  1. WINNER : Aaron
    David Samuel, Dominikus Damas Putranto, Yosef Sukianto, Kevin Tanadi, Dody Dharma

    Aaron adalah sebuah sistem pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan konsep distance learning. Di mana ada dua elemen dasar, yaitu sebuah next generation web application, di mana web ini adalah sebagai portal pembelajaran bagi para siswa, tempat para mentor membantu siswa dalam proses pembelajaran, para developer memajang (publish & share) educative application dan pemerintah untuk mengontrol dan mempublikasikan kegiatan pendidikannya. Elemen kedua dari Aaron adalah sebuah perangkat bantu ajar yang dapat digunakan di dalam kelas-kelas berukuran 15-20 siswa. Perangkat ini dapat berkolaborasi dengan sistem web yang telah diimplementasikan dengan interaktivitas yang menunjang belajar mengajar.

  2. MERIT : Spectra Editable ver.3.0.0.2 For Education
    M. Yuhdi

    Spectra Multimedia Versi 3.0.0.2 Editable Version for Education merupakan suatu aplikasi program belajar mengajar yang berisi konten materi pelajaran (Matematika, Fisika, Geografi Indonesia, Geografi Dunia, Komputer/ICT, Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris), (saat ini telah tersusun 122 judul cd materi) yang disajikan dengan berbasis multimedia interaktif.

  3. FINALIST : Koky & Toky
    Ika Octika

    Koky & Toky adalah sebuah simulasi interaktif matematika untuk anak-anak. Dalam simulasi ini, anak-anak akan ditemani dengan Koky, seekor kura-kura yang bijaksana dan pintar, dan Toky, seekor berang-berang yang lincah dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Bersama mereka, anak-anak akan belajar bersama mengenai dasar matematika dengan cara yang menarik. Anak-anak akan disuguhkan latihan matematika dalam bentuk animasi dan interaksi, selain menarik hal ini juga akan menarik minat anak dalam bidang matematika. Proses belajar pun menjadi cepat, efisien dan menyenangkan.

  4. FINALIST : BUKU 3.0 REVOLUSI BUKU DARI TULISAN MENJADI OBJEK 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SEJAK DINI
    Atthur Sahadewa, Rachmad Affandi, Eko Budianto, Novizul Effendi, Dian Lazuardi, Prema Adi Putra
    Mosware

    Buku 3.0 dapat merevolusi buku-buku konvensinal menjadi buku-buku masa depan yang dapat memunculkan obyek 3D dari buku tersebut. Sehingga orang tidak hanya dihidangkan kata-kata atau angka-angka oleh buku tersebut. Tetapi tertarik karena ada animasi dan obyek 3D yang muncul dari buku 3.0

  5. FINALIST : E-University
    Deddy Wijaya, Alamsyah Rasyid, Hendri, Hendra Effendi, Rijalul Fikri, Muhammad Ilham
    LPK PalCom Tech

    E-University adalah sistem pengelolaan pendidikan berbasis web mulai dari penerimaan siswa hingga siswa lulus yang dikembangkan oleh LPK PalCom Tech dan STMIK/Poltek PalCom Tech. E-University mengusung sistem 100% praktek dan 100% internet yang memungkinkan tingkat penyerapan materi belajar yang tinggi dengan dukungan sarana komputer di kelas dimana satu siswa menggunakan 1 komputer.


Kategori : e-Government

 

  1. WINNER : InfoKes (Informasi dan Monitoring Kesehatan)
    M Hanif Dinada, Viktor Tunggul, Harry Ramananda
    PT. Inovasi Tritek Informasi

    Infokes merupakan salah satu sistem informasi kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan perencanaan kesehatan daerah dan nasional untuk mewujudkan sistem informasi kesehatan online dan terintegrasi. Infokes merupakan salah satu aplikasi online dan terintegrasi dari unit pelayanan dasar (Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit dan Dokter Keluarga) ke Dinas Kesehatan Kota / Kabupaten dan Dinas Kesehatan Propinsi. Pemerintah (Dinas Kesehatan Kota / Kabupaten) bisa melakukan monitoring secara realtime / online status pelayanan di masyarakat.

  2. MERIT : Perangkat Lunak Pengelolaan Keuangan daerah “BKM DARA 1324″
    Virgo Lazarus, Sonny Yulianto, Benni SM, Alexander BK, Muhammad Irham, Gotman PP, Satriyo Kurniadi
    PT. Barelang Konsultindo Mandiri

    Aplikasi perangkat lunak BKM DARA 1324 adalah aplikasi yang dibangun untuk mempermudah tugas pemerintah daerah (propinsi, kota, kabupaten) dalam mengelola keuangan daerah. Aplikasi ini terdiri dari berbagai modul aplikasi yang lengkap dan terintegrasi.

  3. SPECIAL MENTION : RESEP ELEKTRONIK: Sistem e-Health dengan Pendeteksi Reaksi Obat Merugikan untuk Rekam Medik Elektronik di Puskesmas
    Irma Melyani Puspitasari, Ira Dewi Jani
    Program Teknik Biomedika ITB

    Sistem e-Health dengan modul resep elektronik pendeteksi reaksi obat merugikan adalah suatu sistem yang ditujukan untuk puskesmas sebagai alat bantu proses pencatatan dan pelaporan data pasien, data pemakaian obat dan proses pengiriman resep secara elektronik yang dapat mendeteksi adanya reaksi obat merugikan pada resep.

  4. FINALIST : Model Platform Government 2.0 Indonesia
    Wibisono Sastrodiwiryo

    Government 2.0 adalah sebuah platform untuk perangkat lunak aplikasi berbasis web dimana dalam piramid infrastruktur terletak di bagian paling atas sebelum suprastruktur di puncak piramid. Government 2.0 sebagai sebuah platform memungkinkan partisipasi layanan publik diselenggarakan tidak hanya terbatas oleh institusi pemerintah tapi oleh institusi di luar pemerintah dalam rangka meningkatkan inovasi aplikasi layanan publik. Government 2.0 mempunyai fasilitas selayaknya platform dimana pengembang aplikasi dapat menjalankan program aplikasi berbasis web di atasnya. Setiap aplikasi yang berjalan di atas platform dapat dipantau dan dikendalikan dengan menggunakan API Key. Aplikasi yang berjalan di atas platform dapat dihosting terpisah secara fisik dari server platform. Antara satu aplikasi dengan aplikasi lain yang berjalan di atas platform dapat saling berinteroperabilitas sehingga membentuk cloud di mana berbagai dinas dan lembaga pemerintah ataupun non pemerintah dapat saling berbagi data dan bahkan berbagi fungsi aplikasi satu sama lain untuk kepentingan layanan publik.

