Sekilas Pekan Produk Kreatif Indonesia 2010

Zona Keramik & Gerabah Pekan Produk Kreatif Indonesia 2010

Pameran Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) telah digelar di Jakarta Convention Center 23-27 Juni 2010 lalu. Penyelenggaraan PPKI tahun ini merupakan yang ke-4.  Diawali pada tahun 2007 dengan nama Pekan Produk Budaya Indonesia, kemudian pada tahun 2009 diubah menjadi Pekan Produk Kreatif Indonesia sejalan dengan pencanangan tahun 2009 sebagai Tahun Indonesia Kreatif oleh Bapak Presiden.

PPKI juga diselenggarakan dalam rangka tindak lanjut INPRES Nomor 6 Tahun 2009, tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif. Pemerintah memiliki sebuah model pengembangan Ekonomi Kreatif yang dinamakan The Tripple Helix ( intelektual / akademisi, dunia usaha, pemerintah) dengan landasan utama  adalah sumber daya manusia yang kreatif dan ditopang oleh lima pilar ekonomi kreatif yaitu :

  1. Industri yang terlibat dalam produksi kreatif
  2. Teknologi sebagai pendukung mewujudkan kreatifitas individu
  3. Sumber daya alam dan lahan
  4. Institusi / Kelembagaan mulai dari masyarakat, asosiasi industri, komunitas pendukung hingga perlindungan terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
  5. Lembaga intermediasi keuangan

Salah satu komunitas industri kreatif yang turut berpartisipasi di PPKI 2010

Tema PPKI 2010 adalah “Eksplorasi Budaya Nusantara Melalui Keanekaragaman Kreativitas Pemuda Untuk Mendukung Kebangkitan Ekonomi Kreatif”, dengan tiga agenda utama yaitu pameran produk kreatif Indonesia, konvensi/lokakarya, dan gelar seni budaya.

PPKI 2010 menghadirkan seluruh 14 sub-sektor Ekonomi Kreatif. Selain itu menampilkan juga berbagai produk kreatif ramah lingkungan, disamping produk kreatif berbasis warisan budaya, teknologi dan komunikasi. Penyelenggaraan PPKI 2010 didukung oleh 14 Kementerian / Lembaga, Dunia Usaha, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat pada umumnya.

Ekonomi kreatif adalah kumpulan aktivitas ekonomi berbasis pengetahuan yang secara intensif menggunakan kreatifitas dan inovasi untuk menghasilkan berbagai produk dan jasa yang bernilai tambah. Ekonomi kreatif memiliki berbagai sektor yang disebut dengan industri kreatif. Industri kreatif adalah industri yang berbasis kreativitas, keterampilan dan talenta yang memiliki potensi peningkatan kesejahteraan serta penciptaan tenaga kerja dengan cara menciptakan dan mengeksploitasi HKI
(Fauzi Aziz – Ketua Panitia Penyelenggara PPKI 2010)

"Semar" prototipe mobil hemat energi & ramah lingkungan karya Mahasiswa UGM

Didi Sutadi

Founder NihDia.com. Karir di bidang IT diawali sebagai programmer di sebuah perusahaan konsultan IT yang menggarap beberapa proyek bank pemerintah. Kemudian berlanjut sebagai senior IT di beberapa perusahaan manufacturing di Jakarta. Hobi dan ketertarikannya di bidang komputer dan programming, membuatnya tetap berkarya dengan mengembangkan beberapa permainan game komputer. Pada tahun 2002 & 2003 terpilih mewakili Indonesia pada ajang Asia Pacific ICT Awards untuk kategori "Entertainment Application". Sejak tahun 2007 merintis usaha di bidang IT & Multimedia, Web Development dan Graphic Communication.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*