International Young Creative Entrepreneur Awards 2010

 

British Council, sebuah lembaga internasional yang didirikan oleh Kerajaan Inggris untuk meningkatkan kerjasama antara Inggris dengan negara-negara berkembang, khususnya dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, kembali menggelar International Young Creative Entrepreneur (IYCE) Awards 2010.

IYCE merupakan kompetisi internasional yang dilaksanakan secara berjenjang. Dimulai dari kompetisi IYCE nasional di masing-masing negara dengan pelaksana British Council lokal bekerjasama dengan berbagai lembaga /organisasi setempat. Selanjutnya seluruh pemenang IYCE nasional akan mewakili negara masing-masing ke ajang  kompetisi IYCE Internasional di Inggris. Puncak acara kompetisi ICYE adalah penganugerahan pemenang  IYCE pada Festival Kreatif Internasional di London, Inggris, yang dijadwalkan akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2010.

Penghargaan IYCE diberikan kepada wirausahawan muda kreatif dari negara-negara berkembang,  yang menjembatani bakat kreatif dengan konsumen, menghubungkan ide-ide kreatif untuk pasar, serta memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi melalui bisnis kreatif
(Situs Resmi IYCE – British Council)

Kompetisi IYCE dikelola sepenuhnya oleh British Council. Saat ini British Council sudah menjangkau lebih dari 100 negara berkembang termasuk Indonesia, dengan berbagai program kerjasama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.  Kompetisi IYCE sendiri merupakan salah satu wujud kerjasama global yang dipelopori British Council di sektor industri kreatif yang banyak mendapat respon positif dari masyarakat Internasional. Kompetisi IYCE yang diadakan sejak tahun 2005 ini telah mendapat posisi terhormat di kancah internasional, dan menjadi barometer serta inspirasi bagi wirausahawan muda kreatif  dunia.

Untuk IYCE tingkat nasional, pendaftaran secara online di situs resmi British Council Indonesia sudah berlangsung sejak tanggal 7 Juni dan akan berakhir pada tanggal 13 Agustus 2010. Jadi bagi Anda wirausahawan muda kreatif, bergegaslah untuk mendaftar secara online di situs resmi British Council Indonesia yang dapat diakses melalui http://www.britishcouncil.or.id 

Berikut ini siaran pers dari British Council Indonesia mengenai IYCE 2010 yang kami terima melalui Ibu Gusni Puspitasari selaku Media Relations British Council Indonesia.  


Siaran Pers British Council Indonesia mengenai IYCE:

Daftar Sekarang Juga!
International Young Creative Entrepreneur Award 2010

International Young Creative Entrepreneur Award (IYCE) 2010 kembali membuka peluang bagi wirausahawan muda kreatif menjadi Jawara mewakili Indonesia di kancah internasional.

Sejak diluncurkan 5 tahun yang lalu, 250 wirausahawan kreatif dari 52 negara pernah mengikuti kompetisi ini. Indonesia merupakan satu-satunya negara yang pernah memenangkannya 5 kali berturut-turut.

Dengan mengikuti kompetisi IYCE Awards, berkesempatan berkunjung ke Inggris selama 7 hari untuk berjejaring dengan nama-nama besar industri kreatif Inggris. Tidak hanya itu, pemenang dapat mengikuti masterclass mereka dan mempromosikan bisnis kreatif di ajang festival internasional di London.

IYCE 2010 terbuka untuk wirausahawan muda kreatif usia 25 – 35 tahun, bisa berbahasa Inggris dan telah memiliki pengalaman minimum 3 tahun dalam bidangnya.

IYCE 2010 terdiri dari 2 (dua) kategori yaitu:

Screen (Film), bagi mereka dalam bidang film, dokumenter, film pendek, animasi, dan produksi televisi seperti:

  • Pengembangan, produksi, dan pascaproduksi
  • Distribusi atau penjualan
  • Eksibisi film, manajemen dan program event/festival
  • Jurnalisme (cetak maupun penyiaran) dan penerbitan
  • Marketing, Internet dan jaringan website, kehumasan
  • Promosi, edukasi, dan retail
  • Manajemen artis
  • Konsultan spesialis untuk bidang tersebut di atas

Dan kategori Interactive, bagi mereka yang bergerak dalam sektor:

  • Penerbit, pengembang, dan marketing specialist software leisure interaktif
  • Pengembang hiburan interaktif untuk Internet, televisi digital, dan telepon bergerak
  • Multimedia digital dan interaktif
  • Internet multimedia dan desain web
  • Marketing interaktif
  • Produser event multimedia dan interaktif
  • Media eksperimental
  • Konsultan spesialis untuk bidang tersebut di atas

Pendaftaran dilakukan secara online sejak 7 Juni hingga 13 Agustus 2010, seluruh informasi mengenai kompetisi ini dapat dilihat di laman www.britishcouncil.or.id

Prestasi Jawara Indonesia
IYCE diadakan secara global sejak tahun 2005, tercatat 250 jawara nasional dari 52 negara telah mengikuti ajang final di Inggris.

Sejak Indonesia berpartisipasi dari tahun 2006, Indonesia adalah satu-satunya negara yang telah meraih 5 penghargaan tertinggi di London, UK! Mengungguli negara lain yang industri kreatifnya sering dianggap lebih maju seperti Taiwan, Cina, India, ataupun Thailand.

Lima penghargaan tersebut diraih oleh Yoris Sebastian (Musik, 2006), Wahyu Aditya (Screen, 2007), Sakti Parantean (Screen, 2008), Oscar Lawalata (Fashion, 2009) dan Johansen Samsudin (Design 2009).

IYCE 2010 didukung oleh Femina Group (Femina, Cleo, Reader Digest, Cita Cinta), Versus magazine, CHIP, TimeOut magazine dan Kaskus.

British Council
British Council adalah organisasi internasional Inggris untuk pendidikan dan kebudayaan yang menghubungkan masyarakat dunia dengan kesempatan belajar dan ide-ide kreatif Inggris dan membangun hubungan bilateral antara Inggris dan negara-negara di dunia. Kami beroperasi lebih dari 100 negara dan wilayah di dunia. Kami adalah organisasi non-politis yang beroperasi secara independen.

British Council telah aktif di Indonesia sejak tahun 1948. Kami bekerja dalam kemitraan untuk membangun dan menghantarkan program-program yang saling menguntungkan dalam bidang Pendidikan, Proyek Pengembangan Bahasa Inggris, Pemberdayaan Sosial dan Industri Kreatif yang menjangkau sebagian besar wilayah Indonesia.

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Winda Wastu Melati
IYCE Project Officer
British Council
E-mail: winda.wastu@britishcouncil.or.id

Gusni Puspitasari
Media Relations
British Council
E-mail: gusni.puspitasari@britishcouncil.or.id

http://www.britishcouncil.or.id
Creating Opportunity Worldwide 


IYCE Schedule:

  • 1 June – 13 August: Online registration
  • 13 – 18 August: Applicants who successfully passed the administrative prerequisites will be asked to download and complete the comprehensive application form
  • 20 August: Panel of jury announce finalists
  • 20 August -20 September: Finalists prepare presentation for final interview
  • 21-23 September: Panel of jury interview and select the winners
  • 24 September: Universitas Bina Nusantara and IYCE Awards alumni coach Indonesian winners
  • 17-27 October: Indonesian winners goes to UK

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*