  5. FINALIST : WEBGIS SIMPOTENDA (Sistem Informasi Potensi Daerah Berbasis GIS yang Disajikan Dalam Menunjang Pelaksanaan e-Government)
    Benny Prawira, Rusian Nuryadin, Sultoni, Alvira Pasha, M. Rathomi, Yunan Arief
    PT. WEBGIS INDONESIA

    Webgis Simpotenda adalah suatu sistem informasi potensi daerah berbasis GIS yang disajikan dalam menunjang pelaksanaan e-Government. Pengembangan potensi daerah memerlukan suatu sistem yang dapat mendukung dan memonitor pelaksanaan pembangunan potensi daerah. Webgis Simpotenda adalah aplikasi sistem informasi potensi daerah berbasis GIS yang disajikan untuk menunjang pelaksanaan e-Government di daerah-daerah, yang dapat menjawab keperluan tersebut. Webgis Simpotenda menyajikan data unggulan potensi daerah seperti : Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan, Pariwisata, Pertambangan, Perindustrian, Lingkungan Hidup, Telekomunikasi, dan data potensi lainnya. Webgis Simpotenda merupakan bagian dari situs resmi pemerintah daerah (Provinsi, Kabupaten atau Kota) berbasis GIS (peta), yang dengan mudah dapat diakses oleh masyarakat umum maupun calon pengunjung / investor melalui internet. GIS (Geographic Information System) adalah suatu sistem yang mendisain, mengelola dan menyajikan data bereferensi geografis atau peta untuk mendukung pengambilan keputusan.


Kategori : e-Business for Enterprises

 

  1. WINNER : Collaborative eBusiness System
    Isaam Khalid, Harry Saputra Kartono, Dhanny Kosasih
    PT AMN Indonesia

    Collaborative eBusiness System (CES) adalah sebuah sistem yang dirancang sebagai alat komunikasi business-to-business (B2B) antara produsen dan konsumen dalam suatu supply chain yang beroperasi pada jaringan internet. CES dibangun dengan menggunakan teknologi berbasiskan web. Pengguna dapat mengakses CES dari mana saja selama pengguna terkoneksi dengan jaringan internet. CES memiliki berbagai fungsi untuk membuat dan mengirimkan dokumen dari satu komponen ke komponen lain pada suatu supply chain.

  2. MERIT : ORLANSOFT
    Tjandra, Safuwan
    PT. Orlansoft Data System

    Orlansoft adalah software ERP dengan module manufacturing, sales-logistic, procurement, financials dan assets management. Orlansoft support multiple entity dan multiple site untuk memudahkan integrasi business process yang memiliki beberapa perusahaan dan lokasi kantor dengan inter-entity settlement.

  3. FINALIST : Formatic – Mobile Sales Force Automation
    Indra Purnama, Budi Daryatmo
    PT Bara Praja Indonesia

    Formatic adalah aplikasi mobile sales force automation. Aplikasi ini akan membimbing setiap sales force dalam melakukan aktivitas kerja sehari-hari, sehingga mereka dapat merencanakan kesuksesannya. Aplikasi ini berfungsi sebagai learning tools, activity tools dan performance tools bagi setiap sales force penggunanya. Dengan demikian setiap sales force akan lebih memiliki orientasi hasil dan orientasi proses pada saat bersamaan.

  4. FINALIST : JIBAS – Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah
    Senthot Budhi Santoso, Ellyf Tatok Sulistyanto S.T, Yuanita Suwarno A.Md, Abdullah Sonhaji, S.Si M.T, Imam Hazairin, Dian Puspitasari S.T, Aliyudin S.T, Iwan Nurwanto A.Md
    PT. Galileo Mitra Solusitama

    JIBAS lahir dari visi “Kebersamaan untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia”. Misi JIBAS adalah membangun jaringan informasi dan komunitas pendidikan yang bisa mewadahi interaksi dan aktifitas setiap elemen pendidikan dari siswa, guru, orang tua, sekolah, yayasan, pemerintah dan masyarakat umum. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi http://www.jibas.net.

  5. FINALIST : SAMS – Sales Monitoring System
    Abimanyu Wachjoewidajat, Abdulatif, Rey Mannix, Johan Noviwan Lubis
    PT. Inovasi Mitra Solusindo

    Pada dasarnya semua produsen secara komputerisasi ingin memantau / mengetahui hasil penjualan yang dilakukan para distributor kepada para grosir, toko, dll. Hal dasar yang umumnya sanggup dilakukan produsen adalah dengan membuat suatu aplikasi penjualan (Point of Sales) khusus untuk produk si produsen tersebut yang diberikan kepada distributor/reseller yang ada pada setiap kota. Cara diatas akan menimbulkan masalah besar khususnya bagi distributor/reseller yang multi principal (melayani banyak produk dari beragam produsen) karena umumnya mereka sudah memiliki aplikasi penjualan tersendiri baik yang mereka buat sendiri ataupun beli dari pihak ketiga. Dengan SAMS maka distributor/reseller tersebut cukup tetap menggunakan aplikasinya seperti biasa (tanpa perubahan cara kerja sedikitpun). SAMS juga mampu berfungsi tanpa perlu pemrograman khusus. Cara di atas terbukti dapat diterima oleh sekitar lebih dari 100 perusahaan distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia karena SAMS menggunakan asas tranparansi data yang sangat gamblang sehingga setiap pelaporan dapat diketahui oleh distributor/reseller(tidak terenkripsi sama sekali). Walaupun demikian distributor sulit untuk melakukan pencurangan data karena setiap informasi yang ditransmisikan selalu terproteksi.


Kategori : e-Business for SMEs

 

  1. WINNER : ProHukum
    Steven Surojo, Jessica Chandra

    ProHukum adalah solusi ideal berbasis SaaS (Software as a Service) untuk notaris, ppat, dan firma hukum untuk :

    • Mengatur proyek dan dokumen menjadi lebih efisien
    • Melacak tagihan dan pembayaran agar tidak terlewatkan
    • Mendukung kolaborasi antar personel untuk meningkatkan performa
    • Mengatur proses pengurusan segala macam akta sehingga informasi penting tentang pengurusan yang bersangkutan akan tertata rapi dan dapat dengan mudah dilacak status pengurusannya
    • Melacak tagihan dan pembayaran oleh klien agar tidak terlewatkan
    • Mengatur data klien lengkap mulai dari informasi dasar hingga sejarah akun klien
    • Manajemen dokumen penting seperti salinan akta, sketsa tanah, dan file penting lainnya agar mudah dicari dan diasosiasikan dengan proyek tertentu
    • Memudahkan pekerjaan di kantor dengan adanya fasilitas untuk berkolaborasi antara staff
  2. MERIT : Inovasi Teknologi dan Bisnis Radio 2.0 untuk membangkitkan Ulang Industri Siaran Radio
    Agung Harsoyo, M.Zhuhriansyah Rahman, Ana Supriatna, Agung Yuwono, Sony Budi Winarso, Hemat Dwi Nuryanto
    e-Broadcasting Institute

    Dengan inovasi Teknologi & Bisnis, kami akan menjawab secara tuntas persoalan di atas, tantangan yang ada akan kami ubah menjadi peluang. Radio Reach, Time Spent Listening, Podcasting, Radex, Operasional & Manajemen Siaran, Monitoring Iklan, dan Monitoring Siaran akan diperbaiki secara sistemik dengan memanfaatkan koeksistensi dan konvergensi teknologi dengan menggunakan teknologi Radio 2.0 (RISE Radio 2.0, RISE : Radio Broadcasting Integrated System).

