Indonesia Raih Penghargaan di Shell ECO Marathon ASIA 2010

 

Tim dari ITS dan UI berhasil meraih penghargaan bergengsi di Shell ECO Marathon ASIA (SEM) 2010 yang berlangsung di sirkuit internasional F1 Sepang Malaysia dari tanggal 8 s/d 10 Juli 2010.

Pada kategori Urban Concept, Tim ITS dengan karya “SAPU ANGIN 2” berhasil meraih dua penghargaan sekaligus yaitu Combustion Grand Prize dan Gasoline Fuel Award dengan rekor 237.6 km/liter. Sedangan dua Tim dari UI (“EQUATOR” dan “PASOEPATI”) meraih posisi runner-up 1 dan runner-up 2 pada Combustion Grand Prize dengan rekor 61.8 km/liter dan 54.5 km/liter.

Sungguh prestasi yang membanggakan bahwa pada kategori Urban Concept untuk rancangan mobil kecil hemat energi (berukuran lebih kecil dari mobil biasa, beroda empat), Tim Indonesia berhasil menyapu bersih penghargaan pada Combustion Grand Prize Award.

Sayang pada kategori futuristik untuk rancangan prototipe mobil hemat energi (beroda tiga, berukuran ramping dan aerodinamis), Tim Indonesia hanya masuk sebagai finalist (lima besar). Pada kategori futuristik prototipe ini, Tim dari Thailand Kong Thabbok Upatham Changkol Kho So Tho Bo School berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus yaitu Combustion Grand Prize dan Gasoline Fuel Award dengan rekor 1521.9 km/liter. Disusul posisi ke-2 Tim dari Jepang Hyogo Prefectural Tajima Technical Institute dengan rekor 1235.1 km/liter, dan posisi ke-3 Tim dari China Tongji University dengan rekor 940.4 km/liter.

Pada kompetisi SEM 2010 ini, Indonesia diwakili oleh sembilan tim mobil hemat energi hasil karya dari empat universitas terkemuka di Indonesia yaitu : UI, ITB, ITS dan UGM. Secara keseluruhan SEM ASIA 2010 diikuti oleh 81 tim yang mewakili berbagai perguruan tinggi dari 10 negara di Asia.

Shell ECO-Marathon merupakan ajang kompetisi tahunan bagi mahasiswa / perguruan tinggi di tingkat regional dalam merancang, membangun dan menguji prototipe kendaraan hemat energi. Penyelenggaraan SEM ASIA pada tahun 2010 ini merupakan yang pertama kali. SEM EROPA telah rutin dilaksanakan sejak tahun 1985, dan SEM AMERIKA sejak tahun 2007.

SEM ASIA 2010 mempunyai dua kategori kompetisi yaitu kategori futuristik prototipe (jenis kendaraan pada kategori ini mempunyai bentuk yang ramping, aerodinamis, beroda tiga dan memuat satu orang pengemudi dalam posisi berbaring), dan kategori urban concept untuk mobil kecil (jenis kendaraan pada kategori ini harus beroda empat namun dengan ukuran lebih kecil dari mobil biasa).

Shell ECO-Marathon sendiri diawali pada tahun 1936 oleh sekelompok peneliti di laboratorium Shell dalam rangka mengembangkan teknologi kendaraan yang lebih ramah lingkungan khususnya dalam penghematan energi dan pengurangan polusi. Selanjutnya kegiatan SEM disebarluaskan secara global dan mendapat sambutan dari kalangan mahasiswa / peneliti / perguruan tinggi, dunia usaha dan pemerintah di berbagai negara.

Adapun hasil akhir kompetisi Shell ECO Marathon ASIA 2010 dapat dilihat pada link ini Shell ECO Marathon ASIA 2010 Final Result (PDF,35KB)

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori “Entertainment Application”. Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*