SEMAR, Prototipe Kendaraan Hemat Energi karya UGM

SEMAR, prototipe kendaraan hemat energi serta ramah lingkungan karya Tim SEMART Universitas Gadjah Mada (UGM), akan berlomba di ajang Shell ECO-Marathon (SEM) ASIA yang berlangsung mulai Kamis (8/7/2010) hingga 10 Juli 2010 di Sirkuit Internasional F-1 Sepang Kuala Lumpur Malaysia.

SEMAR bersama delapan prototipe kendaraan hemat energi dari empat universitas terkemuka di Indonesia UI, ITB, ITS dan UGM, akan membawa nama Indonesia di ajang SEM ASIA 2010 yang diikuti oleh 112 peserta yang mewakili berbagai perguruan tinggi dari 12 negara di Asia.

Shell ECO-Marathon merupakan ajang kompetisi tahunan bagi mahasiswa / perguruan tinggi di tingkat regional dalam merancang, membangun dan menguji prototipe kendaraan hemat energi. Penyelenggaraan SEM ASIA pada tahun 2010 ini merupakan yang pertama kali. SEM EROPA telah rutin dilaksanakan sejak tahun 1985, dan SEM AMERIKA sejak tahun 2007.

SEM ASIA 2010 mempunyai dua kategori kompetisi yaitu kategori futuristik prototipe (jenis kendaraan pada kategori ini mempunyai bentuk yang ramping, aerodinamis, beroda tiga dan memuat satu orang pengemudi dalam posisi berbaring) dan kategori urban concept untuk mobil kecil (jenis kendaraan pada kategori ini harus beroda empat namun dengan ukuran lebih kecil dari mobil biasa).

Shell ECO-Marathon sendiri diawali pada tahun 1936 oleh sekelompok peneliti di laboratorium Shell dalam rangka mengembangkan teknologi kendaraan yang lebih ramah lingkungan khususnya dalam penghematan energi dan pengurangan polusi. Selanjutnya kegiatan SEM disebarluaskan secara global dan mendapat sambutan dari kalangan mahasiswa / peneliti / perguruan tinggi, dunia usaha dan pemerintah di berbagai negara. Pada perkembangan selanjutnya, Shell produsen pelumas terkemuka asal negara Belanda ini, memasukkan SEM menjadi bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka.

SEM ASIA 2010 adalah sebuah ajang pendidikan yang bertujuan memotivasi kreatifitas dan inovasi mahasiswa dalam menjawab tantangan di bidang kelangkaan energi di masa depan dengan menciptakan kendaraan yang dapat menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar seminimal mungkin.
(Media Rilis – PT Shell Indonesia)

Kompetisi Shell ECO-Marathon yang diikuti oleh berbagai negara di tingkat regional Asia ini diharapkan dapat memotivasi dan memacu mahasiswa di berbagai perguruan tinggi untuk menimba dan mempelajari teknologi terbaru, melakukan penelitian dan memanfaatkan riset & pengembangan, serta secara kreatif mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat.

SEMAR, prototipe mobil hemat energi yang mengambil nama dari tokoh pewayangan Semar yang arif dan bijaksana ini, dikembangkan oleh Tim SEMART UGM yang diketuai oleh Teofilus Hartono. Untuk mesin, SEMAR menggunakan mesin pemotong rumput yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mencapai jarak tempuh terjauh, dengan tingkat penggunaan bahan bakar serendah mungkin.

Rangka & bodi SEMAR pun didisain memiliki tingkat aerodinamis yang tinggi, dengan menggunakan bahan fiber komposite yang cukup kuat dan ringan dengan disain airfoil. Prototipe kendaraan hemat energi ini sangat ramping, beroda tiga dengan dua roda depan dan satu roda belakang. Pada kabinnya dapat memuat satu orang untuk mengemudi dengan posisi berbaring telungkup menghadap sisi depan SEMAR. Target SEMAR adalah dapat menempuh jarak lebih dari 1.000 Km / Liter, dengan bahan bakar Shell Unleaded Gasoline.

Tantangan untuk dapat merancang, membangun dan menguji prototipe mobil hemat energi ini tentu saja melibatkan berbagai keahlian dan disiplin ilmu serta penguasaan teknologi seperti teknik mesin, aerodinamika, sistem piranti lunak dan komputer untuk simulasi dan rancang bangun prototipe, riset dan pengembangan, dan lain-lain.

Selain itu keikutsertaan seluruh Tim pada ajang SEM 2010 tentu memerlukan dana yang sangat besar mulai dari proses penelitian, perancangan, pemilihan teknologi dan material, uji coba, transportasi, dan lain-lain. Semua itu dapat terlaksana berkat dukungan penuh Shell Indonesia sebagai sponsor utama, dan juga partisipasi dari pemerintah pusat maupun daerah serta berbagai lembaga / instansi / perusahaan / individu yang turut membantu keikutsertaan Tim Indonesia di ajang SEM 2010.

Keikutsertaan SEMAR dan prototipe mobil hemat energi lainnya karya anak bangsa di ajang SEM ASIA 2010, merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa dan perguruan tinggi di Indonesia, untuk sarana pembelajaran dan praktek secara langsung dalam pemanfaatan riset dan pengembangan serta penguasaan teknologi, sehingga diharapkan dapat terus melakukan penelitian kelas dunia dan berinovasi untuk negeri ini.

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*