  3. FINALIST : Perangkat Lunak Dashboard Management System “SCORE-V”
    Virgo Lazarus, Sonny Yulianto, Benni SM, Alexander BK, Muhammad Irham, Gotman PP, Satriyo Kurniadi
    PT. Barelang Konsultindo Mandiri

    SCORE-V adalah sistem aplikasi komprehensif berbasis teknologi informasi yang dirancang sebagai Dashboard Management System untuk me-manage, me-monitor, mengendalikan dan memahami performa manajemen sebuah organisasi / perusahaan secara cepat, sebab mengadaptasi dashboard-style dengan interactive graphical interface dan mampu menyajikan output data secara real-time.

  4. FINALIST : SIMKOPSYAH – Sistem Infromasi Manajemen Koperasi Jasa keuangan Syariah
    Eka Djatnika Sundajana, Achmad Iqbal, Rahman Pramono, Siti Zulaiha Rochmah, Achmad Widodo
    Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) – Waditra Reka Cipta

    Sistem Informasi Manajemen Koperasi Jasa keuangan Syariah (SIMKOPSYAH) adalah suatu aplikasi berbasis open source yang dapat digunakan oleh Koperasi Jasa Keuangan yang berbasis Syariah, Unit Jasa Koperasi Syariah dan Baitul Mal wa Tamwil, dalam mengelola transaksi keuangannya. Sistem memiliki fasilitas untuk pengelolaan anggota , pengumpulan / penghimpunan dana sampai ke pembiayaan termasuk produk-produk lain yang dimiliki koperasi / BMT. Informasi lebih lengkap mengenai aplikasi SIMKOPSYAH ini dapat dilihat di website www.koperasi-syariah.net

  5. FINALIST : Sistem Informasi Agribisnis Berbasis Ponsel dan Web
    Yusep Rosmansyah, Peria AA Purnomo, Ryan Adrian, Dimas Widyasastrena, Zulham, Daisy Hapsari, Zulkipli Nasution

    Sistem informasi agribisnis padi berbasis ponsel, GIS, dan web yang memungkinkan akses informasi yamg cepat dan akurat mengenai sistem produksi padi, baik dari petani, koperasi, maupun informasi produksi beras kepada konsumen atau eksekutif (misalnya Ketua Gapoktan Kabupaten atau Bupati).


Tools, R & D

Kategori : Tools and Infrastructures

 

  1. WINNER : Netgazer – Electronic Capture: Untuk Laboratorium dan Rumah Sakit
    Ariesta Satryoko, Aria Setyoko

    Kita, sebagai pengguna jasa, rumah sakit ataupun laboratorium, berhak atas informasi yang akurat. Karena, informasi akurat yang berasal dari darah kita yang diperiksa, kemudian dianalisa oleh kimia analis, yang kemudian diproses oleh laboratorium, dan kemudian hasil informasi keluar, yang kemudian dicetak, dimana, hasil tersebut akan digunakan oleh dokter untuk menentukan tindakan maupun obat yang akan kita gunakan. Tentu saja, kesalahan pencatatan tidak boleh terjadi dalam bentangan tersebut. Pencatatan hasil laboratorium dalam bentangan pemeriksaan medis, memegang peranan besar. Tetapi, hanya alat-alat laboratorium yang besar dan mahal yang telah memiliki electronic capture. Electronic capture, adalah fasilitas, dimana hasil dari setiap alat laboratorium dicapture secara otomatis, disimpan secara otomatis berdasarkan nama pasien, tanggal dan jam informasi alat laboratorium tersebut dihasilkan.

  2. MERIT : QUASAR GREEN POWER SOLUTION FOR TELECOMMUNICATION’S BTS
    Muhammad Pribadi, Yana S Raharja, Ari Purnama, Achmad Anugrah
    QUASAR

    QUASAR GREEN POWER SOLUTION merupakan solusi terpadu untuk mendukung program GREEN ENERGY dari operator-operator seluler yang meliputi 3 R :

    • REDUCE : Mengurangi pemakaian energi listrik
    • REUSE : Memperpanjang usia pakai komponen-komponen dari sistem catu daya BTS
    • RECYCLE : Menggunakan kembali komponen-komponen catu daya yang dapat di daur ulang

    QUASAR GREEN POWER SOLUTION merupakan solusi yang memadukan beberapa sistem sekaligus, yaitu :

    • QuasiNature System : Teknologi sistem pendinginan udara shelter dengan memanfaatkan aliran udara yang terkontrol
    • Battery Cooler System : Teknologi sistem pendinginan baterai BTS agar bekerja pada suhu optimumnya (20 – 25 Derajat Celcius) yang akan memperpanjang umur baterai
    • Battery Desulfator (off-system) : Teknologi me-recycle baterai BTS yang sebelumnya sudah dianggap rusak hingga dapat dipakai kembali
    • Battery Desulfator (on-system) : Teknologi sistem pencegahan terjadinya proses sulfasi pada lempeng-lempeng baterai BTS akibat proses Charge-Discharge sehingga dapat memperpanjang umur cycle baterai
    • Site Monitoring System : Teknologi sistem monitoring kondisi BTS secara remote dan realtime
  3. FINALIST : EPIGONI – Rapid Business Application Builder
    Arief Faizal, Wawan Sjahriyanto, Ikhlasul Amal, Yudhi H Sakkautama, Dadang Suganda
    PT. Sigma Delta Duta Nusantara

    Tools untuk membuat aplikasi bisnis dengan mudah dan cepat. Pembuatan aplikasi bisnis dengan sedikit kode program. Mendukung berbagai RDBMS seperti Firebird, Oracle, PostgreSQL, dll. Built-in menu and user management, access control list (ACL), data model editor, dataset editor, dataview editor, lookup editor, form designer, entry, grid, tree, pivot, layout, chart, scripting, report designer, plugin system.

  4. FINALIST : Jam O’ Jam
    Erwin Permata, William
    Universitas Bina Nusantara

    Jam O’ Jam merupakan aplikasi untuk mendeteksi kemacetan dengan menggunakan IPCamera sebagai sumber informasi dan SMS Gateway sebagai media untuk menerima informasi. Jam O’ Jam memiliki 1 bagian utama yakni server untuk memproses hasil pendeteksian dan menerima request serta mengirim request kembali ke user. Fungsi utama dari Jam O’ Jam adalah mendeteksi kemacetan secara langsung melalui IPCamera tanpa bantuan operator ataupun administrator. Jika menggunakan Jam O’ Jam maka user dapat mengetahui kondisi jalan secara langsung sehingga dapat menghindari kemacetan tersebut

  5. FINALIST : PHPQUICK CODE GENERATOR
    David Hermansyah

    PHPQUICK adalah tools generator untuk membuat aplikasi php dengan database mysql secara cepat. Sehingga pengguna hanya mendefinisikan tabel dan fieldnya maka script aplikasi php akan terwujud dengan segera.


Kategori : Research and Development

 

  1. WINNER : Perisalah : Sistem Penghasil Risalah dan Resume Pertemuan Otomatis
    Oskar Riandi, Agung Santoso, Asril Jarin, Bowo Prasetyo. M. Teduh Uliniansyah, Wahyu Widada
    BPPT

    Perisalah adalah sistem pengenal wicara (speech recognition) bahasa Indonesia untuk membantu pembuatan risalah dan resume pertemuan (rapat, pidato, diskusi, presentasi, dll) secara otomatis. Sistem ini mampu melakukan perekaman suara dan mengubahnya langsung menjadi teks transkripsi elektronik secara real time, runut sesuai jam, menit dan detiknya. Sehingga mudah ketahui kapan, siapa dan berbicara apa dalam suatu pertemuan. Perisalah juga dapat melakukan transkripsi beberapa pertemuan sekaligus serta dapat melakukan peringkasan substansi pertemuan. Perisalah menjadi solusi bagi kecepatan, ketepatan, keamanan dan kemudahan pembuatan risalah dan resume pertemuan.

  2. FINALIST : Aplikasi Virtual Phone
    Rudi Sunarno, Samudra Prasetio, Deni Risnandar, Hariyo Santoso, Rakhman Imansyah

    Inovasi R&D ini merupakan rekayasa software engineering melalui tahapan research & development yaitu aplikasi untuk sistem diseminasi informasi melalui VIPO (Virtual Phone) yang dapat digunakan untuk menyebarluaskan informasi peringatan dini Tsunami atau disebut Aplikasi Virtual Phone (VIPO)

  3. FINALIST : BeCapture – Engine pembuat / Generator Media Pembelajaran Animatif dengan Teknologi Screen Capture dan Open Source
    Lukman Heryawan

    BeCapture adalah software yang terdiri dari engine untuk membuat animasi dengan mudah / cepat dan player untuk memainkan animasi dengan interaktif. Animasi yang dihasilkan merupakan animasi yang sangat informatif karena menggabungkan konten gambar, suara, dan teks sekaligus dengan menggunakan teknologi screen capture dan open source. Visi dari software ini adalah supaya setiap orang dapat membuat animasi dengan mudah dan cepat sehingga dihasilkan konten animasi yang informatif yang dapat dimainkan oleh setiap orang sebagai sarana belajar dan hiburan yang murah, komunikatif dan atraktif.

  4. FINALIST : Disain dan Pengembangan Prototipe Antena BTS Multisistem (3G/UMTS/LTE/mWiMAX)
    Joko Suryana, Lenni Yulianti

    Ide awal desain dan pengembangan prototipe antena BTS multisistem (3G/UMTS/LTE/mWiMAX) dilatarbelakangi oleh hadirnya dua teknologi seluler : LTE dan mobile WiMAX. Operator telekomunikasi seluler masih akan terus meningkatkan kualitas layanan dan memperluas infrastruktur jaringan broadbandnya. Investasi terbesar ada pada pengadaan tower BTS di berbagai area layanan, dengan salah satu komponen biaya utamanya adalah pengadaan antena BTS. Pada kesempatan ini, kami mengembangkan disain dan prototipe antena BTS Multisistem. Antena yang didisain adalah antena multiband dan multisistem yang dapat digunakan pada spektrum frekuensi 1.7 – 2.3 Ghz dan pada platform teknologi 3G/UMTS/LTE/mobileWiMAX secara bersamaan. Antena BTS multisistem ini dapat digunakan sebagai solusi infrastructure-sharing atau antenna sharing yang dapat ikut mensukseskan program tata ruang yang dicanangkan oleh pemerintah lokal dan mengoptimasi asset tower yang dimiliki operator.

  5. FINALIST : Ruang main – Internet Aman dan Nyaman untuk Anak Indonesia
    Iqbal Farabi, Giovanni Sakti Nugraha, Raymond Ralibi, Tara Baskara, Ahmy Yulrizka, Odit Ekwardo
    PT. Starqle Indonesia

    Ruang Main adalah sebuah paket produk dan layanan internet untuk anak Indonesia. Visi dari Ruang Main adalah untuk menyediakan ruang maya yang aman dan nyaman bagi anak-anak Indonesia dengan berbasiskan kearifan lokal. Ruang Main terdiri dari tiga bagian utama : Mokido Browser, Mokido Site dan Edutainment Contents. Mokido Browser adalah sebuah web browser yang didesain dengan user experience khusus untuk anak-anak. Mokido Browser melindungi penggunanya dari konten-konten yang tidak sesuai melalui mekanisme yang kami sebut sebagai community-maintained-whitelist. Melalui mekanisme ini, Mokido Browser hanya bisa mengakses situs-situs dan konten-konten yang diterima oleh komunitas pengguna orang tua dari Ruang Main. Mokido Site adalah sebuah situs komunitas yang memfasilitasi pengguna anak, pengguna orang tua dan berbagai penyedia konten dari pihak ketiga


Digital & Mobile

Kategori : Digital Music

 

  1. WINER : Phi
    Yulius Iskandar
    Bottlesmoker

    “Always hard to make a change, just like how to stay the same,” sepenggal kalimat ini merupakan perwujudan sikap dari sebuah band yang dijadikan judul album perdana mereka (Vincent Vega). Salah satu track yang berjudul Phi, menjadi track yang merepresentasikan keseluruhan makna dari album ini, menurut sang pencipta lagu PHI yaitu Saugan (gitaris), terdapat makna reposisi (perpindahan, pergeseran) sebuah alur kehidupan di dalam Phi. Perpindahan dari masa remaja menuju dewasa, dari masa keterpurukan menuju masa-masa untuk bangkit dan tetap berkarya. Perwujudan itu yang ditangkap oleh kami Bottlesmoker dalam menggambarkan situasi serta kondisi yang mempunyai kedekatan. Track berjudul Phi kami gubah dari segi instrumen, aransemen dan sedikit sentuhan pada part vocal. Namun tidak mengurangi substansi dari pemaknaan lagu. Tentunya dengan bumbu-bumbu efek yang easy listening serta catchy.

  2. FINALIST : Global Powerization
    Kenan Loui Widjaja
    MusikTek

    Komposisi ini merupakan komposisi saya yang menggabungkan berbagai macam unsur seni musik lokal (budaya Indonesia) dengan unsur-unsur seni musik internasional sehingga menghasilkan suatu karya yang menurut saya hampir komplet.

  3. FINALIST : Layang-Layangku Lepas
    Taufik Zulfikar

    Musik yang saya ciptakan ini adalah sebuah ilustrasi musik dari sebuah video animasi yang menceritakan tentang anak kecil dengan layang-layangnya yang indah.

  4. FINALIST : Purnama@Pouring Rain
    Enggar Ajar Adirasa

    Purnama adalah lagu latar tanpa vokal. Musik berdurasi 6 menit 31 detik ini adalah ilustrasi musik dansa, gabungan etnik jawa bali dan electro trance. Suara “Slentem dan Gender” yang bersahutan mewakili indahnya bulan purnama diantara alunan gendang yang mengiringi dansa kala itu. Dentuman halus hi-hats memberikan suasana basah mewakili percikan gerimis yang turun. Sementara sentuhan Synthesizer menghanyutkan suasana bersama hentakan irama trance.

  5. FINALIST : Someday Baby
    Endy Daniyanto

    Someday Baby adalah lagu yang saya tulis pada tahun 2006, terinspirasi oleh seorang ibu-ibu yang sedang duduk di celah pintu depan rumahnya ketika jalan Tol Cipularang sedang diperbaki dan terpaksa keluar menuju jalan biasa. Lagu ini berjudul aslinya “Someday Lady”, yang dibuat dengan aransemen akustik gitar dan vokal laki-laki, tetapi karena vokalis perempuan saya menyukai lagu ini, akhirnya kita memutuskan membuat versi perempuannya: “Someday Baby”, dengan aransemen yang lebih kaya. Hingga saat ini, “Someday Baby” merupakan lagu kami yang paling favorit, mendapat 1000+ plays di Soundcloud dan juga pernah menjadi finalis IM3 Battle of Tallent.


Kategori : Digital Animation

 

  1. WINNER: Larjo Show: Lagu Lu Jek !
    Riza Endartama, Wahyu Agni Dewanto, Isa Heliwar, Resza Avisena, Xaverius Enrico, Yanuar
    Noise Animation

    Larjo Show adalah animasi 3D durasi 5 menit. Bercerita tentang 3 karakter utama bernama Larjo, Coki dan Tole. Dalam cerita ini Larjo kedatangan keponakannya yag bernama Del Takodel. Apabila Larjo saja sikapnya sudah sering menyebalkan, ternyata Del Takodel jauh lebih menyebalkan.

  2. FINALIST : Helm opo Bola
    Edmund Afyanto

    Bagong dan Gareng sedang asyik bersepeda bersama dan tiba-tiba melihat sekelompok orang yang bersepeda dengan menggunakan helm yang bagus. Terpintas di pkiran Bagong untuk membuat helm. Di lain tempat Petruk sedang bermain bola dengan teman-temannya. Ia menendang keras bola ke luar lapangan dan menyebabkan Bagong dan Gareng terjatuh dari sepedanya. Ketika melihat bola tersebut tiba-tiba Bagong mendapat ide untuk membuat helm dari bola.

  3. FINALIST : Race is ON -Tora-Tori’s Series
    Andriansyah
    KOJO ANIMA

    Film dengan karakter mobil alat-alat berat yang bisa berbicara dan bertingkah layaknya manusia. Tokoh utamanya Tora-Tori, berdurasi 6 menit telah diproduksi sebanyak 26 episode, saat ini akan ditayangkan di 30 TV lokal melalui Program Animart CAM Solution.

  4. FINALIST : Senam Otak
    Firman Shiddiq

    Berawal dari keterlibatan kami dalam sebuah pelatihan untuk menstimulus otak kiri dan kanan agar keduanya seimbang dan optimal, pelatihan tersebut dinamakan “Senam Otak”. Kami langsung punya gagasan untuk mengkemas pelatihan tersebut dalam bentuk animasi. Bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta yang dalam hal ini lembaga pendidikan yang memiliki lisensi pelatihan tersebut. Kami mencoba untuk mengadaptasi gerakan-gerakan senam otak ke dalam bentuk karakter animasi yang dapat lebih memotivasi dan memudahkan peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan senam otak.

  5. FINALIST : Zebi si Surai Ungu
    Andriansyah
    KOJO ANIMA

    Film serial ini akan menceritakan tentang kehidupan keseharian di sebuah pondok yang digambarkan layaknya kehidupan manusia. Tokoh utama dalam serial ini bernama Zebi si Zebra yang unik karena memiliki surai berwarna ungu. Zebi tidak sendirian berada di pondoknya, tapi ia ditemani oleh Lota si Jerapah, Amon si Kuda dan Birby si Burung. Nilai-nilai moral seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran dan lain sebagainya akan menjadi tema dari setiap episodenya. Film seri yang berdurasi 12 menit ini telah diproduksi hingga 72 episode dan akan terus diproduksi hingga ratusan episode. Dan telah ditayangkan di TV Edukasi (DIKNAS) dan beberapa televisi lokal seperti STV Bandung.


Kategori : Digital Interactive Media

 

  1. WINNER : NITIKI, Game Participatory Batik
    Chandra Tresnadi

    NITIKI adalah game pertama di dunia yang berhasil dirancang yang dikerjakan 100% oleh putra negeri Indonesia, yang menggunakan konten budaya bangsa (batik) dan dapat dimainkan di konsol multi-touch screen secara beramai-ramai.

  2. FINALIST : Baca KORAN
    Dody Dharma, Inas Luthfi, Dominikus Damas Putranto, Muhammad Fiqri Muthohar, Garibaldy, Teddy Pandu Wirawan
    PT. Nightspade Multi Kreasi

    Sebuah aplikasi cross platform untuk pengguna desktop, laptop, netbook hingga tablet mulai dari sistem PC, Mac, hingga Linux yang terhubung ke internet. Aplikasi ini menawarkan new user experience dalam membaca koran serta kecepatan perolehan informasi yang tinggi bagi pengguna dalam memperoleh seluruh berita-berita cetak suatu KORAN dalam bentuk digital. Untuk keperluan demonstrasi, di sini kami menggunakan konten website cetak.kompas.com sebagai studi kasus.

  3. FINALIST : Bamboo Beat
    Utami Fitriani, M. Iqbal Nagib, M. Aji Priandaka

    Bamboo Beat merupakan sebuah rhythm arcade game menggunakan alat musik angklung. Angklung yang sudah diintegrasikan dengan sensor digunakan sebagai controller sehingga pemain dapat merasakan bagaimana rasanya bermain angklung secara nyata diiringi dengan musik. Target primer dari permainan ini merupakan remaja dengan usia 9 hingga 13 tahun. Konsep disain grafis dari game ini dibuat untuk dapat menarik minat dari remaja pada rentang usia tersebut. Dengan game ini diharapkan alat musik angklung semakin dikenal oleh masyarakat khususnya usia dini sehingga dapat terus dilestarikan sebagai budaya bangsa Indonesia.

  4. FINALIST : Football saga
    Aswin Juari, Wiradeva Arif K, Vincentius Hening I, Dave Febrian, Nikki Dibya Wardhana, Riyani Mardikaningrum
    Agate Studio

    Football Saga adalah web-based social game bertemakan sepak bola dimana pemain bermain sebagai seorang pemain sepak bola yang berjalan di atas platform jejaring sosial populer Facebook.

  5. FINALIST : Trip to Savanna
    Enggar Ajar Adirasa

    Trip to Savanna adalah komik digital interaktif yang mengangkat tema mengenai mitigasi bencana tanah longsor. Interaktivitas dari Trip to Savanna diwujudkan lewat penggunaan user interface di dalam tampilannya yang mampu melahirkan banyak potensi yang tidak bisa diwujudkan lewat format komik konvensional.


Kategori : Mobile Application

 

  1. WINNER : mGeometri
    Petrianus Suwardi

    mGeometri adalah software pelajaran geometri yang dapat digunakan pada perangkat mobile touch screen yang mendukung Flashlite 2 berisikan materi, contoh soal, dan kuis dalam bentuk animasi dan interaktif. mGeometri adalah software pendidikan untuk pelajaran Geometri yang dapat digunakan pada perangkat mobile touchscreen seperti handphone sehingga murid dapat mengulangi pelajaran kapanpun, dimanapun,dan berapakalipun. mGeometri membantu guru menerangkan materi yang tidak dapat dijelaskan secara konvensional dan membantu murid mengeksplorasi yang akan memberikan pemahaman yang mendalam terhadap materi pelajaran.

  2. MERIT : Wasolim
    Achmad Ferdyansyah, Abdul Aziz Rahman, Dwian Rusendro

    Wasolim (waktu solat dan imsakiyah) merupakan aplikasi pengingat waktu shalat dan imsak yang akan mengumandangkan suara adzan atau suara pengingat ketika sudah tiba waktunya shalat atau imsak. Wasolim gratis didownload dan digunakan oleh siapa saja.

  3. FINALIST : Aplikasi Urbanesia Lifestyle City Directory untuk BlackBerry
    Deche Pangestu, Andri Burman, Selina umman
    PT. AyoKlik Indonesia

    Aplikasi mobile untuk mencari bisnis lokal di jakarta berdasarkan lokasi. Aplikasi akan mendeteksi lokasi pengguna saat itu dan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan jarak terdekat. Contoh : Cari restoran terdekat di Pondok Indah. Urbanesia mempunyai data direktori bisnis terlengkap dan berbasis lokasi. Dengan mengkombinasikan lokasi pengguna, aplikasi dan lokasi-lokasi bisnis. Urbanesia akan menampilkan bisnis-bisnis yang jaraknya terdekat dengan pengguna. Selain itu, setiap bisnis juga disertai review dan foto yang dikontribusi oleh pengguna Urbanesia.

  4. FINALIST : MaAroon
    Yosef Sukianto, David Samuel, Kevin Tanadi, Dominikus Damas Putranto, Petrus Narwastu

    MaAroon sebuah Mobile Based Application yang dapat digunakan untuk membaca konten komik di manapun kita berada. Tidak hanya itu, MaAroon juga memiliki fitur di mana setiap penggemar komik dapat berdiskusi mengenai komik kesukaannya. Pemilihan koleksi komik yang dibaca menjadi sangat mudah karena adanya fitur Cover Flow. Dengan menggunakan fitur Swipe to Flip, membaca komik akan terasa seperti sedang membawa buku secara secara fisik. Dengan integrated Zoom Tool, pengguna hanya tinggal menekan bagian yang ingin dilihat lebih jelas, dan fitur kaca pembesar akan bekerja secara otomatis untuk membantu pengguna membaca bagian yang sulit untuk dibaca.

  5. FINALIST : Smart Taxi
    Iwan Wijaya Suharto, Daniel Halim, Febiyan Rachman
    Universitas Bina Nusantara

    Smart Taxi memudahkan anda untuk dapat memesan taksi dengan satu kali klik order, dan kekhawatiran anda terhadap taksi yang tidak sampai-sampai sudah tidak akan terjadi lagi. Bayangkan, dengan BlackBerry yang sudah ada di tangan anda, Anda dapat mengetahui lokasi taksi yang akan menjemput anda melalui BlackBerry Maps dan juga nomor taxi yang akan menjemput anda. Di sistem yang kami tawarkan akan semakin mempermudah anda tanpa harus repot-repot berhadapan dengan operator yang aan mengajukan beberapa pertanyaan yang mungkin membingungkan anda. Jadi tunggu apalagi? Segera pesan taxi anda layaknya anda memiliki kendaraan dengan sopir pribadi. Sistem yang diajukan oleh kami juga mempermudah sopir taksi untuk mengetahui siapa saja yang memesan taxi dengan area terdekat dengan taksi yang beroperasi pada saat itu.


Student Project

Kategori : Student Project – Perguruan Tinggi

 

  1. WINNER : Jabbing (Object Labeling and Timing)
    Jeffrey, Ricky Winata, Felix Jingga
    Universitas Bina Nusantara

    Jabbing (Object Labeling and Timing) merupakan sebuah sistem yang menganalisa dan mengawasi kamera pengawas. Dengan menggunakan algoritma computer vision untuk analisa citra, dan dipadukan dengan algoritma artificial neural network untuk klasifikasi object, jabbing dapat mendeteksi object-object yang terlihat oleh kamera pengawas dan membedakan apakah objek tersebut tas, manusia ataukah benda lain. Setelah mengenali objek, jabbing akan menghitung lama benda tersebut berada di area yang terlihat oleh kamera pengawas, kemudian akan memberikan peringatan ketika benda tersebut berada cukup lama di dalam area pengawasan kamera. Kemudian operator dapat menganalisa lebih lanjut apakah benda tersebut merupakan tas yang tertinggal, orang yang sedang tertidur ataukah benda lain yang mencurigakan. Dengan adanya sistem ini diharapkan kita dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jabbing didisain untuk dapat kompatibel dengan kamera pengawas berbasis ipcamera, akan tetapi dengan menggunakan perangkat tambahan, maka jabbing dapat mendukung kamera cctv.

  2. FINALIS : Elves
    Muhammad Endri Irfanie, Dwi Cahyo Nugroho, Fajrul Akram, Arnanto Akbar
    Telkom Institute of Technology

    Elves merupakan aplikasi berbasis web yang mampu memfasilitasi pengguna untuk melakukan pemantauan dan pengontrolan terhadap penggunaan listrik serta melakukan simulasi dari penggunaan listrik pada bangunan seperti rumah, kantor, sekolah, dll. Elves merupakan aplikasi yang powerful karena menggunakan teknologi Silverlight terbaru. Elves dapat dijalankan pada platform Windows Phone 7.

  3. FINALIST : Nusantara View
    Adhya Husni Mubarak, Hatta Bagus Himawan, Budi Chandra Dekaralos, Fitrah Meilia Purnama, Glend Steven Maatita, Manaraceko P.M., Pradipto Dinar U.
    Institut Teknologi Sepuluh Nopember

    Nusantara View adalah aplikasi berbasis web yang menampilkan segala informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan. Informasi yang disediakan oleh aplikasi ini melingkupi beberapa hal penting yang dicari oleh wisatawan. Web server Nusantara View akan mendapatkan berbagai informasi mengenai lokasi pariwisata seperti gambar, video, even yang terjadi disekitar lokasi wisata, dan pesan / kesan wisatawan. Restful Server berguna dalam penyediaan dan pengintegrasian data hotel / penginapan dan dan jadwal penerbangan. Tidak lupa pula Google Maps digunakan untuk menampilkan lokasi wisata, transportasi dari dan ke lokasi wisata, serta kuliner yang ada di sekitar lokasi wisata.

  4. FINALIST : Translator Nusantara
    Wawan Kurniawan, Fadly Akbar Saputra, Syafrudin
    Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

    Translator Nusantara adalah suatu aplikasi penerjemah bahasa berbasiskan desktop dan menggunakan platform Windows yang dikhususkan untuk penerjemahan bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia. Penerjemahannya meliputi penerjemahan dari bahasa daerah ke bahasa Indonesia, bahasa daerah ke bahasa daerah lain dan dari bahasa daerah ke bahasa asing. Nama awal dari aplikasi ini adalah Translator Sios. Sios disini berarti satu, dan aplikasi ini hanya dikhususkan untuk penerjemahan bahasa-bahasa yang ada di provinsi Banten.

  5. FINALIST : Wayang Tournament Management System: Taekwondo
    Muhammad Iqbal, Benny Nafariza, Petra Novandi, Adieb Aryasepta
    Institut Teknologi Bandung

    Kami membuat sebuah sistem manajemen pertandingan olahraga yang merupakan gabungan dari perangkat lunak, perangkat keras, dan teknologi informasi. Sistem ini akan mengotomasi penyelenggaraan pertandingan mulai dari proses pendaftaran, penentuan jadwal dan bagan pertandingan, penghitungan skor, rekapitulasi pertandingan, dan pembuatan laporan pertandingan. Segala rekaman pertandingan tersebut akan didigitalisasi sehingga memudahkan penyimpanan data dan pemantauan jalannya pertandingan dan perkembangan atlit.


Kategori : Student Project – SMA/SMK

 

  1. WINNER : Program Managemen Terpusat
    Andre Susanto
    SMA Negeri 2 Tangerang

    Sesuai namanya, aplikasi PMT berfungsi untuk memanage / mengelola sekelompok komputer lewat jaringan LAN, WAN, atau Internet, guna mendapatkan hasil yang optimal dalam hal efisiensi, produktivitas dan kedisiplinan. Keunikan dari PMT adalah kegunaannya yang dapat digunakan secara luas. Mulai dari sekolahan untuk membantu guru (terutama guru TIK) dalam membimbing siswanya, sampai pada perusahaan untuk membantu mendisiplinkan karyawannya.

  2. MERIT : SiEDun (Sistem Edukasi Nasional) versi 1.0
    Kevin R. Octavian, Ade Hermawan, Mohammad Saepul Ramdani
    Telematika Edukasi Indonesia

    Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem belajar mengajar tak hanya dapat dilakukan dalam kelas saja. Kini sistem belajar mengajar dapat dilaksanakan dalam media berbasis handphone. SiEdun (Sistem Edukasi Nasional) adalah aplikasi yang diperuntukkan untuk kalangan sekolah. Sistem SiEdun ini menceritakan tentang proses ujian yang dilakukan melalui media handphone. jadi kita (siswa) dapat mengikuti ujian menggunakan handphone. Sedangkan guru dapat membuat soal dan materi dengan menggunakan media handphone. Dan akhirnya proses ujian tidak lagi menjadi repot. Semua data yang ada pada SiEdun disimpan dalam database server.

  3. FINALIST : Ecobot (Ecosystem Robot)
    Sayyidathu Thifal Atqiya, Zuraidah Hanifah
    Technonatura

    Sebuah robot simulasi ekosistem yag berfungsi menyeimbangkan komponen-komponen baik abiotik dan biotik di dalam suatu ekosistem tertentu. Ecobot secara otomatis mengetahui apa yang dibutuhkan komponen abiotik dan biotik di dalam terarium sebagai simulasi ekosistem. Setiap sensor yang terpasang setelah tercatat datanya kemudian diolah di dalam software labview untuk kemudian menghasilkan output ke dalam terarium / vivarium. Kegunaan yang paling sederhana adalah untuk memudahkan pengaturan serta perawatan mahluk-mahluk yang ada di dalamnya secara otomatis kala tidak ada orang yang mengurus.

  4. FINALIST : GeoQuiz
    Faiz Ilham Muhammad
    MAN Insan Cendekiah

    GeoKuiz merupakan game peta buta yang memungkinkan penggunamya untuk membuat game peta butanya sendiri sesuai kebutuhan dan kreasinya dengan mudah dan menarik. Pengguna dapat membuat game peta butanya sendiri dengan mudah dan menarik. Pengguna bisa mempublikasikan game peta buta yang telah dibuatnya pada website pengguna.

  5. Sistem Absensi Otomatis Menggunakan Kamera PTZ (Pan-Tilt-Zoom)
    Dani Prasetyawan
    SMA Negeri 5 Surabaya

    Perangkat absensi elektronik yang bekerja secara otomatis, fleksibel dan nyaman digunakan untuk instansi atau perkantoran. Sistem tersebut menggunakan kamera PTZ (Pan-Tilt-Zoom), yang dapat bergerak ke arah horizontal (pan), vertikal (tilt) dan melakukan pembesaran gambar (zoom). Untuk proses absensi dterapkan mekanisme pengenalan wajah untuk mengenali gambar wajah yang diambil melalui kamera PTZ. Pengguna tidak perlu mendekati alat atau menyentuh alat untuk melakukan proses absensi. Pengguna hanya melewati ruang yang telah dipasang kamera PTZ.


Kategori : Student Project – SMP

 

  1. WINNER : Adventure to Mars
    Nur Hidayat, Fadjar Kurnia Sopian
    SMP YPS Singkole

    Karya kami berupa platform game sederhana yang kami buat dari software Adobe Flash dengan Actionscript 2. Karya kami menceritakan tentang perjalanan Anto yang diperintahkan untuk membasmi hewan pengganggu penduduk di planet Mars. Mengalahkan boss stage dengan matematika. Alur cerita yang unik. Animasi yang menarik. Petunjuk bermain full animation

  2. FINALIST : Media Animasi Cara Kerja Mobil
    M. Fahmi Husain

    Karya ini berbentuk presentasi pembelajaran yang didukung dengan animasi pemodelan cara kerja mesin mobil. Pada halaman menu, user akan diajak untuk menjelajahi dunia mobil. Menu yang dapat ditelusuri antara lain : sejarah mobil, desain mobil, bagian-bagian mobil. keselamatan mobil, polusi. Keunikan karya ini terletak pada animasi pemodelan cara kerja mesin mobil. Baik mesin bensin maupun mesin diesel. Proses perubahan dalam mesin bensin maupun diesel ditampilkan secara slow motion sehingga user mampu mengamati lebih detail tentang proses yang terjadi. Dengan adanya pemodelan ini, user akan mampu membayangkan gerak aliran bahan bakar ketika masuk dan berproses di dalam mesin.

  3. FINALIST : OneClick
    Yudhistira Israel Wijayanegara
    SMP St. Theresia Jakarta

    Program ini dibuat untuk mem-virtualisasikan tombol-tombol yang ada pada casing CPU. Dapat digunakan sebagai pengganti tombol Turn-Off, Restart, buka / tutup tray CD, hingga logout dari user pada komputer yang bersangkutan. Fungsi dari program ini adalah untuk mem-virtualisasikan tombol-tombol pada casing CPU.

  4. FINALIST : Robot Wajan Bolic
    Tazkiah Amalyris Karimatunnisa, Zalfa Luthfiah Humaira, Khadijah Zaimatunnisa, Annisa Muthia Sukirman
    Madrasah Internasional Technotura

    Robot wajan bolic dapat berputar ke kanan dan ke samping juga naik ke atas untuk mencari sinyal wireless yang baik. Robot wajan bolic dapat diatur dengan menggunakan remote control. Ini adalah wajan bolic yang dapat mencari sinyal wireless yang baik, juga dapat digerakkan dengan menggunakan remote, dapat ke kanan dan ke kiri. Mendapatkan sinyal wireless agar dapat cepat membuka internet.

  5. FINALIST : Tour Around the World
    Yosephine Gita Asara, Claudia Adiwijaya, Caecilia Amelinda Satyawan, Regina Suriadi, Maria Fatima Kusuma Dias
    SMP Santa Ursula Jakarta

    Program ini adalah suatu program pembelajaran mengenai negara-negara di dunia yang dihasilkan dengan menggunakan program Visual Basic. Bisa menjelajahi berbagai negara dan mengetahui keunikannya melalui satu program yang mudah dioperasikan oleh kalangan pelajar. Keunikan yang dimaksud termasuk kebudayaannya, objek wisata, informasi umumnya, dan makanan khasnya. Terdapat informasi yang informatif dan edukatif mengenai negara-negara di dunia, gambar-gambar yang menarik dan mudah dipahami, dan games yang menyenangkan dan mudah dijalankan.


Kategori : Student Project – SD

 

  1. WINNER : Ponsel Ibuku untuk Belajar Adikku
    Fahma Waluya R.
    SD Cendikia

    Aku sayang adikku, Hania, meskipun dia kadang-kadang rewel, terutama saat dia tidak ada kegiatan atau permainan. Dia sekarang sekolah di TK B Cendikia, Bandung. Dia senang memainkan ponsel, terutama punya Ibuku. Sejak di playgroup, dia senang belajar. Aku ditantang Ayahku untuk membuat aplikasi di hape Ibuku, agar adikku bisa bermain sambil belajar. Akhirnya, dibuatlah aplikasi untuk ponsel Ibuku (Nokia E71, sama dengan ponsel Ayahku) “Belajar Huruf, Angka, dan Warna”, lalu “EnglishForKids”, dan “Doa Anak Muslim”. Jadi, aplikasi Flash Lite di ponsel ini adalah untuk anak-anak belajar huruf, angka, warna, bahasa Inggris, dan doa-doa di ponsel.

  2. MERIT : METAMORFOSIS
    Marsha Nadhira Pietersz
    SD Tarakanita 3

    Karyaku ini merupakan Film Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) kelas 4, tentang daur hidup hewan yang mengalami perubahan bentuk dari mulai telur menetas hingga menjadi hewan dewasa atau disebut juga dengan “Metamorfosis”. Metamorfosis tersebut dibagi menjadi 2, yaitu : Metamorfosis sempurna dan tidak sempurna dengan beberapa contoh dari daur hidup hewan-hewan tersebut. Melalui karya ini saya ingin menghasilkan materi pembelajaran yang dapat bermanfaat bagi siswa-siswi maupun guru-guru.

  3. SPECIAL MENTION : Pemulung Game
    M. Farchan Juliansyah
    SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

    Pemulung Game adalah game sederhana untuk belajar memisahkan sampah. Game ini ada tiga level. Tiap-tiap level mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dia akhir permainan muncul skor berdasarkan ketepatan menjawab dan kecepatan waktu. Bisa dimainkan untuk segala umur, mulai dari jenjang taman kanak-kanak hingga dewasa. Dan game ini dibuat untuk belajar sampah sambil bermain. Ada skor akhir di level game, yang menunjukkan tingkat kemampuan kita dalam ketepatan dan kecepatan menjawab.

  4. FINALIST : My Dream House
    Jonarduan Thirdta Almero
    SD Tarakanita 3

    Hasil karya yang saya buat ini merupakan gambar proyeksi suatu perumahan tempat tinggal. Karya ini menggambarkan tentang rumah idaman yang saya cita-citakan jika saya besar nanti. Karya ini juga menampilkan gambaran situasi perumahan tempat tinggal yang dilengkapi dengan pemandangan lingkungan sekitar perumahan, kendaraan yang lalu lalang, perkantoran, taman bermain serta tempat tinggal yang dilengkapi dengan kolam renang.

  5. FINALIST : My Own TV Channel
    Bernard Adhitya Kurniawan
    Sekolah Santa Lusia

    My Own TV Channel adalah sebuah program yang dibuat oleh Bernard Adhitya Kurniawan yang merupakan salah satu murid SD Santa Laurensia kelas 5. Program ini dibuat dengan menggunakan program Scratch yang dikembangkan oleh Lifelong Kindergarten Group di lan MIT Media Program. Program ini berisikan animasi beberapa cerita yang dikemas melalui gambar televisi sehingga terlihat seperti tayangan di televisi yang mempunyai banyak channel. Cerita yang ditampilkan dalam televisi tersebut merupakan cerita anak-anak dalam bahasa Inggris.


Kontes Robot

Kategori : Maze Solving Robot

 

  • Maze Solving Robot – SD

    WINNER: Sdamada M 2
    Aulia Zinedinita Rahmasari
    SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo

  • Maze Solving Robot – SMP

    WINNER: Musasi R Maze Solv 2
    Rizqi Cahyo Yuwono
    SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo

  • Maze Solving Robot SMA/SMK

    WINNER: Foxhound
    Rangga Nehemia Hoga, Billy Tanu
    SMAK Trimulia Bandung


Kategori : Obstacle Race Robot

 

  • Obstacle Race Robot – SD

    WINNER: Eagle One
    Reynaldi Sedjie, Mario Soriton, Gabriella Wirawan
    SD St. Joseph Rajawali Makassar

  • Obstacle Race Robot – SMP

    WINNER: Musasi R Obs 2
    Rizqi Cahyo Yuwono, Ahistya Purbalintang, Imron Adil L.
    SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo

  • Obstacle Race Robot – SMA/SMK

    WINNER: MRobot Obs 1
    Muhammad Arifin
    SMA Negeri 1 Sidoarjo


Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori “Entertainment Application”. Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

3 thoughts on “Pemenang & Finalis INAICTA 2010

  1. Good post. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon everyday.
    It’s always interesting to read content from other authors and use something from other web sites.

  2. Whilst each project should be customized to deliver against each SME’s specific criteria, there are crucial criteria that will operate all throughout each
    project. Typically the alliance would be between two different
    types of businesses that serve a similar customer.
    The ERP system is utilized to enhance the production, sales, schedule production, utilize full capacity and reduce inventory.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*